#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

" Artikel di blog saya kan sudah bagus-bagus jadi tak perlulah saya mempromosikan blog, biarlah artikel itu yang mengerjakannya "
Ucapan blogger tersebut menunjukkan ke-PD-an yang over dosis alias berlebihan.

Sahabat tercinta,
Harap diketahui bahwa di dunia maya artikel yang menarik dan bermanfaat jumlahnya jutaan. Tak jarang blogger memesan artikel dari para penulis bayaran. Oleh karena itu jika anda peduli dan ingin blog sahabat menempati posisi yang bagus di search engine atau dikenal dan dikunjungi banyak orang maka promosi blog perlu dilakukan.

Saya bukan hanya sekedar ngomong tetapi telah membuktikannya. Puluhan blog yang tak pernah saya bawa blogwalking pengunjungnya sak-ciprit. Dengan sedikitnya pengunjung maka jelas berpengaruh terhadap jumlah klik pada adsense yang saya pasang. Oleh karena itu saya mengakalinya dengan men-submit artikel blog tersebut di beberapa social bookmark, termasuk di Facebook dan Twitter.


Saya memang termasuk blogger yang menganaktirikan blog. BlogCamp misalnya, paling sering saya ajak blogwalking. Selain itu hampir semua kontes dan kuis saya selenggarakan di blog ber-header merah menyala itu. Harap diketahui, saat ini saya sedang menggelar Kontes Unggulan Indonesia Bangkit dan Kuis Ada Gula Ada Semut. Demikian pula artikel-artikelnya sering saya share ke lintas.me, infogue.com,kombes.com, linkedin.com, Google+1, digg.com, facebook.com dan twitter.com. Ini merupakan bentuk promosi blog secara online.
.

Sangking sayangnya dengan BlogCamp, sayapun melakukan promosi secara offline misalnya dengan membuat t-shirt dan topi bertuliskan BlogCamp di dalamnya. Tak heran jika blog ber-PR 4 dan berusia hampir 3 tahun itu dilirik oleh mereka yang membutuhkan link. Lumayan kan untuk menambah kocek paypal guna membiayai perpanjangan domain dan hosting.

Memang, Content is the King, namun promosi blog tetap diperlukan agar artikel anda diketahui dan dibaca oleh khalayak ramai.


Bagaimana cara sahabat melakukan promosi blog ??


Abdul Cholik



Label:

Post a Comment

  1. nah itulah PakDhe,,,
    saya promosi blog seingatnya saja.
    ndak segencar yang dilakukan Pakdhe pada blogCamp.
    semoga saya banyak ingatnya daripada ndak ingatnya ya PakDhe...

    ReplyDelete
  2. saluut sama PAkdhe lho...semangatnya muda teruus. JAdi malu neh, jika melihat betapa gencarnya Pakdhe mengudarakan blogcamp'nya.

    Setuju banget jika Content is the King, namun promosi blog tetap diperlukan agar artikel kita diketahui dan dibaca oleh khalayak ramai...


    Salam hangat utk PAkdhe dan keluarga:)

    ReplyDelete
  3. Aku ngikutin saran Pakde untuk mempromosikan blog. Sekarang sudah mulai sering melakukannya di Twitter dan lintas.me. Emang ada peningkatan kunjungan. Tapi saya tahu bahwa jalan masih panjang untuk dapat PR 4 hehehe..
    Ngmong2 misteri guest terbaru BlogCamp lumayan juga ya Pakde...

    ReplyDelete
  4. Ya untung masih ingat jeng
    salam

    ReplyDelete
  5. blog saya tak diemin aja pengunjungnya 22 per hari... ha ha

    ReplyDelete
  6. Yeee....saya kan memang masih muda.
    Agustus nanti baru masuk 26......( diwalik....ha ha ha ha)
    Salam

    ReplyDelete
  7. Ayu menik-menik
    Ngangeni....
    plak..plak..plak ( dikeplak sing duwe...)

    ReplyDelete
  8. Kalau panjenengan promosikan pengunjungnya pasti ratusan atau bahkan ribuan mas
    salam

    ReplyDelete
  9. hmm.. berhubung akses internetnya terbatas...
    terpaksa hanya blogwalking aja.. :D

    pernah juga submit ke site surfing, tapi itu ngga murni.. dan sekarang udah ngga aktif lagi. D

    ReplyDelete
  10. saya paling share di twitter aja Pakdhe kalau abis bikin postingan baru :D

    ReplyDelete
  11. Saya malah gak berani promosi. Soalnya isi blog saya nggak keren :D

    ReplyDelete
  12. manual saja ke situs yang saya sebutkan di atas mas.
    Salam

    ReplyDelete
  13. Blogwalking juga bagus kok
    salam

    ReplyDelete
  14. Aha jangan merendah donk
    Ikuti kontes dan kuisku sekarang juga
    salam

    ReplyDelete
  15. agustus juga toh dhe, jadi barengan yaa dhe :D

    ReplyDelete
  16. Aye juga promosiin di fb ame twitter, dan pastinye kudu sering2 blogwalking. Kalo promosi liwat t-shirt belon ada modalnye...hehehe

    ReplyDelete
  17. sebagian cara yang dilakukan Pakde sudah saya coba, yang belum ke lintas.me dan temen-temennya itu. Saya mau coba, matur nuwun, Pakde.
    Untuk kontes dan kuis yg sedang digelar di BlogCamp, alhamdulillah kali ini saya bisa ikut ambil bagian, nda cuma duduk di bangku penonton, ngelap iler liat temen-temen pada dapet hadiah buku. hehehe...

    ReplyDelete
  18. Apapaun caranya minumnya teh botol ya mas
    sip
    salam

    ReplyDelete
  19. lintas.me dkk untuk mendapatkan backlink juga
    salam

    ReplyDelete
  20. pagi pakdhe, tulisan nya niar di sebarin ke facebook biasanya dhe...

    Bisa ini tak sebarin ke jejaring lainnya, makaish yaa dhe info nya :D

    ReplyDelete
  21. saya jarang bewe :(
    entah mengapa :(

    ReplyDelete
  22. dulu rajin sih promo blog. lama2 malas. cuma di fb aja hehee

    ReplyDelete
  23. iya gak apa-apa, banyak kok yang malas....ha ha ha ha
    salam

    ReplyDelete
  24. pakdhe, saya sebelumnya nggak pernah promosikan blog saya di lintas.me, tapi tiba-tiba saja saya nggak sengaja menjumpai salah satu artikel saya ada di sana. ternyata ada orang lain yang share artikel saya di sana.

    Itu orang kenapa malah pilih artikel saya berikut link saya,itu kan sama aja dia mempromosikan blog saya secara cuma-cuma to..? yang saya bingung keuntungannya buat orang itu sendiri apa ya pakdhe ?

    ReplyDelete
  25. kalau dia menulis url blognya kan dapat backlink juga dari lintas.me

    ReplyDelete
  26. Mau promosi tapi nggak pede, Pakdhe.. :)

    ReplyDelete
  27. Klo aku akhir2 ini lg males ngeblog pakdhe...
    jadi promosi blognya kurang

    ReplyDelete
  28. terlalu pede jangan, terlalu minder jangan, yang sedang-sedang saja... bagaimana ?

    ReplyDelete
  29. betul, Vety Verra juga berkata demikian mas
    salam

    ReplyDelete
  30. Orang malas gak boleh dipaksa-paksa
    biarkan saja sampai baterainya habis

    ReplyDelete
  31. saya permisi mo PROMO BLOG saya lewat sini aza deh hehehee...!
    masih newbie soal blog dan hanya sekedar membaca dan menikmati artikel kawan2 lain serta ikut berpartisipasi bercerita, guyon dan lain sebagainya aza. tak ada tujuan khusus buat usaha online nih

    ReplyDelete
  32. promosiku masih setengah pak De, soale masih blog Pemerintah he..he..,,

    ReplyDelete
  33. saya masih setia dengan submit dhe dan topang backlink dari blog yang biasa diajak blogwalking

    ReplyDelete
  34. tergantung tujuan ngeblognya juga... kalau saya blogwalking hanya untuk berteman saja,.. tidak ada hubungannya dengan google adsense dan kawan kawannya... jadi tujuannya nulis dan berteman saja...

    ReplyDelete
  35. udh aku ikutin jejak pakdhe..
    Cuma samar2 je..

    PAkdhe emang TOOP dah..!!

    ReplyDelete
  36. saya pun kepingin bikin tshirt bertuliskan nama dan alamat blog, tapi karena blognya banyak (yang gak keuurus) jadi gak tau mau yang mana yang dipampang.

    ReplyDelete
  37. kadang-kadang gak pede sm tulisan sendiri... kadang-kadang :)

    ReplyDelete
  38. saya sering terjebak yang ini pakde, saking asyik nulis sampai promosi blog jadi labilisasi :P.
    Bukan karena sesuatu, . tapi kaya semacam minder syndrom..takut ini gitu..dsb
    Blogwalking masih jalan walau kadang cuma jadi patung. :>)

    btw untuk strategi bikin kaosnya ok, itu pakde ngelola semuanya sendiri apa konsep sablonnya saja?

    ReplyDelete
  39. saya kadang - kadang bingung pak dhe harus mulai dari mana sebelumnya , tapi setelah saya membaca artikel malas ngeblog ini solusinya dan membaca artikel pak dhe yang ini. Alhmdllah ada pencerahan... hehehe ,,, Saya harus semangat kayak pak dhe ... hehehe

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.