#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Segala yang dikolong Matahari Pasti Berubah 
Dulu, semasa kanak-kanak, setiap Kamis pagi kampung kami yang terdapat di wilyah Kanagarian Magek - Bukittinggi selalu ramai. Ohya, Kanagarian adalah suatu bentuk pemerintahan di Minangkabau yang terdiri dari beberapa desa dan di pimpin oleh seorang Datuk Kepala. Kami memanggilnya Angku Palo. Nah dalam Nagari Magek ini ada desa Kasiak dan Sawah Ladang yang terkenal sebagai penghasil benih ikan mas dan paweh. Mungkin karena air dan keahlian yang telah terasah secara turun temurun, orang di sekitar Bukittinggi beranggapan jika hendak membeli benih ikan, tempat terbaik cuma di Magek. Maka tiap pekan ramai lah orang berkunjung,  membeli  anakan ikan untuk di lepas di kolam maupun Ganangan (Genangan) mereka.

Ganangan merupakan sawah biasa. Sebelum masuk musim tanam berikutnya, sambil melapukan sisa akar padi sebelumnya dan tanah semakin kaya humus, sawah dijadikan kolam untuk membesarkan ikan. Setelah tiga bulan, setelah anak-anak ikan sebesar ibu jari, ganangan di keringkan dan bibit ikan ini siap di jual kepada pembeli berikutnya.

Rumah kami terletak di tepi jalan menuju Kasiak dan Sawah Ladang. Dari jendela rumah aku biasa melihat bapak-bapak berkopiah sebo atau melilitkan sarung di tubuh untuk menahan dingin yang menusuk berjalan pelan atau bersepeda onthel. Mereka datang dari arah jalan berkabut dan mereka menghilang juga di jalan berkabut. Setelah agak siang mereka kembali lewat jalan yang sama tapi sekarang dengan tentengan Upih di tangan. Upih adalah semacam kontainer tempat anak ikan yang terbuat dari pelepah pinang.

Begitu terkenalnya Nagari Magek sebagai produsen anak ikan ketika itu hingga lahir olokan terkenal bahwa Orang Magek penjual anak.  Kalau kita berkenalan dengan orang luar dan kita menyebutkan Nagari asal pasti mereka tertawa, "Oh urang magek panjua anak yo!" ( Orang Magek penjual anak ya).

Namun kini masa kejayaan itu telah lewat. Nagari Magek sekarang tidak lagi cocok dicirikan berpenduduk sebagai penjual anak. Tidak ada lagi bapak-bapak bersebo yang lewat di depan rumah kami tiap Kamis pagi. Kalaupun masih ada ciri, cuma berupa peninggalan berupa patung-patung ikan Mas kecil di beberapa tempat. Aku sempat mendatangi salah satu kolam  bekas pembibitan di Sawah Ladang, namun sisanyapun tak ada. Di tempat itu sekarang berdiri rumah permanen.

Mungkin perlu dibuat kajian mendalam mengapa industri pembenihan ikan di Magek lenyap begitu saja. Namun dari analisaku sekilas itu pasti berkaitan penggunaan pestisida, pupuk urea dan jenis padi bibit unggul yang dikenalkan pemerintah. Tanah yang telah disemprot pestisida mestinya tak memberi harapan hidup bagi bayi-bayi ikan. Pupuk urea membuat petani tak perlu menunggu terlalu lama sehingga tanahnya siap di tanam kembali. Disamping itu musim panenpun semakin pendek. Kalaulah berkiblat pada sudut pandang ekonomi, sekarang jauh lebih menguntungkan panen padi empat kali dalam setahun ketimbang membuat Ganangan untuk membesarkan benih ikan hingga sebesar ibu jari.

Magek bangkit sebagai Nagari produsen ikan karena hukum ekonomi. Dan sekarang lenyap dari panggung kejayaan juga karena hukum yang sama. Benar kata Om Ralph Waldo Emerson bahwa For everything you have missed, you have gained something else, and for everything you gain, you lose something else.

Penulis : Evi Indrawanto
Blog     : http://eviindrawanto.com/
Label:

Post a Comment

  1. mengawali komen :D
    itu sekitar tahun berapa bu? saat kejayaan kota magek?

    ReplyDelete
  2. Tahun 70-an Magek masih berjaya kok Mas

    ReplyDelete
  3. walah.. saya blum lahir tuh.. :D

    ReplyDelete
  4. sama, saya juga masih dalam tahap rencana... :D

    ReplyDelete
  5. Jadi dari segi umur, mas tunsa dan mas dadan generasi anak2ku yah..Hayyyahhhh..lari lihat kaca..

    ReplyDelete
  6. hihi..iyah... #larimenujucermin juga

    ReplyDelete
  7. ini napa pada ngurusin kaca semua? *ngelirik kaca juga*

    ReplyDelete
  8. Waduh pada kabur gara-gara kaca. Cabut juga ah !

    ReplyDelete
  9. Saleum,
    Achh... pecah deh kacanya, pada rebutan sih....
    awak suko pai ka padang, juo acok naik bendi di paiaman.

    ReplyDelete
  10. eit... di sini gak jualan kaca lho ya? sana pada pulang, haha

    ReplyDelete
  11. haha... bundanya sudah pulang, mengamankan kacanya.. :D ini bahasa roaming tak ada terjemahnya :(

    ReplyDelete
  12. hahaha ... penjaga warung bingung ga ngerti omongan tamunya hahahaha

    ReplyDelete
  13. Di kampung saya panen padi tidak bisa 3x-4x setahun, tetapi hanya 2x. Mengapa ? Tanam padi hanya 2x karena katanya untuk memberikan kesempatan tanah bernafas. Namun ada selingan sekali untuk menanam semangka, cabe, melon atau palawija lainnya.

    Emak biasanya tidak menanam tanaman selingan dan sawah emak disewa oleh tetangga yang ingin menanam semangka.

    Terima kasih informasinya jeng. Biarkan saja anak-anak diatas bermain dan bercemin karena memang usia mereka masih sedang dalam masa "mencari bentuk", terutama si Nique cantik itu.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  14. lho niar belum ngaca...hwahahaha...... :p

    ReplyDelete
  15. niar gak usah ngaca, udah cantik, kalo niar ni generasi cucunya bunda evi :D

    ReplyDelete
  16. :( berapa banyak sih bahasa di Indonesia, mudah2an ada orang yg mau bikin translator seluruh bahasa di Indonesia

    ReplyDelete
  17. saya sudah berbentuk lho dhe.. :D
    di kampung saya juga 2 kali panen saja, yg sekali ditanami kacangijo biasanya

    ReplyDelete
  18. heheheh.......makasih , ndak ada permen *klu muji di kasih permen* :D
    iyaa tuh tahun70 niar masih jadi apaan yaa.....
    mikir dulu yaaa.......

    ReplyDelete
  19. Niar tahun 70-an, papa-mamanya masih lirik-lirikan di TK kali ya..Atau mereka belum lahir kali yah..

    ReplyDelete
  20. Itulah yg tidak sukai dari perkembangan Jaman

    ReplyDelete
  21. Sama, di Kebumen juga begitu, hanya 2 kali panen padi, diselingi kacang hijau atau kedelai.

    ReplyDelete
  22. Iya nih, aku juga heran dengan pola tanam di kampung sekarang. Selain ganangan, dulu pasi juga diseling dengan palawija seperti ubi, cabe atau bawang. Kemarin sempat bertanya, kok sekarang orang tak berparak (berkebun) di sawah seperti dulu? Menurut ibu, kalau sawah di jadikan kebun, nanti pengolahannya untuk padi akan sulit, karena tanah mesti dilembekin dulu...Dan itu makan waktu lebih lama..Yang mana sawah tak bisa memproduksi padi 3-4 kali setahun...

    ReplyDelete
  23. Sudah pulang, balik kampung Mb Lid :)

    ReplyDelete
  24. Iyah, ada hal2 yg kita sukai dari perkembangan jaman dan ada pula yg tidak. Tapi seperti bayar pajak, suka atau tidak kita akan melaluinya :)

    ReplyDelete
  25. Saleum,
    Padang merupakan kota transit. Dan bendi sekarang di padang dan bukittinggi cuma tersedia sebagai transportasi wisatawan :)

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.