#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Penulis
Oleh: Indra Kusuma Sejati

Memasuki masa liburan yang sebentar lagi akan tiba pada bulan Mei hingga Agustus ini, tidak salahnya bila penulis berbagi beberapa tips untuk berlibur tanpa membuat kita semakin stres menghadapi hal seperti mengatur keuangan dan waktu. Apalagi bila sudah menyangkut dengan keluarga.

Ayah, ibu, anak merupakan bagian dari sebuah keluarga kecil. idealnya jika anak yang dimiliki satu putra dan satu putri, hal ini merupakan gambaran keluarga harmonis nan manis. Mungkjn hal ini sedikit merepotkan bila berlibur bersama keluarga. Namun, hal ini akan sangat menyenangkan hati kita sekeluarga.



Dari variasi jenis wisata, dari yang dalam katagori "aman" untuk si kecil, sampai yang memerlukan kekompakan orangtua dan anak. Hal paling awal yang teringat selalu dalam ingatan penulis adalah ketika harus membantu menyeret koper si kecil, sementara koper kita pun tidak kalah heboh akan ukurannya. terutama berpergian dalam jangka waktu lebih dari 3 hari. Di sinilah kita memerlukan kejelian dalam mengatur barang bawaan kita. karena tidak ada yang lebih membahagiakan dari kebersamaan bersama orang-orang terdekat di dalam keluarga.

Nah sahabat, ijinkanlah penulis untuk berbagi tips pengalaman liburan berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa rekan dalam mengisi liburan bersama anak-anak kita pada saat liburan tiba.

  1. Rencanakan kegiatan liburan persis seperti perencanaan kebutuhan keluarga. Berusaha selalu untuk melakukannya dan berupaya mendapatkan semua yang terbaik, mulai dari tempat duduk dalam penerbangan, hotel, dan ruangan penginapan yang tersedia.
  2. Resor yang terbaik untuk keluarga bergantung pada usia putra-putri kita dan kepentingan setiap anggota keluarga. mulailah dengan mencatat kebutuhan dan keinginan kita beserta seluruh anggota keluarga lainnya.
  3. Cari tempat liburan yang memiliki kriteria sesuai kebutuhan. Banyak orangtua yang berpikir bahwa mereka harus mengorbankan waktu liburan mereka dan memberikan sepenuhnya pada anak-anak. Banyak resor yang menawarkan fasilitas yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa.
  4. Pertimbangkanlah tujuan yang menawarkan berbagai pilihan bagi semua orang dalam keluarga. Mungkin saja putra-putri kita bosan pergi ke kolam renang yang sama setiap mingaunya. Dan juga bosan dengan menu makannya yang selalu sama.
  5. Gunakanlah fasilitas pada telepon selular kita seperti GPS dalam menanggulangi keadaan darurat, misalnya dalam keadaan tersesat.
  6. Ciptakanlah suasana nyaman selam berkendaraan. Dan Aturlah tempat duduk bayi, ransel anak,dan lain-lain.
  7. Lakukanlah permainan yang seru dan menyenangkan bersama putra-putri kita, atau kita juga dapat membawa mainan yang digemari anak-anak kita.
  8. Selalu membawa perlengkapan P3K, cukup yang sederhana. Misalnya perban, alkohol, minyak kayu putih, tabir surya, serta semprotan untuk serangga.
  9. Pastikan semua anggota keluarga mengemukakan pendapatnya sebelum menetapkan tanggal. Ajak anak kita menjadi bagian dari proses perencanaan sejak awal. Dan mintalah pendapat mereka dalam menentukan tujuan wisata Dan berilah tantangan sekaligus tanggung jawab kepada mereka, sehingga mengurangi keinginan mereka yang selalu berubah-ubah pada hari H.
  10. Siasati waktu liburan kita dengan membawa bekal dan tidak bermalam.
  11. Dengan mengarahkan putra-putri kita untuk menulis sebuah tulisan pengalaman berpergian mereka. Hal ini dapat membantu untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas, mereka dapat mengambil pelajaran dari perjalanan yang dilakukan dan mengingatnya sebagai kenangan yang memberikan kesan.
  12. Carilah informasi mengenai obyek-obyek wisata yang akan dikunjungi apa saja yang ada di sana, yang bisa dilakukan, dan informasi lain yang diperlukan. Dengan demikian, kita dapat menyiapkan keperluan keperluan kita selama berada di tempat tersebut

Semoga saja hal ini dapat membantu rekan-rekan dalam menghadapi liburan panjang di pertengahan tahun ini. Dan kita akan lebih dapat menikmati perjalanan liburan bersama keluarga kita.


Salam,


Blog    : 
  1. Ejawantah's Blog 
  2. Masa Tour
FB       : Indra Kusuma Sejati
Twitter : R. Indra Kusuma
Label:

Post a Comment

  1. Keren...........tips liburan yang keren...

    Pingin deh jalan2 liburan juga om in :D

    ReplyDelete
  2. keduluan Mas Indra deh..
    tadinya aku mo nulis hal yang sama..

    keren tipsnya..
    siap planning liburan kmana yaa..

    makasih ya Mas..

    ReplyDelete
  3. Hikss...libur ape kaga, tetep ngejedog dirumah aje :D

    ReplyDelete
  4. tahun ini tidak ada libur panjang untuk kami, Pak. Akhir Juni nanti putri saya mulai masuk ponpes. Tapi mengunjungi dia di ponpes setiap minggu mungkin bisa saya jadikan 'liburan' :)

    Terima kasih tipsnya, Pak.

    Salam hangat untuk keluarga tercinta.

    ReplyDelete
  5. Boleh, mudah ko. Siasati waktu yang tepat untuk berlibur dan juga obyek wisatanya. Setelah itu langsung berangkat deh ! Mudah Kan....!

    ReplyDelete
  6. Berarti liburan di rumah ya Mpo ?

    ReplyDelete
  7. Ya, mengunjungi Ponpes juga merupakan salah satu liburan religius ko mas. Yang penting hati bisa menjadi tenang dan senang.

    ReplyDelete
  8. makasih tipsnya....
    tapi yang pali utama
    siapkan dulu dananya kali ya...
    hihihi

    selamat berlibur....

    ReplyDelete
  9. xixixi.....
    kalau itu sudah pasti Mba.

    ReplyDelete
  10. kalau sampai liburan malah stress itu bahaya...
    terimakasih tipsnya mas...
    :)

    ReplyDelete
  11. Sama-sama dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.