#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Oleh: Una Vida Escrita

Ada satu lagi yang menarik dari Surabaya, yakni Monkasel, Monumen Kapal Selam. Kapal selam bernama Pasopati bernomor lambung 410 berwarna dominan hijau-hitam berdiri dengan machonya di Jalan Pemuda di kota pahlawan itu. Di pinggir jalan lah ya, masa' di tengah jalan.


Beberapa kali singgah ke Surabaya, beberapa kali pula melewati Monkasel tak menggugah aku untuk mendatanginya. Sampai suatu saat Monkasel berhasil menarik diriku untuk mengunjunginya, ketika panasnya kota itu tak melunturkan rasa keingintahuanku.


Kapal selam tersebut ialah KRI Pasopati 410 yang bertipe SS Whiskey Class yang dibuat di Vladivostok, Rusia. Pasopati masuk ke angkatan laut sejak 1962 dan berhenti tugas tahun 1990-an. Selanjutnya dipisahlah menjadi 16 bagian untuk kemudian dibawa ke tempat yang kini menjadi Monumen Kapal Selam.


Tiket masuknya 5000. Dalam tiket masuk ada dua sobekan, yakni dipergunakan untuk masuk kapal selamnya itu sendiri dan satu lagi untuk melihat video mengenai sejarah kapal selam TNI AL Indonesia di tempat yang disebut dengan video rama.


Menaiki tangga untuk masuk ke dalam ruang kapal selam, selanjutnya disambut oleh mbak-mbak pemeriksa tiket dan sedikit ia menjelaskan mengenai ruang pertama dalam kapal selam. Ada di sana empat buah torpedo untuk menjalankan kapal dan tempat tidur bagi awak kapal.


Total ada tujuh ruangan di dalam kapal. Ada ruang makan awak, kamar mesin listrik, ruang penyimpanan makanan, dan ruangan fungsional lain di kapal selam.


Kesannya dari luar kita akan kegerahan di dalam kapal selam, namun jangan khawatir karena sudah dipasangi pendingin ruangan. Ya meskipun tetep agak gerah juga sih... dan untuk pengunjung yang agak sepuh harus berhati-hati dikarenakan pintu antar ruang yang hanya berbentuk lingkaran dan harus menunduk rendah untuk melewatinya.


Di luar kapal selam terdapat kolam renang umum dan di sebelahnya lagi terdapat bangunan yang di dalamnya untuk menonton video. Videonya sebenarnya lumayan seru, mengenai bagaimana kapal selam dan armada laut TNI AL bertugas untuk menjaga keutuhan negara tapi kok ya videonya buatan 1998 gitu loh, sekarang kan udah 2012.

Terlepas dari segala kekurangannya Monkasel layak untuk dikunjungi. Mari ke Monkasel yuk. Jalesveva Jayamahe! *

Informasi:
Alamat: Jalan Pemuda 39, Surabaya
Telepon/Fax: +6231 5490410
E-mail: info@monkasel.com
Jam buka: 08.00-22.00
Note: Jalesveva Jayamahe = motto TNI AL yang berarti "Di Lautan Kita Jaya"
Label: ,

Post a Comment

  1. kayaknya seru ya berkunjung ke monumen kapal selam....jadi penasaran deh...

    ReplyDelete
  2. wah foto kapan tu... kok kayaknya sudah berbeda dengan hari ini ya :D

    ReplyDelete
  3. Kalo ke Surabaya datang ke Monkasel mbak hehe...

    ReplyDelete
  4. Foto dua minggu lalu, berbedanya gimana mas?

    ReplyDelete
  5. kok sepi.. tidak banyak kendaraan >.<

    ReplyDelete
  6. ini bukannya sampingnya surabaya plaza hotel itu ya? @.@

    ReplyDelete
  7. Aku sedang baca Pacar Cantik di Kapal Selamku ( sdh dua gak tamat2 :) yg menceritakan prajurit TNI belajar mengoperasikan kapal selam di Rusia. Setelah satu tahun, setamat mereka belajar, rombongan berangkat pulang dengan barang belanjaan belasan kapal selam. Kayaknya monumen ini termasuk salah satu kapal selam yg diceritakan dalam novel itu deh Un..Hik..jadi kepengen kesana :)

    ReplyDelete
  8. Hihihi, parkirannya ada di sebelahnya soale mas...
    Sama di depan gapuronya tapi gak ketok di foto.
    Aku gatau deh kalo ada hotelnya tapi iya, di samping Surabaya Plaza. :d

    ReplyDelete
  9. Minggu lalu saya masuk Monkasel juga sama Sandy and Bella
    salam

    ReplyDelete
  10. Wah, apa tuh mbak, novel? Kok ketoke asik mbak...
    Hihihi kalau ke Surabaya mampir mbak ke sana. :D

    ReplyDelete
  11. Wah, sip Pakde. Pakde bisa masuk celah antar ruangnya kan? Hihihi...

    ReplyDelete
  12. Wowowowoow...ada kontributor baru di WeBe neh, atau aku yg baru tahu ya?

    Utk postingan jln2 Una kali ini baru deh aku bisa bilang 'sdh pernah' meski ke MOnkaselnya sekian tahun lalu dan gak ada dokumentasinya..

    ReplyDelete
  13. Ke sana lagi mbak biar ada dokumentasinya :P

    ReplyDelete
  14. wow, keren deh! bisa ngeliat langsung bentuk and isi kapal selamnya! apalagi kalo tiketnya cuman 5 ribu. kalo disini gue cuman sering liat bangkai perahu doank

    ReplyDelete
  15. kebiasaan una jalan2 bikin ngiriiiii..

    ReplyDelete
  16. Hihihi ini juga bangkai... bangkai kapal selam, :P

    ReplyDelete
  17. mbak una, niar ndak diajakin masuk seh....

    eeh pernah masuk monkasel, bener2 sempit :D

    ReplyDelete
  18. Eh? Luas ah... hihihi aku yang gendut aja bilang itu luas :P

    ReplyDelete
  19. qu lum pernah masuk k situ...
    :'(

    ReplyDelete
  20. kepala dulu, perut belakangan
    tak antemi kapok loe

    ReplyDelete
  21. Kalau ke Surabaya ke sini dong, hehe :D

    ReplyDelete
  22. keren nih.. baru tahu juga tempat ini ada... wah seneng memang ngeblog nih... banyak infonya...

    ReplyDelete
  23. masa sih una gendut aku kira una lansing ko :P

    ReplyDelete
  24. wah una mlaku2 eneh *jan pgn ki. aku malah rung pernah neng suroboya na *hikkks

    ReplyDelete
  25. Kalu di Palembang, Kapal Selam itu nama pempek besar, hehe...

    Semoga nanti suatu hari ke Surabaya bisa mampir ke Monkasel dan saat itu tarif masuknya belum melonjak naik ;)

    ReplyDelete
  26. Bukanya setiap hari, Un?
    Kalau museum di Jakarta biasanya hari Senin tutup :)

    ReplyDelete
  27. Hehe kalo ke Sby ke sana mas :D

    ReplyDelete
  28. Hahaha kalo itu sih enak mbak :D

    ReplyDelete
  29. Hihi setauku kalau museum emang Senin tutup aturannya xD
    Gak tau deh kenapa itu buka tiap hari

    ReplyDelete
  30. Wah... Baru tahu....
    >.<

    Padahal deket tuh, BJn - Sby 3 jam :D

    ReplyDelete
  31. Padahal saya tinggal di SBY, tapi bingung kesini apa yang mau diliat
    :-d

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.