#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Di mana ikhtiar diupayakan, di situ doa dipanjatkan, ikhlas diutamakan dan tawakal dijadikan sandaran. Begitulah semestinya. Doa, usaha, ikhlas dan tawakal adalah satu kesatuan, jangan pisahkan keempatnya, jangan tinggalkan salah satunya.

Kesadaran ini kembali aku dapatkan setelah mendengar berbagai cerita dan komentar beberapa teman.


“Benar bahwa rejeki sudah Allah sediakan, tak ada satu makhluk hidup pun yang Allah ciptakan kemudian ditelantarkan. Namun demikian, harus ada upaya yang dilakukan. Sayagnya kita kerap kepedean, mengandalkan doa padahal sebenarnya malas berusaha. Kita tidak sadar diri, kita ini siapa. Lha wong ibadah saja masih sering ditunda, harus selalu diingatkan tapi maunya seperti para wali – ahli ibadah, setiap berdoa, Allah kabulkan,” komentar seorang teman atas cerita teman lainnya.


“Atau terkadang kita berlaku sombong, merasa seperti tidak butuh bantuan dan pertolongan. Berusaha tanpa perlu berdoa. Ketika gagal, Allah yang disalahkan,” timpal yang lainnya.

Dan ketika cerita berganti, salah satu dari mereka  menanggapi. “Kadang ada yang sudah berusaha dan berdoa, tapi karena tak sabar, ingin segera terwujud apa yang diinginkan, akhirnya cari backingan, minta bantuan orang pintar agar usahanya dimudahkan.”

“Bila Allah mengabulkan sebagian usahanya, selalu merasa kurang, kenapa tidak semuanya?  Seandainya lebih dari ini, tentu lebih bersyukur lagi. Padahal berapapun tak akan cukup, tak akan membuat bahagia bila tiada ikhlas dan syukur di dalam hati,” yang lain menambahkan.

Dari cerita dan komentar yang kudengar, aku menarik satu kesimpulan bahwa ‘duit’ itu penting. Doa, usaha, ikhlas dan tawakkal adalah satu kesatuan. Jangan pisahkan keempatnya, jangan tinggalkan salah satunya.

Kita ini lemah, butuh bantuan dan pertolongan Allah, karenanya berdoa janganlah ditinggalkan. Mohon agar dimudahkan setiap perkara, dilancarkan setiap  urusan, dikabulkan usaha yang dijalankan. Meski benar setiap kita rejekinya sudah disiapkan, namun berikhtiar tetaplah wajib dilakukan. Nafsu, salah dan khilaf yang kita perbuat telah menjauhkan jarak kita dariNya, sehingga tak cukup hanya dengan berdoa saja. Tidak semua proses bisa dilalui dengan mudah, dan tidak setiap hasil yang didapat sesuai keinginan, namun ikhlas menjalani dan menerima adalah juga sebuah keharusan. Dan ketika semua sudah dilakukan, serahkan sepenuhnya kepada Allah semata karena Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Berkehendak, Maha Segalanya.

Selamat berakhir pekan, salam hangat untuk keluarga tercinta.

Abi Sabila

*gambar dipinjam dari http://drullyta.blogspot.com
Label:

Post a Comment

  1. Iya, DUIT itu penting banget. Do'a Usaha Ikhlas Tawakkal. Ada hal lain yang perlu diingat juga. Belajar selalu meminta maaf, berusaha tidak menyakiti hati orang lain, bekerja dengan cara yang jujur dan halal.

    Bagaimana Allah mau mengabulkan do'a kalo masih menyakiti hati orang lain atau melakukan perbuatan haram.

    Bertaubat itu itu tidak mudah karena perlu merendah, dan manusia paling seneng kalo dipuji-puji. Padahal pujian itu melenakan... tinggal pilih sajalah menjadi manusia yang seperti apa...

    ReplyDelete
  2. 4 pilar penting, doa, usaha, ikhlas, tawakal
    kesemuanya memang tidak bisa dipisahkan, dengan menjalankan ke4nya secara seimbang insyaAllah akan tenang hidupnya :)

    ReplyDelete
  3. sepakat dan sependapat!
    Terima kasih untuk tambahannya, Mbak.

    ReplyDelete
  4. makasih wejangannye Bi..:)
    ikhtiar + doa = sukses, insyaALLAH

    ReplyDelete
  5. yahh, artikel dan komennya udah pada lengkap and klop nih! jadi gak perlu dibahas lagi. oke, ..biar ada yg di komentari, gue ngasih say hello aza deh " Met berakhir pekan juga buat sobat-sobit Blogger semua".

    ReplyDelete
  6. Ah adem banget mampir sini Abi..
    sejuuk..
    Makasih abi sudah mengingatkan..

    Happy wiken..

    ReplyDelete
  7. sama-sama, Mbak.
    Demikianlah yang kita harapkan, dan dengan keikhlasan semua terasa lebih indah.

    ReplyDelete
  8. met berakhir pekan juga, Bung.

    ReplyDelete
  9. sama-sama, Teh.
    Selamat berakhir pekan, semoga setelahnya fresh lagi, semangat lagi!

    ReplyDelete
  10. berdoa dan berusaha..berusaha dan berdoa....itu berkaitan erat utk sebuah kesuksesan

    ReplyDelete
  11. Penjelasan doa, berusaha, ikhlas dan tawakal yang belum saya dengar dari siapa pun, terima kasih Abi Sabila

    ReplyDelete
  12. betul, karenanya jangan dipisahkan, jangan pula ditinggalkan salah satunya.

    ReplyDelete
  13. Sama-sama, pak Dadan. Mohon maaf apabila ada kekeliruan, kekurangan atau malah berlebihan.

    ReplyDelete
  14. wah setuju sekali dengan tulisan diatas.. doa adalah kekuatannya... dan iman untuk menunggunya terwujud...

    ReplyDelete
  15. wow, kalau disingkat jadi "duit"~
    tapi memang banar, keempat hal itulah yg diperlukan untuk sukses~ :)

    ReplyDelete
  16. Berdoa tanpa berusaha sama saja bohong,Berusaha tanpa berdoa sama saja sombong.Hal itu memang tidak bisa dipisahkan...terima kasih udah berbagi kang.Semoga kita jadi orang yang suksess yang tidak lupa dari mana kita berasal Allahuma Amin

    ReplyDelete
  17. ya, jangan dipisah-pisahakan, jangan pula salah satunya ditinggalkan.

    ReplyDelete
  18. Artikelnya bagus dan mencerahkan :)

    Intinya berdoa, berusaha, menjalankan hidup yg sesuai dengan perintah Tuhan dan berserah pada rancangan yg Tuhan sediakan.

    Karena yg namanya rejeki, itu semuanya ada pada kehendak yg Di Atas. Mau kita usaha apapun, doanya pengen jadi konglomerat, kalau Yang Di Atas berpendapat lain, ya ngga akan terjadi juga. Jadi hidup juga harus pakai hikmat, ngga asal minta semua dikabulkan, tapi biarlah rencana yg Di Atas pasti selalu baik asal kita hidup di jalanNya.

    Amin.
    Salam blogger!

    ReplyDelete
  19. sependapat dengan artikel di atas :)
    sukses dunia akhirat ya :)

    ReplyDelete
  20. Setuju sekali, insyaallah rejeki yg d dapatpun akan lebih barokah.
    Aamiin

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.