Akhir tahun. Setidaknya ada beberapa faktor yang membuat setiap penghujung tahun menjadi identik dengan liburan. Pekan Natal dan Tahun Baru di akhir Desember, bonus tahunan yang biasanya cair (untuk mereka yang bekerja kantoran), dan mungkin jatah cuti yang masih tersisa menjadikan kombinasi sempurna untuk segera mengepak koper, atau ransel lalu pergi mencari ‘pelarian’ sementara dari rutinitas selama setahun penuh.

Sekarang kita memiliki kemudahan dalam menentukan tujuan berlibur seiring dengan banyaknya instrumen yang memudahkan seperti sosial media, aplikasi traveling dengan segala kefleksibilitas metode pembayarannya, rute transportasi yang semakin luas, dan paket promo berlibur yang cukup mengiurkan di pameran-pameran.

Artikel ini bisa membantu untuk menentukan tujuan berlibur di akhir tahun. Tidak bisa dipungkiri, walaupun banyak kemudahan dalam mengambil referensi seperti yang disebutkan di atas, masih banyak yang sudah mengajukan cuti, menetapkan budget, tetapi belum tahu mau ke mana.

Jawabannya adalah Jakarta. Kota ini sering kali luput dari daftar tempat wisata tujuan berlibur. Bahkan penduduknya sering kali meningggalkan kota ini untuk berplesir. Padahal, jika mau mengeksplor sedikit, Jakarta memiliki destinasi menarik yang tidak bisa dianggap ‘biasa saja’. Berikut adalah wahana wisata yang bisa dikunjungi di Jakarta:

1. Kepulauan Seribu  
Satu-satunya kabupaten di DKI Jakarta ini bisa dibilang sebagai primadona wisata alam di Jakarta. Dahulu mungkin hanya terkenal Pulau Tidung. Sekarang Kepulauan Seribu seperti menemukan potensinya. Banyak pulau-pulau baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni bisa dikunjungi. Variasi harganya pun banyak. Bisa memilih liburan ala taipan minyak dengan kapal pesiar lalu menginap di resort mewah, atau gaya backpacker dengan hanya bermodalkan tenda dan bekal seadanya.

2. Sejarah 
Ada museum apa di Jakarta? Dengan datang ke Jakarta saja kita seolah sedang memasuki museum. Beberapa titik di Jakarta mempunyai sejarah tersendiri yang menarik. Sejarah Jakarta memang terpusat di Kota Tua, Batavia tempo dulu. Di sini ada Museum Fatahillah yang merupakan balai kota zaman VOC, ada Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Museum Keramik, dan beberapa bangunan bernuansa kolonial.

Di Jakarta, kita bahkan bisa wisata ke kuburan. Di daerah Menteng Pulo ada pemakaman Belanda (Ereveld) yang berisi makam para mendiang tentara KNIL yang tewas di penghujung Perang Dunia II. Di sana ada makam jenderal Belanda dan Inggris yang memegang peranan dalam roda sejarah Indonesia.

Tempat-tempat ibadah di Jakarta juga bisa dikunjungi sebagai wisata rohani sekaligus sejarah. Ada Mesjid Istiqlal, masjid terbesar seAsia Tenggara yang merupakan proyek mercusuar Bung Karno dalam menyambut Asian Games 1962. Ada katedral. Dan beberapa klenteng di seputaran Pasar Baru, dan Glodok.

3. Theme Park 
Dufan! Apa lagi? Taman bermain berwahana paling legendaris. Banyaknya theme park baru dengan berbagai konsep tidak membuat taman yang terletak di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol ini meredup. Dufan tetap menjadi favorit, ditambah seringnya memberikan promo dengan syarat dan ketentuan tertentu.

4. Belanja! Liburan tidak melulu harus mengunjungi suatu tempat lalu relaksasi di tepi pantai sambil minum air kelapa, toh? Mendatangi mall, mengelilinginya, lalu membeli beberapa barang juga termasuk berlibur. Mall apa yang ada di Jakarta? Woho, banyak! Mulai dari mall yang harga dagangannya grosiran, hinga yang memiliki layanan valet parkir dan komoditas yang dijualnya barang luks, semua tersedia di Jakarta. Perlu satu postingan tersendiri untuk menyebutkan mall di Jakarta per wilayah berikut karakteristiknya. Kamu punya banyak uang? Kamu berjiwa hedon? Konten Instagram tempat makan fancy? Go ahead, Jakarta is paradise!

Demikian sedikit dari banyak hal yang bisa dilakukan untuk berlibur di Jakarta. Oh iya, ada kelebihan lain berlibur di Jakarta dibanding kalau kita ke daerah lain. Karena Jakarta adalah ibukota negara, jadi akomodasi dan transportasi tidak perlu diragukan lagi. Tidak perlu repot memikirkan akses ke tempat wisata. Dengan kekuatan Commuter Line, Transjakarta, dan angkutan online, kita hanya perlu bersabar dalam menghadapi kemacetan. Ditunjang pula dengan bervariasinya tempat menginap mulai dari hotel berbintang sampai guesthouse.

Enjoy Jakarta!

Post a comment

  1. Yang nomor 4 kayaknya enggak dulu deh. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  2. Kota tua di Jakarta yang menjadi most favorite destinasi wisata di Jakarta. Most favorit yang belum kesampaian untuk explore di sana maksudnya.

    ReplyDelete
  3. Jakarta! Aku belum pernah ke Jakarta khusus liburan doang. Nanti mau ke tempat2 di atas ah kalau kesampaian. Terutama ke Kepulauan Seribu itu, impian banget.

    ReplyDelete
  4. Kalau aku dih "enjoy jakarta" dengan makan enak dan pergi mengunjungi wisata sejarah. Kalau buat yang laen sepertinya belum dulu deh

    ReplyDelete
  5. Anakku nagih pengen ke Dufan, soalnya dulu pas ke DUgan dia masih kecil baru 2 tahun, jadi dianya nggak inget, mesti direncanaik nih liburan ke ibu kota hehehe

    ReplyDelete
  6. Belanjanya ke pasar tanah abang juga. Lumayan katanya murah

    ReplyDelete
  7. Pingin banget menikmati kota Jakarta dengan segala kemudahan transportasinya.
    Tapi belum berkesempatan...
    Suami suka males duluan kalo diajakin naik Trans Jakarta.

    Padahal nyaman kan yaa...

    ReplyDelete
  8. wiihh kubaru tahu ibukota menawarkan tempat yang oke nih, asiklah ya,,, hehehe
    sejujurnya ku kangen main ke dupan, lama bats keknya, ngga sempet mele mainnya hiks
    Enjoy Jakarta!

    ReplyDelete
  9. Kalo ke Jakarta aku pengen menikmati hiruk pikuk kotanya. Karena di Jepara nggak ada dong. Ehehe

    Tempat wisatanya ikut rombongan aja. Wkwk

    ReplyDelete
  10. Jakarta,. meskipun banyak problema didalamnya tapi aku suka, dan memilih melihat sisi keindahannya daripada keruwetannya.

    ReplyDelete
  11. Dufan itu sudah seperti iconnya jakarta ya. Gak lengkap ke jkt kalo gak main ke dufan

    ReplyDelete
  12. Wisata macet aja kalau di Jakarta mah, cukup naik transjakarta 3500 untuk seluruh Jakarta, itu bisa plus rasakan sensasi berjubel, yang gk da di daerah lain.

    #wisatamacet

    ReplyDelete


Powered by Blogger.