#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Credit

Oleh Umi Marfa

Di era sekarang, semua orang yang mengenal internet pasti pernah berkunjung ke blog orang, entah itu blogwalking atau sekadar mencari informasi. Bagaimana tidak, blog sekarang pun sudah menjadi salah satu materi di pelajaran anak-anak sekolah. Atas bantuan @Warung_Blogger saya bisa men-share postingan dan mendapatkan beberapa tanggapan. Terima kasih kepada admin-admin Warung Blogger yang sukarela membantu para blogger. Sebagai ungkapan terima kasih, apa salahnya urun artikel? Ini kalau lulus proses editing. Sumpah saya enggak mau remedial. Skip.


Apa sih yang membuat blogger bahagia? Ada yang mengunjungi blog mereka, itu sudah cukup. Apalagi jika postingan tersebut bermanfaat, ada motivasi untuk terus menulis dan mempelajari hal-hal yang baru. Jika blogging sudah menjadi hobi, apalah arti uang buat ke warnet, buat modem. Kebahagiaan yang blogger dapat bukan selalu materi, tetapi kepuasan batin, materi itu bonus, bisa hasil giveaway atau job review. Nikmat. Nah, ternyata pengunjung blog itu banyak macamnya. Menurut saya, inilah tipe-tipe pengunjung blog :

1. Silent Reader
   Tipe yang paling banyak seantero jagad. Jadi tipe ini lebih suka baca diam-diam dan tidak memberi komentar.

2. Pelajar
    Salah satu fungsi internet adalah sebagai media pendidikan, Kurikulum 2013 juga mewajibkan siswanya aktif mencari materi secara mendiri. Pelajar sering mencari informasi atau artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran sebagai tugas. Biasanya tipe pelajar ini meng-copy-paste artikel yang ada di blog tanpa sumber dan tanpa mngucapkan terima kasih pada kolom komentar. Iya, ini pengalaman saya juga. Tetapi sekarang tidak, mengucapkan terima kasih itu harus, saudara-saudara. Namun ada sisi negatif juga. Ketika ulangan, banyak pelajar yang menggunakan media internet untuk mencari jawaban, ini dinamakan menyontek versi modern. Maka dari itu, sekolah sebaiknya harus memberi peraturan yang ketat, tidak ada gadget dalam ruangan ulangan bukan hanya ujian.

3. Mampir
   Tipe ini dapat dilihat dari komentar yang ditinggalkan. Meskipun komentar dalam bentuk kalimat tanya, ketika kita sudah menjawab pertanyaannya, belum tentu dia akan kembali ke blog kita. Ya, namanya juga mampir. Atau yang mampir ini hanya sekadar balas budi karena kita sudah memberi tanggapan di blognya. Oh, asyiknya blogwalking.

4. Kritikus
   Pengunjung tipe ini bukan saja memberi komentar tentang isi postingan, tetapi juga komentar tentang penggunaan kalimat yang tidak sesuai, kata typo bahkan gambar postingan. Pengunjung yang ini memang sangat membantu.

5. Promosi
  Ini tidak peduli dengan apa isi postingan kita, yang penting apa yang ia promosikan tersebar sehingga terkesan spam.

6. Stalker
  Yang satu ini adalah kelanjutan dari stalker sosial media gebetan seperti Twitter, Facebook, Path, Instagram, Sound cloud, dan sebagainya. Namanya juga stalker, kemungkinan dia adalah silent reader atau komentar menggunakan anonim. Bedanya dengan sosial media, stalking blog itu lebih bermanfaat dan tidak terancam kepencet favorit. Aman.

7. Generasi Salkomsel
   Awal punya Facebook, tidak ada kebahagiaan lain selain status yang saya tulis mendapat banyak “jempol”, tidak peduli senang atau sedih, dari sinilah saya mengenal Salkomsel—bukan nama orang tentunya—tetapi semacam balas membalas bom like dan terkadang ada yang komentar Salkomsel (singkatan Salam Kompak Selalu-entah siapa yang menciptakan) dan “Like balik, ya!”. Ternyata Salkomsel ini masih ada, bukan di Facebook tapi di blog, tipe ini merupakan gabungan dari promosi, silent reader dan mampir. Biasanya hanya komentar singkat-singkat seperti “Nice info” lalu di bawahnya ditulis nama blog sendiri dan cenderung seperti tidak membaca postingan, sebenarnya ini promosi secara tidak langsung dengan berharap blognya dikunjungi banyak orang. Tipe pengunjung ini ada di mana-mana, ada di blog kuliner, personal, travelling, bahkan fashion.

Jadi, kamu tipe pengunjung yang mana?
Label:

Post a Comment

  1. Nice info. Berarti saya termasuk yang...? :)

    ReplyDelete
  2. Sudah pernah dikunjungi sama semua tipe pengunjung blog yang disebut di atas hehehe

    ReplyDelete
  3. Saya jarang buka blog saya jadi kayaknya saya tipe mampir -_- *lalu hening*

    ReplyDelete
  4. kalo dulu yang paling sering ngunjungi blog saya pasti salkomsel =))
    saya sendiri sih pengunjung yang mengikuti tata tertib yang baik. Halahh

    ReplyDelete
  5. Saya tipe blogwalking utk cari ide update blog saya sendiri. Tanggapan tidak langsung utk blog yang saya kunjungi. Cek saja di www.dunia-digital.com

    ReplyDelete
  6. ternyata saya termasuk silent reader :-) dan juga kadang-kadang jadi..... stalker :>)

    ReplyDelete
  7. aku yang mana ya? aku ini siapa ya? *tiba-tiba hilang ingatan, hahaha*

    kadang jadi silent reader, kadang juga komentar. gimana dong?

    ReplyDelete
  8. sepertinya saya hampir termasuk semua tipe yang dijelaskan, kecuali yang kritikus, suka juga sih kripik2, tapi fokus ke isi, bukan tipo atau diksi.. eaaa....

    ReplyDelete
  9. kalo aku sih lebih ke mampir dan kritikus min :D

    ReplyDelete
  10. setiap orang punya cara masing-masing kan. hihihihi
    tapi blogwalking itu seruuuu... :D

    ReplyDelete
  11. sebagai pemula saya termasuk pada tipe kepo :-D blog-blognya orang..., menikmati dan membacanya sampe selesai dan meninggalkan komentar . Kalau tulisannya senada dengan saya maka akan saya follow

    ReplyDelete
  12. kalo aku lebih ke mampir min

    ReplyDelete
  13. haahah... untung cuma beberapa :p

    ReplyDelete
  14. saya lebih sering menjadi yang pertama (silent reader) walaupun pernah juga menjadi ke-6 jenis lainnya :D

    ReplyDelete
  15. untung g termasuk semua nya ckckckckc

    ReplyDelete
  16. Sepertinya, saya termasuk Silent Reader... Namun, jika artikelnya bermanfaat pasti saya berkomentar. Rata-rata artikel blog orang lain sangat bagus dan enak untuk dibaca, yang tadinya g tau jd tau saya.
    Terimakasih sudah berbagi mas Admin...

    ReplyDelete
  17. Salkomsel. Hahahaha.

    Ada yang juga tipe pertamax loh.

    Paling sebel sama yang iklan jualan obat 😜

    ReplyDelete
  18. Kayaknya saya tukang mampir deh. Beberapa yang lite, ringan tidak sering dikomentarin. Kalau yang memang berhubungan sama niche ataupun apa yang sedang saya cari, saya akan berkomentar.

    Jika kepentingannya tinggi terhadap respon pemilik blog, saya akan centang notify me atau subscribe blognya.

    Kritik? kadang-kadang gan. Tapi biasanya tidak dalam bentuk komentar. Bisa saja dalam bentuk perbicangan ringan dengan kawan, ataupun tulisan di blog pribadi tanpa menyebut blog atau bloggerya.

    ReplyDelete
  19. Aku sering termasah jenis yang nomor 1 karena jarang comment.
    Tapi sekarang mau berubah. Belajar meninggalkan comment. Sekalian meninggalkan jejak :)
    Makasih artikelnya.
    Aku suka :)

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.