#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Jika sahabat melihat gambar dibawah ini tentu akan bertanya : " Kok bisa ya mereka membawa beberapa piring sekaligus di tangannya?". Sayapun pernah heran dan ada tanya dalam hati : " Mas yang tuna netra itu kok bisa main organ dan mengiringi kami yang melek ini menyanyi ". Pertanyaan itu saya kembangkan dan kemudian saya mengambil kesimpulan :" Kopral itu pinter banget main organ tunggal, jika Kopral saja bisa tentunya saya yang Jenderal ini lebih bisa ". Saya mencoba belajar main organ, beli buku lagu-lagu, saya tempeli tuts organ itu dengan adhesive paper lalu saya tulisi not do, re, mi, dan seterusnya. Memang masih tergagap-gagap tetapi saya yakin jika saya terus berlatih kelak akan bisa bermain organ. 

Jangan Berhenti Belajar

Jawaban dari semua pertanyaan tadi adalah : Bisa !!

Mengapa? Karena membawa beberapa piring sekaligus dan atau main organ adalah " ilmu katon " artinya ilmu yang bisa dipelajari atau suatu ketrampilan yang bisa dilatihkan. Jika kita mau belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh, sabar dan tekun tentu akan bisa.Sama halnya orang-orang di kampung saya yang pandai memainkan gamelan atau alat musik Jawa itu. Mereka tentu tak punya buku panduan atau mempelajarin not balok. Pada saat latihan awalnya pasti mereka juga mengalami kesulitan untuk menghafalkan bunyi nada ro, lu, mo, nem ( 2, 3,5, 6). Tapi berkat latihan yang sungguh-sungguh akhirnya mereka dengan entengnya memainkan gending-gending Jula-Juli, Perkutut Manggung sampai gending-gending dolanan Turi-Turi Putih, Ilir-Ilir, bahkan sampai lagu-lagu dangdhutpun bisa mereka iringi dengan gamelan.

Mari kita bawa keadaan itu ke dunia blog

Jika saya bisa mempunyai puluhan blog itu adalah hasil dari belajar dan berlatih. Ketika membangun blog pertama kali dengan menggunakan platform wordpress.com sayapun tertatih-tatih untuk memasang widget di sidebar.Sayapun membeli buku blog, masuk ke blog sahabat untuk membaca tips dan kemudian mencobanya. Ketika kini saya sudah 2 tahun ngeblog sayapun tak berhenti untuk belajar, mencoba hal-hal baru dan melatihnya.Dalam postingan saya di BlogCamp saya katakan bahwa seorang blogger seyogyanya menyisihkan waktu ngeblognya sekian % untuk belajar agar kemampuan ngeblognya semakin hari semakin bertambah.Jika kita melihat seorang blogger bisa menampilan gambar di kolom komentar mari kita tanyakan bagaimana caranya, lalu kita latihan sendiri. Sayapun sering bertanya kepada Pak Mars bagaimana cara membuat widget ini itu.

So, mari kita terus belajar.

Kalimat : "Saya gak bisa, masih gaptek nich", jangan terlalu sering dan terlalu lama diucapkan pada bidang yang sama. Jika hari ini kita gaptek di bidang mengupload gambar di postingan, dua minggu lagi jangan katakan : "Saya belum bisa upload gambar di artikel".

Artikel ini juga sebagai peringatan bagi saya agar terus memiliki kemampuan dan kemauan untuk belajar dan berlatih. 

Penulis: Abdul Cholik
Blog    : abdulcholik.com
Label:

Post a Comment

  1. terima kasih sudah diingatkan dhe. jangan malu2 untuk berbagi ya supaya saya bisa pintar :)

    ReplyDelete
  2. pelajaran berharga lagi, jangan ucapkan saya gaptek nih, mari kita belajar dari sekarang... biar bisa membawa piring sebanyak itu #eh
    intinya, kemauan. :D

    ReplyDelete
  3. mari kita rajin belajar... ilmu katon bisa dipelajari :D

    ReplyDelete
  4. kadang ada perasaan nggak enak.. kalau tanya terus..

    ReplyDelete
  5. Lha itu dia, hilangkan rasa itu mas.
    Dalam hal mencari ilmu dan memberikan ilmu yang bermanfaat maka kedua belah pihak akan mendapat pahala, termasuk mereka yang mendengarkannya (Hadits)

    ReplyDelete
  6. Insya Allah.
    Terus terang bermain di Blogspot ini saya agak kagok lho, soalnya terbiasa di wordpress, makanya saya juga membua blog berbasis Blogspot agar bisa saya jadikan medan latihan.

    ReplyDelete
  7. Sepakat dan sependapat, Pak Dhe. Jangan pernah merasa bahwa kita sudah pintar, tak perlu lagi belajar, karena justru mereka yang beranggapan seperti inilah yang masih harus belajar banyak hal.

    Matur nuwun untuk nasihat yang berharga ini, Pak Dhe. Insya Allah, saya akan lebih banyak membaca ( belajar ) agar tulisan yang saya buat bisa memberikan manfaat.

    ReplyDelete
  8. Ucapkan sekali saja, lalu cari ilmunya he he he he

    ReplyDelete
  9. Jangan kalah sama Empu Sedah dan Empu Panuluh. Tanpa komputer, hanya dengan daun lontar mereka bisa membuat karya besar.

    ReplyDelete
  10. jangan malu mas fajar, pakdhe baik kok :D

    ReplyDelete
  11. kang abi masih belajar saja sudah bagus tulisannya, :D

    ReplyDelete
  12. Baru selesai baca Biografinya Ranggawarsita Kaping Tiga, beliau tanpa kenal lelah terus menerus pindah kesana kemari demi memperbaiki diri dan menuntut ilmu.Dari empu ke empu, kyai ke kyai, dan seterusnya. Tanpa fasilitas apa-apa, beliau menghasilkan Serat Kalatidha yang sangat luar biasa beserta karya lainnya sehingga beliau menjadi sastrawan besar Kraton Surakarta...
    Kalau nggak tahu, bahkan hal remehpun, beliau bertanya2 terus lho... ^^
    BISA!!!

    ReplyDelete
  13. belajar memang gak kenal kata berhenti ya pak Dhe :)

    ReplyDelete
  14. sebenarnya saya masih penasaran ketika seringkali PakDhe masang gambar di komentar. rasa sungkan untuk bertanya kadang bercampur malu, brarti saya harus merubah pola pikir seperti itu. Malu bertanya, jangan bertanya. adalah salah

    ReplyDelete
  15. Ssetuju dhe, mari kita terus belajar agar sambil ngeblog juga ada nilai ibadah
    belajar hal positif

    ReplyDelete
  16. Biar katut awet muda gitu lho nduk

    ReplyDelete
  17. Saya belum tahu caranya masang gambar di komentar jika di blogspot mas.
    Kalau di wordpress.org itu menggunakan kode html.
    Kita upload foto dulu, lalu klik html maka foto kita akan berubah menjadi kode html. Kode itu yang kita pasang di komentar pada mode editing.

    Salamn

    ReplyDelete
  18. Iya mas, kalau ada yang nggak tahu saya langsung ketik aja di Google dengan cara ndeso saja. Misalnya pengin membuat kalimat berlari-lari ( running text) saya ketik " Cara membuat kalimat berjalan-jalan. Begitu di klik langsung Google ngasih tahu dimana..dimana.;.dimana.

    ReplyDelete
  19. saya mau belajar SEO kayak cak Citro :D

    ReplyDelete
  20. tapi prosesnya gak seperti bikin tempe lho bang :D

    ReplyDelete
  21. Follow sukses, ditunggu followbacknya

    ReplyDelete
  22. Saleum,
    Saya sekalian belajar html juga sambil ngeposting. Sering salah tapi yang namanya belajar memang harus salah duluan untuk bisa benar. dengan kesalahan itu akan membuat kita semakin terobsesi untuk terus belajar.
    example: bagaimana sih cara pakde melahirkan tulisan2 yang enak dimata pembacanya sehingga blognya selalu ramai...?? nah pertanyaan itu harus bisa mendapat jawaban segera. disamping nanya langsung ke pakde kita juga bisa share dgn kwn2 narablog lain tentang teknik dan triknya. itu lah proses utk mendapatkan jawabannya. **maaf terlalu panjang, soalnya seCangkir Kupi ini belum habis... hehehe..**

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah kemaren dapet ilmu tentang blog :) ternyata Nay juga bisa kalo mau belajar..^_^

    ReplyDelete
  24. aku nge blog dulu pertama kali malah cuma posting aja, itu pun g jelas... sekarang makin lama makin lumayan lah kalau cuma buat postingan

    ReplyDelete
  25. Bertanya adalah proses belajar, jadi kita memang tak boleh malu2 bertanya jika memang ada hal-hal yang tak dimengerti.
    Jika kita tak tahu perbedaan antara kondom dan kondonimum juga jangan sungkan untuk bertanya agar tak salah menempatkan dua kata itu dalam pembicaraan kita sehari-hari.
    salam

    ReplyDelete
  26. Sayapun berlaku demikian. Saya juga mengira begitu artikel saya terbitkan terus pengunjungnya berbondong-bondong membaca dan berkomentar. Berbondong-bondong dari Hongkong ? He he he he.

    Ternyata perlu ada kegiatan promosi blog secara online dan offline agar log kita banyak pengunjung.

    Salam

    ReplyDelete
  27. Nah, makanya jangan heran jika bapak/ibu guru selalu berkata : ": Nggak apa-apa, kalau malam ini belum bisa besok dicoba lagiiiiiiii"

    Salam

    ReplyDelete
  28. Benar, jatuh bangun dalam ngeblog itu biasa. Yang tak biasa adalah : jatuh lalu tak bangun-bangun.
    Salam

    ReplyDelete
  29. Admin yang akan melakukan follow back mas, saya kan penulis terbang ( halah..halah..)

    ReplyDelete
  30. belajar itu memang tak boleh berhenti. tak kenal usia pula. walau kadang saya suka malas sih, apalagi kalo kerjaan lagi numpuk. Ngeblognya terpaksa dikurangi dan gak sempet belajar yang lain lagi. hehehe

    ReplyDelete
  31. Yup, pekerjaan utama harus didahulukan nduk, istilahnya " Ambeg Parama Arta", artinya kemampuan untuk memilih mana yang harus dikerjakan terlebih dulu.

    ReplyDelete
  32. wah pertama ngeblog aku buang rasa maluku tanya kesana-kesini, meskipun terkadang disepelein lah, dicuekin lah, tapi ada yang baik juga kok. .. . aku aja maasih newbe. . .

    ReplyDelete
  33. Bagus mas, dengan banyak bertanya ilmu kita akan nambah.
    Salam

    ReplyDelete
  34. pertama ngeblog belajar dari buku, lantas selanjutnya belajar langsung dari internet, semua secara otodidak

    ReplyDelete
  35. Sebenarnya ngeblog itu yang pertama dilihat dari cara penampilan blog apa gaya tulisan sih Pak Dhe ? Mohon bimbingannya pak Dhe ? karena penilaian dari setiap orang pasti berbeda-beda kan ?

    Sukses selalu untuk pak Dhe sekeluarga
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  36. Kata orang2 pintar di sana, "Content is the King". Namun penampilan blog ya tetap ada pengaruhnya karena yang berkunjung kan pandangannya berbeda-beda.
    Walaupun artikelnya buagus kalau penampilan blognya kayak pasar malam atau kuburan kan awalnya orang akan ragu2 mampir.Demikian pula sebuah warung makan. Rasa masakannya memang enak pwol, tapi dari luar kok kordennya dibuat dari bekas kain kafan..wah....mikir donk kita mau mampir.

    Artikel bagus tapi untuk mencari arsip2 tulisan lama gak tahu jalannya karena navigasinya gak joss kan ya susah kita.Loadingnya lambat sampai kita ngantuk nunggu blognya terbuka juga membuat pengunjung tak sabar menanti, bukan.

    so, mari kita buat artikel yang enak dan tampilan blognya ya sedep gitu lho mas.

    Ya ini pendapat saya yang belum tentu sama dengan pendapat sahabat yang lain. Lain ladang lain belalang, lain penyanyi lain goyangnya,bukan.

    Salam

    ReplyDelete
  37. Sama mas, banyak jalan untuk belajar kan dan berlatih, lama-lama kan nambah ilmu dan ketampilan kita.
    salam

    ReplyDelete
  38. sayangnya gak bisa nambah ketampanan ya.. :D

    ReplyDelete
  39. teringat kata-kata bijak "Dimana ada kemauan disitu ada jalan,"

    ReplyDelete
  40. Setuju deh sama kamu,
    Gak ada hal yang bisa dilakukan tanpa mencoba, belajar, dan berlatih secara terus menerus.

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.