#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

http://www.chandraprasad.com
Halooo...para blogger yang lagi santai dihari Minggu yang mendung ini. Apa kabar? Terima kasih kepada Mas Ari Tunsa yang memberitahukan kepada bunda bahwa kini tibalah giliran bunda untuk menulis. Tapi seperti biasa karena dadakan pemberitahuannya jadi gak siaplah bunda dengan topik apa yang akan bunda kemukakan disini. Alhasil judul diatas pun muncul begitu saja dalam benak dan jadilah "Antologi Yang Sedang Menjamur di fesbuk"  menjadi judul andalan bunda kali ini.



Istilah ini baru bunda kenal setelah bunda beberapa kali mengikuti audisi menulis secara online. Dalam kamus bahasa Inggris arti dari "Anthology" (kata benda) adalah "bunga rampai". Nah, kita tahu kan bahwa bunga rampai itu terdiri dari ber-macam-macam bunga yang dikemas menjadi satu "kemasan", ada bunga mawar, melati, kenanga, kantil dan lain-lain. Namun bunga rampai bisa juga terdiri dari untaian bunga yang di ronce menjadi satu (seperti untaian bunga kamboja khas Bali). Intinya setelah bunda teliti (dan ini kesimpulan bunda sendiri lho!) ternyata yang dimaksud dengan Antologi di Facebook adalah sebuah istilah yang dipakai ketika seseorang ingin  menerbitkan sebuah buku Antologi atas namanya.  Digalanglah sebuah "Event" lomba/kontes/audisi menulis yang akan menyedot banyak peminat. Kemudian diadakan seleksi atau saringan untuk menentukan tulisan-tulisan terpilih --kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku dengan mencantumkan nama penggagas ide disamping judul buku. Intinya Buku Antologi adalah Buku Rame-Rame, apakah itu fiksi, non fiksi, cerita anak atau cerita fantasi. Siapapun selama ada kerja sama dengan Penerbit bisa saja menelorkan sebuah buku antologi. Yuuuukkk...............

Dalam mengikuti sebuah Audisi Menulis berupa antologi ini, target dari peserta bukanlah hadiah semata, tetapi yang utama adalah menguji, mengasah kemampuan menulis yang selama ini, misalnya, tidak pernah terlatih. Tanpa mengikuti suatu audisi pastilah seseorang akan malas untuk menulis, walaupun ia sebenarnya mampu. Terkecuali tentunya memang benar-benar seseorang itu adalah seorang yang sudah mempunyai predikat author, writer, free-writer. Bagi yang disebutkan terakhir ini sebuah antologi bukanlah menjadi tujuan mereka.

Selama bunda aktif mengikuti Audisi menulis melalui online ini, sudah kurang lebih (sampai dengan hari ini) 16 tulisan untuk berbagai judul antologi : baik berupa fiksi/non fiksi atau puisi -- 7 sudah dinyatakan lolos (satu antologi yang baru terbit: Who Am I Lord #2 dab #4, penggagas Bang Wahidin Sinaga; yang lain masih menunggu kabar baik dari Penerbit) -- 3 gagal --6 masih menunggu pengumuman, sedangkan 4 audisi menulis (antologi) lagi yang sedang bunda kerjakan.


Dengan antologi, semangat jadi terpacu. Dengan antologi kita bisa memiliki koleksi buku dimana terdapat tulisan kita. Dengan antologi kita bisa menilai sampai dimana sebenarnya kemampuan kita dalam menulis. Dan dengan antologi pula semangat untuk belajar lebih giat lagi dalam hal menulis bisa merangsang benak dengan dahsyat.

Bunda belum mampu menerbitkan sebuah "buku solo" alias sebuah buku dengan seluruhnya adalah karangan sendiri seperti halnya dengan Bunda Lily, Abi Sabila, Bundanya Fiqthiya, Hani Rohani Sawaliah, Anny Berta, dan mungkin masih banyak lagi rekan blogger yang tidak bunda ketahui telah menerbitkan buku solo-nya.

Selamat bunda ucapkan untuk mereka yang telah memiliki Buku Solo.
Label:

Post a Comment

  1. Antologi kaya batu loncatan untuk bikin buku solo :)

    ReplyDelete
  2. Semoga makin banyak antologinya ya bun... :D
    Dan buku solo tentunya...

    ReplyDelete
  3. Menunggu buku solonya Bundaa..

    ReplyDelete
  4. hehhee...aye belon punye buku antologi atawe solo :D sekarang masih asik nulis buat blog pribadi ^^

    ReplyDelete
  5. ayo bunda segera buat buku solonya :D

    ReplyDelete
  6. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    keberuntungan selalu menghampri kita
    hanya saja kita yg trkdng tdk brfkir demikian.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete
  7. beritahu kita-kita ya kalau buku nya sudah jadi..

    ReplyDelete
  8. beritahu kita-kita ya kalau buku nya sudah jadi..

    ReplyDelete
  9. saya sedang belajar nulis bun, masih jauh dari cita-cita, hihi

    ReplyDelete
  10. wan jadi penulis yaa bunda sekarang,,, di tunggu buku solo nya yaa bunda :D

    ReplyDelete
  11. NF, menurut bunda juga begitu. Katakanlah kita meniti dari anak tangga yang paling bawah, hehehehehe..... Makasih udah baca postingan bunda.

    ReplyDelete
  12. Koq disuruh nebak terus nih, hehehehehe....pasti ketebak lah. (JK). Anak online-ku yang brilliant, makasih do'anya ya, tapi buku solo? Masih jauh dari bayangan tuh, say......XoXo.

    ReplyDelete
  13. Hehehehe....bisa aja nih Mama Olive. Do'ain aja bunda selalu sehat dengan stamina prima ya. Makasih udah baca postingan bunda.

    ReplyDelete
  14. Nay, makasih ye udeh nyempetin bace postingan aye. Gakpeape koq postingan di blog pribadi entu jangan-jangan langlsung meledak tuh jadi buku solo kayak punye bang Abi Sabile entu. Bunde cuman bisa ngedoain yang terbaek aje ye Nay.

    ReplyDelete
  15. Hehehehe...Tiesa, masih merupakan sebuah mimpi bagi bunda. Makasih ya udah baca postingan bunda.

    ReplyDelete
  16. outbound malang, makasih kunjungannya, Gan. Oke Gan, ditunggu ya. Pasti mampir.

    ReplyDelete
  17. Makasih Catatan_Su, yuuuuukkk....kita semua semangat.....semangat.

    ReplyDelete
  18. semoga bunda bisa menerbitkan buku solo juga

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata prestasi Bunda sudah banyak sekali. Tambah satu buku lagi yang sudah terbit, Bunda. Di Sebuah Surau Ada Mahar Untuk Mu. Dan menurut kabar langsung dari sumbernya, antologi Indahnya Persahabatan dalam proses penerbitan, di buku ini kita bertrio ( dengan Bunda Lily ), semoga berjalan sesuai harapan.

    Antologi ataupun solo, tetap semangat, Bunda!

    ReplyDelete
  20. Ooh saya kirain masih satu turunan sama atropoligi apa gitu..heheh maklum pemuda jadul..

    ReplyDelete
  21. cik awi, oke deh. Makasih udah baca postingan bunda.

    ReplyDelete
  22. Ari, bunda juga lagi belajar nulis tuh. Bakatnya terpendam sejak ltahun 1978 dan sulit banget buat muncul kembali, hehehehehe.....tapi tetap s'mangat koq. Makasih ya udah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  23. Hehehehehe.... Niar, bunda penulis karbitan. Makasih udah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  24. aaaamiiiin, makasih do'anya Lidya - Mama Cal-Vin. Makasih udah nili-i postingan bunda.

    ReplyDelete
  25. Mas Abi, makasih udah baca postingan bunda ya. Betul banget kita trio di Indahnya Persahabatan, tapi koq blm ada kabar2nya ya. Trus buku Di Surau Ada Mahar Untuk-Mu bunda belum order. Iya, bunda masih menggantung asa untuk punya sebuah buku solo.

    ReplyDelete
  26. Weleh3x Kulingeblog......sama sih dimulai dengan huruf "a" dan diakhiri dengan huruf "i", hahahahahaha...........

    ReplyDelete
  27. Koq postingannya gak tertulis "tanggal" ya, yang ada hanya "waktu/jam".

    ReplyDelete
  28. Antologi itu penyemangat untuk bisa berkarya lagi. Semangat menulis! ^^

    ReplyDelete
  29. saya sudah pernah ngikutin dan tulisan berhasil di terbitkan hehhehehe

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.