#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Puncak Mahameru, gambar dari sini
Hai sob, judul diatas adalah sebaris syair milik Dewa 19, yang menggambarkan sebuah gunung yang sangat terkenal sekaligus sebagai gunung tertinggi di pulau jawa. Saya yakin banyak diantara kita yang sudah mendengar, mengetahui bahkan pernah pengunjunginya. 

Gunung yang letaknya bisa dilalui dari kota malang dan lumajang ini memiliki ketinggaian 3.676 mdpl dan sekaligus menjadi gunung incaran para pendaki, baik di nusantara atau pun mancanegara, salah satunya adalah saya. Mengapa demikian? karena selain terkenal dengan ketinggiannya, gunung ini memiliki sejuta panorama yang tidak akan pernah bosan dipandang mata. Salah satu tempat favorit saya bila berkunjung kesana adalah sebuah danau yang dinamakan Ranu Kumbolo. Bayangkan sob, danau ini luasnya 14 ha dan berada di ketinggian 2.400 mdpl. Disekitarnya terhampar jutaan bunga Edelweis, belum lagi, kita bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam dari sela-sela bukit (dengan arah berlawanan) sambil memancing ikan yang terdapat banyak di danau ini. Wuiii, pokoknya ajib lah sob. 

Ranu Kombolo gambar dari sini

Lalu bila di teruskan melewati sebauh tanjakan yang bernama “tanjakan cinta”, kita akan disuguhi sebuah hamparan padang rumput yang begitu luas dikelilingi oleh bukit dan gunung dengan beribu pohon pinus dan cemara, tempat inilah yang disebut Oro-oro ombo. Saya sering berlama-lama disana lho, kalau menurut para turis, pemandangannya gak kalah keren kok sama di Eropa sono. 

Dan bagian klimak dari gunung ini setelah melewati hutan Arcopodo 2.900 mdpl, karena Arcopodo sendiri adalah batas vegetasi dari rangkaian gunung semeru. dari sini kita akan menghadapi bukit pasir yang sangat curam dan babatuan yang mudah longsor sob, diperlukan waktu sekitar 3-4 jam dari sini untuk mencapai puncak Mahameru, dan setiap pendaki harus sampai puncak sebelum jam 10.00 pagi sob, karena setelah jam segitu, angin bertiup kearah timur dan membawa gas beracun, selain itu gak asik dong kalau sampai tertimpa material yang berterbangan kearah kita yang di sebabkan oleh ledakan yang biasa terjadi setiap 20-30 menit sekali, bisa jadi peyek kita, hihihi. 



Saat berada dipuncak inilah, kita akan melihat pemandangan yang luar biasa, kita bisa melihat gugusan gunung-gunug di arah barat, seperti Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Slamet hingga Ciremai, di sebelah timur kita bisa melihat gunung Argopuro, Raung dan laut lepas. Itu pun kalau cuaca bagus ya. Belum lagi kita bisa menikmati ledakan dari kawah Jonggring Saloka dengan dentuman yang bervariasi, kepulan asap dan maretial yang berterbangan kearah Selatan sebelum jam 10.00 kerapkali membuat kita terpana dan kehabisan kata-kata saat memandangnya.

Nah, melihat hal itu semua, maka saya rasa sangat pantaslah kalau gunung ini dijuluki puncak abadi para dewa, sebagaimana lagu yang dilantunankan oleh band Dewa 19. Bagaimana menurut anda sob ???

Salam



Label: ,

Post a Comment

  1. Nda tau lagunya, baru denger kali ini he he he.
    Pengetahuan baru nih, tfs mas stuuu...
    Coba mas ke sana lagi, sampai puncaknya siang, jadi peyek gak? :p

    ReplyDelete
  2. hufft...dalem peke banget....
    triple S,....slamet,sumbing,semeru.....

    wes pokok'e top markotop.... :)"

    ReplyDelete
  3. oooooo...eh ga lagi ding takut disumpah jd langsing sama mas stumon

    intinya saya ga pernah ke sana, gmn mau merasakannya ???

    ReplyDelete
  4. belum pernah kesana, tapi sudah terbayang keindahannya lewat pejelasannya....

    ReplyDelete
  5. postingan khas pecinta gunung ya. asyik juga ya kalau bisa mendaki gunung

    ReplyDelete
  6. boleh, tapi kamu ikut ya, hihi, buat percobaan, wew :p

    ReplyDelete
  7. triple S, widiih ... pasti mangkebbb tuh :p

    ReplyDelete
  8. rasanya, tiada duanya, hihihi, emang kalo langsing kenapa siiihhh :p

    ReplyDelete
  9. jangan cuma nganga, ayo jalan ... wew ;p

    ReplyDelete
  10. kl disana langsung terlihat keindahannya sob, wew ... :p

    ReplyDelete
  11. Kalau gak salah ini kunjugan perdana.. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  12. iya, memang asik, asik sekali, mau ?? :p

    ReplyDelete
  13. gitu ya, kalau salah push up ya, 100 x aja, hehehe, salam kenal :p

    ReplyDelete
  14. Melihat gambarnya dari kejauhan, tampak benar keperkasaan Mahameru. Begitu pula danaunya, seperti apa rasanya kali ya, kalau memandang langsung. Ngomong2 nama Mahameru ini terdengar hindu banget ya Sob...Mendengarnya jadi ingat Arok dan Lohgawe :)

    ReplyDelete
  15. hahaha...*pake maksud'y...gara2 ngebayangin mahameru jd gagap dehh...

    ReplyDelete
  16. Mahameru memang selalu menawan dan perkasa mba, dan air danau nya sangat segar plus dingin sekali, kalau nama Mahameru sendiri itu konon gabungan dari dua kata Maha = besar dan Meru = gunung, jadi mungkin artinya gunung yg sangat besar, dan memang banyak umat hindu jg yg sengaja kesana untuk melakukan ritual agamanya di sekitar Arcopodo :D

    ReplyDelete
  17. hihihi, wew, kesono yuk, dari pada di bayangin, :p

    ReplyDelete
  18. 14 th yg lalu tawaran itu msh berlaku...
    klo skrg mah engaaap....*oksi...oksi.....napas buatan.....hihihi

    ReplyDelete
  19. Oooohh... I see :D
    temenku aliyah dulu demen banget muncak, sampe2 namanya dia ganti dengan Ivan Mahameru, dengan poto propil gunung semeru pas lagi sunrise :D
    wow!! Awesome beudh yoh???
    Mantaapp lah, sayangnya kayane gak mungkin kesana,, aku punya gangguan sedikit ma gas beracun, takut juga kalo jadi rempeyek :p

    ReplyDelete
  20. hihihi, ngawur, semua juga takut kali sama yg namanya gas beracun mah mba, tp kl mau jadi rempeyek ya bisa aja sih, hihi, wew :p

    ReplyDelete
  21. wew, telat dong, ada nih oksi, banyak, mau ... hihihi, wew :p

    ReplyDelete
  22. Aku gak suka Dewa 19 terutama sama si Ahmad Dhani yang terlalu arogan makanya dewa sekarang bubar.

    ReplyDelete
  23. Kalo ndak tau lagunya, ketauan kalo Una nih masih kecil. hehehe
    soalnya yang tau lagunya Dewa ini pastinya udah senior semua, alias beranjak tua.
    Seperti aku!

    hehehehee

    ReplyDelete
  24. kalo gitu, Dija juga mau kenalan yaa
    ikut ikutan

    ReplyDelete
  25. trus sukanya apa?

    KangenBand???

    ReplyDelete
  26. Kalo Dija sukanya Dancing Boogies Beebies!!!

    ReplyDelete
  27. apaan tuh dek dija dancing boogies beebies ?? :D

    ReplyDelete
  28. serius mas, bisa ngeliat gugusan gununggunung yang lain?? Wowww keren banget berarti yah

    ReplyDelete
  29. boong tau mba, dia udah tuwir aslinya ^^

    ReplyDelete
  30. iya, silahkan kenalan, yuk .. yuk .. :p

    ReplyDelete
  31. serius, tapi kalo cuaca lagi bagus lho, penasaran ?? :D kesono yuk ^^

    ReplyDelete
  32. @ riez : gak masalah sih suka apa enggak, kan gak di paksa, lagian juga gak wajib, wew :D

    ReplyDelete
  33. Mahameru tu Semeru, kan? Soalnya kalo nama Mahameru lebih identik dengan dongeng kayanya.

    ReplyDelete
  34. iya, Mahameru itu semeru mba, wew, dongeng ya, saya baru denger malahan, hihihi :p

    ReplyDelete
  35. Saya belum pernah sekalipun ke puncak abadi para dewa ini, tapi rasanya saya akrab sekali dengan beberapa tempat eksotis yang disebutkan. Semua karena saya pernah membaca buku berjudul 5 cm. Dan tak harus membuktikan sendiri, saya percaya dengan kebesaran Allah yang satu ini.

    ReplyDelete
  36. saya ingin kesana...tapi kayanya gx bisa???

    ReplyDelete
  37. Pemandangan yang indah, membuat kita untuk berusaha memasuki cakrawala dalam diri sendri untuk menyelami makna sebuah kehidupan ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.