#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Oleh: Ari Tunsa


Alhamdulillah setelah sekian lama saya off menulis, kini sudah saatnya kembali lagi. Meskipun semangatnya tak seperti dulu. Tak terasa ramadhan sudah memasuki sepuluh hari kedua. Bagaimana puasa kalian? Smoga lancar selalu yah...
Ramadhan memang selalu dihati, karena di dalamnya terdapat banyak sekali hikmah dan pembelajaran bagi kita. Terlebih 'obral' pahala melimpah, semua hal kebaikan yang kita lakukan tidak akan sia-sia kecuali padanya pahala. Dengan syarat harus ikhlas dan karena Allah Subhanahu wa ta'ala semata.


Inilah dua hal yang perlu dipersiapkan untuk dapat meraih pahala:


#Menentukan Target

Suatu hari Jono tiba-tiba berkeinginan mengkhatamkan Al-Quran dalam waktu 3 hari selama bulan ramadhan. Sehingga dalam waktu sebulan ia akan menyelesaikan 10x membaca Al-quran. Hal tersebut membuat teman-temannya kagum.

Setibanya ramadhan Jono benar-benar menjalankan niatnya. Siang-malam ia memegang mushaf, kecuali saat ia bekerja. Nyaris tak pernah tidur Jono ingin targetnya tercapai. Hari pertama dan kedua tanpa kendala, tapi pada hari ketiga Jono sudah merasa tak nyaman dengan target khatam AlQuran dalam 3 hari. Pasalnya pekerjaan dan istirahatnya berantakan.

Teman-teman Jono sudah menasehati untuk segera mengubah target. Namun, mereka tak bisa berbuat banyak, Jono tetap dalam pendiriannya. Sehingga tepat dimalam ketiga, Jono akhirnya jatuh sakit. Kini ia terbaring lemas di rumah selama beberapa hari karena kurang istirahat. Bukannya meraih target, Jono malah membuat sibuk keluarganya.

Apapun target yang kita buat hendaknya sesuai dengan kemampuan kita. Tak perlu 'muluk-muluk' tapi jangan terlalu rendah. Artinya kita sendiri yang mengukur kemampuan diri, maka yang target yang akan kita buat seharusnya disesuaikan dengan diri sendiri. Jangan mengikuti target seperti orang lain, meskipun hal itu tidak dilarang jika kita mampu. Karena Allah berfirman:

[فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُم [التغابن:1

"Bertakwalah kepada Allah semampumu" (QS 64. At-Taghaabun: 16)

#Menyusun Strategi

Sebagaimana perang, beribadah yang lain pun juga perlu strategi agar tidak dikalahkan oleh musuh, syaithan. Artinya beribadahpun harus dengan santai, jangan mengedepankan hawa nafsu "Yang penting melakukan".

Misalnya, kita tak perlu membaca Al-Quran dalam sekali waktu sekaligus agar khatam dalam sebulan. Tapi bisa dengan mensiasatinya dengan cara membaca 2 lembar saja setelah sholat 5 waktu. Dengan estimasi satu juz adalah 10 lembar, dengan begitu 2 lembar x 5 waktu sholat = 10 lembar = 1 juz. Sedangkan sholat 5 waktu adalah dalam waktu sehari semalam. Sehingga kita akan bisa khatam 1 Al-Quran tanpa memberatkan bukan?

Itu hanya sebuah permisalan. Jika kita mampu lebih dari itu tentu saja lebih baik lagi. Intinya kita bisa meraih lebih banyak target yang telah disusun dengan mudah jika strateginya jitu. Pandai-pandai kita saja untuk menjalankannya. Satu yang kita ingat, harus ikhlas dan lillahi Ta'ala.


Yuk mari kita berlomba-lomba mencari pahala

Label:

Post a Comment

  1. berbagi kata kata motivasi gan
    Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
    salam kenal sukses selalu, semoga dapat di terima dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    ReplyDelete
  2. Senang sekali rasanya membaca artikel ini, sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan buat saya
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. Target itu penting agar arahnya jelas, dan strategi tentu melancarkan segalanya.

    ReplyDelete
  4. memang benar beribadah sesuai kemapuan dan menjauhi disa wajib hukumnya

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.