#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Hi, WargaWB!

Apa  yang pertama kali kamu lakukan ketika mencari sebuah info di dunia maya? Pastinya kamu akan mengetikkan kata kunci tertentu. Dengan harapan agar kita bisa menemukan jawaban dari pertanyaan kita  melalui mesin pencarian. 

Namun pernahkah kamu dibuat jengkel gara-gara mesin pencarian tak memberi hasil memuaskan? Saat mengetik kata tertentu justru kita bertemu artikel yang mblarah kemana-mana. Tak relevan sesuai kata kuncinya atau kadang malah menjurus ke hal-hal yang berbau negatif. Lihat saja kata kunci "anak SMA", "anak SMP", atau "Cerita Tante", di halaman awal mesin pencarian lebih banyak kita temui artikel-artikel yang memprihatinkan.

Ya, Google tak selamanya memuaskan penggunanya. Meski banyak orang yang mengatakan jika mbah Google adalah mahaguru di dunia maya. Tapi, Google hanyalah sebuah piranti buatan manusia. Hanya semacam bank data dan manusialah yang mengisi data-data di dalamnya sesuka mereka.

Latar belakang itulah yang membuat Warung Blogger merasa perlu untuk melakukan sesuatu. Sebagai sebuah warung di dunia maya,  para warganya diharapkan bisa  pula menyajikan artikel-artikel yang lezat serta bergizi bagi pembacanya. Bergerak bersama dalam satu gerakan bernama Bermain Kata Kunci (BKK).

Warung Blogger pernah membuat gerakan ini beberapa tahun yang lalu dengan nama Peduli Kata Kunci (PKK). Dan kiranya gerakan peduli kata kunci ini mendapat respon yang baik dari kalangan blogger. Dan kali ini, setelah beberapa lama vakum, kami ingin mengajak teman-teman blogger di Indonesia untuk kembali peduli terhadap kata kunci. Bukankah menyenangkan jika sesuatu yang kita tulis dapat memberikan manfaat bagi orang lain?

Bermain Kata Kunci (BKK) 2018

Namun, konsep gerakan Bermain Kata Kunci (BKK) yang sekarang ini sedikit berbeda dengan Peduli Kata Kunci (PKK) yang sebelumnya. Jika sebelumnya gerakan peduli kata kunci ini diperlombakan, sekarang Warung Blogger ingin mengkampanyekan gerakan peduli kata kunci ini sebagai sebuah kebiasaan. Sama seperti sebelumnya, setiap periode Warung Blogger akan memberikan satu buah kata kunci yang akan menjadi tema untuk bisa kamu tulis pada blog pribadi kamu. Tema tersebut akan membidik kata kunci tertentu.

Apakah ini lomba SEO?

Ehm, bisa ya, bisa tidak. Maksudnya semakin banyak teman-teman blogger yang terlibat dalam Bermain Kata Kunci (BKK) ini, tentu semakin mudah untuk kita, para blogger, memengaruhi dan memperbaiki kata kunci ‘aneh’ yang selama ini beredar pada mesin pencarian. Namun, sekali lagi. Bermain Kata Kunci (BKK) kali ini bukan sebuah perlombaan. Mari kita bersama-sama membuat sebuah kebiasaan menulis untuk memajukan, katakanlah, pendidikan, sudut pandang, atau mungkin bangsa ini. Dengan kita memberikan ‘tekanan’ pada mesin pencari tentang kumpulan kata kunci yang baik, tentu di masa yang akan datang kita akan merasa lebih aman ketika anak cucu kita nanti berlama-lama di mesin pencari.

Jadi, gak ada hadiahnya, donk!?

Kami, Warung Blogger, bukanlah komunitas profit, kami berharap Bermain Kata Kunci (BKK) ini akan menjadi gerakan panjang yang berkesinambungan, sampai jauh nanti. Untuk waktu selama itu, kami tidak berani menjanjikan hadiah berupa tunai, produk atau semacam itulah. Jika dalam periode tertentu kami mendapatkan sponsor, tentu kami akan dengan senang hati memberikan hadiah untuk para pemenang.


Namun, sementara waktu kami akan memberikan kompensasi lain kepada beberapa orang dengan tulisan terbaik. Kami akan membuat sebuah resensi dari 3 tulisan terbaik setiap periodenya untuk kami muat dalam rubrik ‘Tulisan Pilihan’Pada resensi tersebut kami akan mencantumkan profil penulis terpilih, serta tentu saja kami akan memberikan link aktif kepada blog milik penulis. Selain itu, profil penulis akan kami ulas pada akun media sosial Warung Blogger.

Wah, menarik. Bagaimana dengan sistem penilaian? Siapa jurinya?

Penilaian dilakukan dengan memperhatikan beberapa poin. Diantaranya adalah seberapa dekat tulisan Anda dengan tema yang kami berikan. Dan juga, seberapa baik Anda membuat tulisan yang informatif. Gambar, video, infografis, data-data pendukung, serta pencapaian Anda dalam mesin pencarian akan menjadi poin lebih dalam proses penilaian.


Ini adalah gerakan dari blogger, oleh blogger dan untuk blogger. Untuk proses penjurian pun kami akan meminta bantuan teman-teman blogger secara bergantian. Setiap blogger yang terpilih dan atau bersedia menjadi juri, akan mendapatkan hak yang sama dengan para penulis pilihan pada masing-masing periodenya. Oh, tentu saja blogger yang menjadi juri harus memiliki, setidaknya, informasi yang cukup tentang tema yang ditentukan.

Kapan gerakan peduli kata kunci akan dimulai?

Segera, dalam waktu dekat ini kami akan memulai Bermain Kata Kunci (BKK) sebagai sebuah gerakan peduli kata kunci yang baru. Akan kami informasikan melaui akun media sosial Warung Blogger serta melalui surat elektronik kepada WargaWB yang telah melakukan pembaruan data.


Bagaimana? Sudah siap berfoya-foya dengan kata kunci Anda? Kami berharap banyak gerakan ini dapat terwujud dengan baik. Kami mohon bantuan teman-teman blogger semua. Mainkan kata kunci Anda. Tuliskan, lalu biarkan ia menemukan nasibnya sendiri pada mesin pencarian. 

Terima kasih.

Post a Comment

  1. Wah, enggak sabar nunggu nih buat bermain kata kunci 😀

    ReplyDelete
  2. Akan saya upayakan. Masih harus berbagi komputer dengan anak, he he.
    Ambil jeda duklu untuk istirahat sembari mikir akan nulis apa. Asal jangan kelamaan mikirnya lalu malah lupa. Ini hal buruk bagi saya: alami penurunan daya ingat, he he.
    Selamat hari blogger nasional.

    ReplyDelete
  3. Programny keren min , sbg blogger memang harus terus mengupgrade skill. Semoga programnya lancar selalu yaa

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.