#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Blogger sebaiknya bukan sprinter atau seperti atlit yang ikut dalam lari sprint jarak pendek 100m, 200m, 300m atau 400m. Blogger yang berlaku seperti sprinter biasanya tak bisa bertahan lama, maksimal dua tahun mereka akan berguguran, blognya tak terurus, tak ter-update dan akhirnya ditinggalkan.

Beberapa saat setelah membangun blog, seorang blogger biasanya rajin menulis, gemar  menghias blognya dengan aneka pernak-pernik dan juga rajin blogwalking. Sehari bahkan bisa menulis 2-3 artikel ketika sedang senang-senangnya ngeblog.Sayapun mengalami hal yang sama, gairah ngeblog begitu tinggi,sehingga sayapun membangun blog lagi, lagi dan lagi.

Setelah berjalan sekian lama, akan mulai tampak mana blogger yang daya tahannya lebih bagus.Blogger yang seperti sprinter akan cepat usai dan istirahat sedangkan blogger yang seperti pelari jarak jauh atau pelari marathon masih bertahan karena mampu memelihara ritme ngeblognya.


.

Memang harus diakui bahwa banyak faktor yang mempengaruhi mengapa seseorang berhenti ngeblog

  1. Kesehatannya tak memungkinkan lagi untuk ngeblog.
  2. Kesibukan di luar ngeblog cukup menyita waktunya, misalnya harus mengurus pekerjaan atau tugasnya sebagai karyawan, bisnis, mengurus rumah tangga dan lain sebagainya.
  3. Merasa bahwa ngeblog adalah suatu kegiatan yang tak ada manfaatnya, buang-buang waktu dan alasan pembenaran yang dicari-cari lainnya.
  4. Merasa putus asa, mendongkol karena blog yang dibangun tak kunjung meningkat trafiknya, pengunjungnya sepi-sepi saja , Pagerank dan Alexa traffic rank tak pernah naik dan atau hasil yang diperoleh dari blognya tak memadai dengan pengorbanan waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkannya.
  5. Blognya di banned.

Bagaimana sebaiknya jika kita masih ingin terus ngeblog ? Beberapa hal dibawah ini yang saya lakukan sehingga saya mampu bertahan hingga sekarang.

  1. Meluruskan niat " Ngeblog Untuk Ibadah". Ini sudah sering saya ungkapkan berkali-kali.
  2. Ngeblog yang enak tetapi tidak seenaknya. Kalimat ini saya jadikan tagline di BlogCamp agar saya selalu ingat bahwa kita ngeblog jangan dengan rasa terpaksa, kemrungsung, tetapi juga jangan juga seenak kita sendiri. Walaupun blog itu milik kita namun artikel yang kita terbitkan akan dibaca orang banyak.
  3. Berlaku seperti pelari marathon yang mampu memelihara kecepatan sesuai keadaan dan kemampuan kita.
  4. Membuat prosentase yang masuk akal antara ngeblog "just for fun" dengan ngeblog " for fun and profit"
  5. Menghindari prinsip " Ngeblog adalah diatas segala-galanya". Ingat kita adalah manusia yang juga perlu menyelaraskan hubungan antara kita dengan Sang Pencipta dan dengan makhluk ciptaan-NYA.
  6. Mencari variasi baru agar ngeblog tak monoton.Saya sering ikut kontes, kuis, menulis di kompasiana.com, ikut program afilasi, menulis review berbayar atau tak berbayar dan kegiatan lain yang memberi warna pada kegiatan ngeblog saya.
.
Mari kita ngeblog seperti layaknya seorang pelari marathon dan jangan menjadi blogger yang berlabel sprinter.

Salam

Abdul Cholik

Post a Comment

  1. Pakde kan banyak waktu karena sudah pensiun, jadi bisa ngeblog kapan saja, di mana saja.

    ReplyDelete
  2. Wahahaha iki ngeriplai dewe po pakde? :P

    ReplyDelete
  3. Makasih Pakde postingannya.
    Semoga aku ga mud-mudan ngeblognyaaa...

    ReplyDelete
  4. Mudah2an saya termasuk blogger yang panjang umur.
    Sukses buat blog ini ya pakdhe ... ^__^

    ReplyDelete
  5. artinya harus bisa menyeimbangkan dunia maya dan dunia nyata kan pakdhe....

    ReplyDelete
  6. Wah pakdhe emang keren.... ngasih sesuatu yang bikin Cemuungguutt kerja :D

    ReplyDelete
  7. sambil promosi cerpen biar banyak yang urunan

    ReplyDelete
  8. Iya deh, kalau gak semangat lebih baik tak ngeblog, tak iye

    ReplyDelete
  9. kalau dikampung saya permen disebut mut-mutan
    (gak nyambung kan ya..)

    ReplyDelete
  10. makasiih pakdhe buat tipsnya :)
    berarti buangeett buat pemula kayak nay ^_^

    ReplyDelete
  11. Ngasih duit belum bisa nduk, apalagi menjelang tanggal tua

    ReplyDelete
  12. sama2.
    saya dulu juga blogger pemula, terus blogger muda dan sekarang blogger tua (cucu sudah 4)

    ReplyDelete
  13. weh.. iya pakdhe.. saya juga sering naik turun gunung pakdhe.. namun kadang banyak turunannya.. he.he.he. matur nuwun.. tips..nya pakdhe..

    ReplyDelete
  14. blogger bercucu... mbah buyut.. :D

    ReplyDelete
  15. yang penting panjang ya dhe jadi bukan semangat diawal tapi tidak kontinyu ngeblognya

    ReplyDelete
  16. pembukaannya mimi bgd tuh heheheh (ngaku)
    sempat hiatus bbrp tahun...ini dpt sentilan dr pakdhe jgn jd sprinter, nggih pakdhe mimi akan nurut koq. wlw sementara ini crita blog hanya crita seputaran keluarga dan curhatan bersama :D

    ReplyDelete
  17. hahaha.....tanggal muda wes bagi duit nya dhe :D
    wahahaha...*ngelamak*

    ReplyDelete
  18. paling susah pas menghadapi faktor kesehatan dan kesibukan pakdhe, pengennya sih terus berkesinambungan postingnya, walo isinya cuma curhatan :p

    ReplyDelete
  19. seminggu sekali oke , kalau memang sibuk, syokur jika bisa seminggu 2x

    ReplyDelete
  20. Iya, semakin banyak postingan akan semakin baik posisi kita di Google, tentu saja postingan yang sip

    ReplyDelete
  21. Artikel seputaran keluarga kan bermanfaat karena bisa dijadikan pembelajaran bagi yang lain, sisipkan tips ringan dan terapan jeng.

    ReplyDelete
  22. Oh iya, time management penting.Tatkala sedang longgar mungkin bisa membuat 2-3 artikel lalu di jadwalkan terbitnya.Ini sering saya lakukan manakala saya akan bepergian.

    ReplyDelete
  23. aku mau urunan,dhe... nunggu pangsit dulu. boleh kan? :D

    ReplyDelete
  24. lho, kan gajian dari mbah gugel, dhe.. :D

    ReplyDelete
  25. Kalau pakai permen karet mungkin bisa disambung Dhe. he....x9 !

    ReplyDelete
  26. Kalau dunia maya sama dengan dunia gaib ga Dhe ?

    ReplyDelete
  27. Aku punya usul Dhe, kalau Pak Dhe buat lagi blog yang dapat diberi nama BlogMbah ! Ini hanya usul Dhe, barang kali ide ini jitu. He...x9

    ReplyDelete
  28. Memang kalau membaca artikel hasil karya pak Dhe, selalu saja mengena dalam relung hati setiap jiwa yang terlibat didalamnya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  29. Solusinya like this Dhe !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  30. betul itu ,
    kadang waktu untuk bekerja di dunia nyata yang membuat kita melupakan blog yang ada di dunia maya,,
    kalau ada waktu luang baru bisa nulis dan ngurus blog lagi

    ReplyDelete
  31. nah, yg susah itu memang mempertahankan, betul ga ???

    ReplyDelete
  32. Kalau untuk fun oke mas, tapi kalau blog itu mau diajak cari dolar judul sebaiknya sudah mengandung keyword misalnya" caramenggaliidediblogmbah.com"
    (kok duiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit aja sih si mbah ini..ha ha ha ha ha)

    ReplyDelete
  33. ceileeeeeeeeee...pemilihan kata panjenengan kok nyus gitu sih mas. Matur nuwun

    ReplyDelete
  34. Betul mas, dunia nyata kan menentukan masa depan kita.
    Tapi kalau blog bisa menyumbang dana sebaiknya dijalankan secara selaras, serasi dan seimbang diantara dunia nyata dan dunia maya.

    ReplyDelete
  35. Betul sekali monkey.
    Banyak dibangun fasilitas umum tetapi tak lama kemudian rusak karena tak dipelihara, bukan.

    ReplyDelete
  36. wahhh bener ya pakde, kadang malah panas-panas di awal tapi akhirnya mandeg :(

    ReplyDelete
  37. saya termasuk blogger pendatang baru, baca artikel ini jadi bikin nyadar diri :)
    setujuuu.. meluruskan niat, ngeblog untuk ibadah :)

    ReplyDelete
  38. Bahasa asingnya Warm Warm TA-1 ya nduk

    ReplyDelete
  39. Agar hasilnya barokah dan artikelnya tetap berada pada koridor yang benar, pengunjungnya betah, tak terengah-engah apalagi sampai menjadi bringas dan mendesah-desah.

    ReplyDelete
  40. Semoga saya termasuk blogger yang memiliki nafas panjang dhe seperti pelari maraton dan tetap bertahan dengan stamina yang standar

    ReplyDelete
  41. You should, otherwise you will collapse honey.

    ReplyDelete
  42. Setelah mengenal para blogger lebih banyak, kayaknya saya semakin betah nge-blog Pakde. Walau punya blog yg membahas bisnis gula aren, blog tersebut, sejujurnyanya belum mendatangkan keuntungan signifikan pada bisnis. Mungkin perlu belajar lebih banyak lagi, selain for fun, agar napas tetap panjang, kayaknya perlu ada profit juga dari kegiatan ngeblog. Insya Allah. Tks sdh membuka cakrawala Pakde :)

    ReplyDelete
  43. Matur nuwon sanget Dhe atas motivasinya..sebuah perumpamaan yang luar bisa Dhe...

    ReplyDelete
  44. Saleum,
    Siap laksanakan Pakde.... :)
    Insya Allah akan terus menjadi blogger hingga tua

    ReplyDelete
  45. Bagi saya ngeblog itu menyenangkan, karenanya saya tidak akan pura-pura senang ataupun menjadikannya beban manakala telah berhari-hari belum ada tulisan baru yang dipublikasikan, setidaknya saya akan berusaha untuk tetap mengisinya.

    Dan saya merasakan banyak manfaat positif dari kegiatan di dunia maya ini yang manfaatnya terasa sekali di kehidupan nyata, karenanya saya akan terus melakukannya selama manfaat positifnya masih bisa dirasakan di dunia nyata dan seperti yang Pak Dhe pesankan, ngeblog bukanlah segala-galanya, ada tugas dan kewajiban lain yang tak boleh dikalahkan apalagi ditinggalkan.

    ReplyDelete
  46. Eyang, sebentar lagi Dija 2 tahun lhooo
    blognya juga sebentar lagi 2 tahun

    ReplyDelete
  47. weee...sudah gede si cantik
    sip, semoga semakin tambah cantik dan pintar yo nduk

    ReplyDelete
  48. Tulisan jeng Evi itu kan apik2 tur mentes. Kalau upodatenya bisa mulus kan bisa jadi fulus, apalagi Google sudah meng acc blog bahasa Indonesia untuk ikut ngincipi dolarnya.

    Tapi di kaleng Khong Guan jeng Evi sudah banyak berlian, jadi ya gak usah ikut2an cari koin dolar ach.
    Biar kami2 saja yang berburu ya.
    Salam

    ReplyDelete
  49. sama2 mas-

    "Umpama sliramu sekar melati
    aku kumbang nyidam sariiiiiiiiiiiii....."
    Gandrunge ketoprak jaman dulu ha ha ha ha

    ReplyDelete
  50. Betul sekali mas.
    Kalau membawa manfaat maju terus, kalau nambah mudharat ya stop.

    ReplyDelete
  51. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lainnya.
    Melalui blog mari kita menjadi manusia yang kaya arti.
    Salam

    ReplyDelete
  52. saya juga pernah tuh ngalamin setiap hari posting.. rajin BW juga tapi setelah kerjaan makin gak bisa ditinggal jadi jarang hehe..
    sekarang kayaknya seminggu sekali atau dua kali aja..
    jadi sempet bw juga..

    makasih tipsnya pakdhe..

    ReplyDelete
  53. Terimakasih atas saran-sarannya. Pank rank bukan lah dewa, yang peting kita bisa enjoy ngeblok aja deh !

    ReplyDelete
  54. Setuju pakde... kunjung balik ya....

    ReplyDelete
  55. sepertinya saya harus belajar menulis artikel yang lebih berbobot di blog.

    ReplyDelete
  56. SIip. Ngeblog untuk ibadah :)

    ReplyDelete
  57. setuju banget sama kata pakde. kalao seandainya saya sprinter mungkin tidak bertahan selama 7 tahun ngeblog hehehe

    ReplyDelete
  58. Alhamdulillah setelah 3 tahun blog saya masih terjaga dengan baik, meski sesekali merasa bosan menulis di blog bukanlah menjadi sebuah masalah bagi saya. Rasa bosan adalah satu hal yang lumrah dibidang apa aja, jadi pandai-pandailah mencari solusi untuk itu. Tetap semangat Friends... :-)

    ReplyDelete
  59. wah siap deh pak dhe..
    Maklum masih newbie jadi semangatnya naik turun

    ReplyDelete
  60. setuju dengan apa dikatakan pak de, nuhun...

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.