#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Inalillahi wainailaihi roji’un.
Belakangan, berita kecelakaan di jalan raya kerap menghiasi tayangan  di televisi, juga menjadi sorotan berbagai media massa lainnya. Kecelakaan bus di jalur puncak Cisarua Bogor, tabrakan bus di Jawa Timur, juga di Pemalang hingga kecelakaan tunggal yang menewaskan sembilan orang pejalan kaki yang terjadi tak jauh dari halte Tugu Tani, Jakarta. Selain berita-berita tersebut, sebenarnya mungkin masih banyak kecelakaan lain yang tak terekspose media.

Kejadian ini semestinya menjadi pengingat kita semua bahwa terlepas dari soal takdir, kehati-hatian dalam berkendara di jalan adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. Selain berdoa sebelum bepergian, patuh pada peraturan lalu lintas adalah kewajiban. Juga yang tak boleh diabaikan adalah saling menghormati sesama pengguna jalan. Jangan hanya menuntut orang lain untuk hati-hati, jangan hanya bisa marah dan membentak “memangnya ini jalan nenek moyongmu!” tapi dirinya sendiri juga tidak berhati-hati, terlupa bahwa jalan yang dilewati juga bukan milik kakek moyangnya. Jika kita menuntut orang lain hati-hati dan disiplin berlalu lintas, maka kewajiban yang sama juga mengikat kita.

Dibalik musibah selalu ada hikmah. Begitupun kecelakaan di jalan raya yang belakangan ini sering terjadi juga memberi kita sebuah pelajaran, menggugah kesadaran bahwa maut bisa datang kapan saja, di mana saja, dengan cara yang tidak terduga, termasuk kecelakaan di jalan raya. 

Sebelum tragedi halte Tugu Tani itu terjadi, siapa yang menyangka jika kedatangan satu keluarga dari desa ke Jakarta dalam rangka liburan justru seperti mengantarkan nyawa. Dan mereka yang usai berolah raga, tak ada yang menduga kalau salah satu dari mereka akan menjadi korban, tertabrak mobil yang nyelonong ke trotoar. Juga mereka, para penumpang bus maut baik yang di Jawa Timur, Pemalang, Bogor maupun daerah-daerah lainnya tak mengira kepergian mereka dengan berbagai kepentingan akan berakhir di pemakaman. Inilah ketetapan, kepastian yang Allah rahasiakan. Dan disadari atau tidak, kita pun sebenarnya berada dalam antrian.

Entah di urutan keberapa, entah setelah siapa, yang pasti suatu saat nanti akan tiba giliran kita juga.

Jangan karena masih muda, sehat, kaya dan sedang berjaya lalu merasa antrian kita masih jauh. Masih banyak mereka yang  sudah tua, atau masih muda tapi sakit-sakitan, antri di depan kita. Jangan pernah beranggapan demikian. Banyak fakta menunjukan, seorang yang sudah lanjut usia, terisak pelan menghadiri pemakaman cucunya yang masih belia. Juga mereka yang beberapa hari sebelumnya masih terbaring di rumah sakit, turut menjadi saksi pemakaman orang yang kemarin membezuknya.
Jangan katakan ini menyeramkan, karena memang kenyataan. Kita dalam antrian. Jangan pula bilang takut, karena rasa takut tak akan membatalkan maut. Siap atau tidak, bila sampaiwaktunya, maut tetap akan datang menjemput. 

Usia bukan jaminan, harta, jabatan dan kesehatan bukan andalan. Kesemuanya bukan penentu urutan kita dalam antrian. Tapi selama dalam antrian, semua bisa kita gunakan untuk mengumpulkan perbekalan yang kita butuhkan di kehidupan abadi kelak.

Karena kita tidak tahu di mana sebenarnya posisi kita dalam antrian, maka perbekalan amal kebaikan harus benar-benar dipersiapkan. Jangan salah membawa bekal, jangan pula sampai tertinggal. Apa yang akan kita dapatkan kelak adalah sesuai dengan apa yang kita upayakan sekarang. Mari sama-sama memastikan bahwa selama antri tidak sekalipun kita keluar dari jalur yang ditetapkan. Insya Allah.

Salam hangat untuk seluruh pengunjung Warung Blogger

*gambar dipinjam dari http://asudomo.wordpress.com
Label:

Post a Comment

  1. maut rejeki jodoh Tuhan yang ngatur nduk, kita hanya jadi wayangnya, jgn berusaha ingkar dan menghindar dari ketentuanNYA jika ga mau celaka *petuah orangtua menjelang nikah

    makasi pencerahannya Bi...:D

    ReplyDelete
  2. makasih renungannya kang... :(
    kita dalam antrian, berhati-hati serta persiapkan bekal, itu intinya.. mari berbuat kebajikan...

    ReplyDelete
  3. Saleum,
    itulah yang mesti diingat bahwa kita sewaktu waktu bisa saja menjadi peserta dalam antrian itu. jagalah sholatmu sedari kini karena itulah yang pertama bakal di hisab.

    ReplyDelete
  4. hiks kira2 aku masuk antrian yg ke berapa ya :(
    doh, mending berbenah diri dulu deh ...

    ReplyDelete
  5. Betul sekali gan, sebenarnya kita juga ngantri, mau kecelakaan, sakit atau apa, itu semua hanya sebab saja. Maut tidak bisa dihindari. :)

    ReplyDelete
  6. Sama-sama, Mbak.
    Benar, kita hanyalah wayang, karenanya ikutilah kehendak Sang Maha Sutradara dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  7. Jika sholatmu bagus, maka ( insya Allah ) bagus pula amalan lainnya.

    ReplyDelete
  8. Di nomor berapapun, kalau bekal sudah siap, insya Allah kita tak lagi resah.

    ReplyDelete
  9. Betul, sakit atau kecelakaan hanya salah satu jalan kita bertemu maut.

    ReplyDelete
  10. renungan untuk beribadah lebih baik lagi yaa abi.. :D

    ReplyDelete
  11. insyaALLAH terima semua qadha dan qadarNYA, makasiih sudah di ingatkan abi..

    ReplyDelete
  12. Kematian yang terjadi seharusnya memang jadi pengingat buat kita bahwa kehidupan di dunia hanya sementara, satu waktu kematian pasti akan menghampiri kita juga.
    semoga setiap hari kita bisa menjadi manusia yang lebih punya banyak bekal untuk menghadapi saat-saat itu.

    ReplyDelete
  13. tiap2 yang bernafas pasti akan merasakan mati ya Bi, hanya saja kapan waktunya, itu rahasia Allah.
    sebagai manusia, hanya bisa berusaha untuk mmpersiapkan segalanya dengan sbaik-baiknya.

    ReplyDelete
  14. Harus diinbat bahwa atas perintah-NYA, malaikat maut dalam menjalankan tugasnya berpedoman pada kata "TIDAK PERDULI"

    1. Tidak perduli berapa umurmu.
    Mati tak harus yang tua dulu baru yang muda. Faktanya mbakyu saya meninggal dunia pada usia 2 tahun, sementara emak masih sehat walafiat. Jadi yang muda-muda jangan kemlinthi dan enak-enakan saja.
    Kalau ada pangilan sholat " entar2 saja",padahal akan dapat pahala, tapi kalau dipanggil atasan yang mau marah malah nabrak2 meja-kursi segera memenuhi panggilan.

    2. Tdak perduli siapa kamu.
    Walaupun seorang Mayor berada dalam tank berlapis baja, jika sudah waktunya meninggal dunia ya pasti datang ajal tersebut. Sementara kopral yang duduk dibawah desingan peluru pulang operasi dengan segar bugar.Menteri bisa saja meninggal belakangan daripada mantri. Direktur mungkin meninggal dunia terlebih dulu daripada kondektur. Tak mustahil seorang dokter meninggal bersama-sama dengan suster.

    3. Tak perduli sedang apa kamu.
    Tentara yang meninggal dunia ketika sedang perang tak begitu banyak, tetapi tiba-tiba puluhan ribu orang meninggal dunia saat santai di rumahnya karena bencana gempa, banjir, tsunami, kecelakaan lalin, dll.

    So, mari kita menyiapkan bekal untuk menuju kesana.
    (kita berarti termasuk saya lho..)
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  15. Terima kasih tambahannya, Pak Dhe, yang membuat tulisan ini ( semakin ) bermakna.

    ReplyDelete
  16. Betul, Mas Ruri. Kematian adalah kepastian yang dirahasiakan, karenanya sebaik-baik bekal harus dipersiapkan.

    ReplyDelete
  17. Ya, karena kita tak tahu dimana posisi kita dalam antrian. Apakah di depan, tengah atau masih jauh di belakang.

    ReplyDelete
  18. semoga ketika dalam antrian itu, kita bisa menyiapkan bekal terbaik untuk nanti ya :)
    makasih artikelnya, kak abi :)

    ReplyDelete
  19. yeee..itu bukan tambahan kok tap komentar ha ha ha ha.

    ReplyDelete
  20. setiap yg bernyawa pasti akan mati ya sob, dan kematian akan selalu mengincar kita, gak perduli waktu dan gak perduli tempat, maka kita harus siap kapan saja, mungkin bekalnya harus lebih banyak, karena perjalannya panjang :D

    ReplyDelete
  21. kalau antri yang teratur akan membawa ketenangan dan keselamatan

    ReplyDelete
  22. Sangat berguna sekali informasinya makasih mo berbagi...

    ReplyDelete
  23. Wah sangat berguna sekali informasinya makasih mo berbagi...

    ReplyDelete
  24. jadi pengingat untuk kita berbuat sebaik mungkin hari ini. :)

    ReplyDelete
  25. Minta ijin copy gambar ya. hehehe

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.