#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Pendahuluan

Bahasa Indonesia bukanlah bahasa dengan sistem yang tunggal. Sebagai bahasa yang hidup, bahasa Indonesia mempunyai variasi-variasi atau ragam-ragam, yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri dalam proses komunikasi (Sloka, 2006:118). Variasi-variasi tersebut sejajar, dalam pengertian tidak ada yang lebih tinggi daripada yang lain. Salah satu variasi tersebut “diangkat” untuk mendukung fungsi-fungsi tertentu. Variasi tersebut dinamakan bahasa baku atau standar. Variasi-variasi yang lain, yang disebut variasi nonbaku atau nonstandard, tetap hidup dan berkembang sesuai dengan fungsinya, yaitu sebagai alat komunikasi dalam situasi yang tidak resmi.

Dalam kehidupan sehari-hari kita lebih terbiasa berbahasa dengan variasi nonbaku. Bisa dimaklumi, karena ‘kaku’ dan ‘menyebalkan’ sekali tampaknya jika dalam interaksi sosial sehari-hari, bersama teman atau keluarga misalnya, harus menggunakan bahasa yang baku. Namun hal ini sedikit banyak memengaruhi kebiasaan dan pola yang kita lakukan ketika menghadapi situasi resmi. Seperti misalnya ketika kita menghadiri rapat, menulis tugas, atau ketika mengerjakan karya tulis ilmiah kita seringkali lupa menggunakan variasi baku.

Menurut Safriandi, melalui bukunya, kekeliruan berbahasa tidak terjadi secara sistematis, bukan terjadi karena belum dikuasainya sistem kaidah bahasa yang bersangkutan, melainkan karena kegagalan merealisasikan sistem kaidah bahasa yang sebenarnya sudah dikuasai. Dan kegagalan merealisasikan kaidah bahasa boleh jadi karena kita terlalu sering melupakannya. Secara umum, kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam berbahasa, baik tulis maupun lisan, dapat diklasifikasikan dalam tiga kategori, yakni kesalahan struktur, kesalahan diksi, dan kesalahan ejaan.

Visi Warung Blogger membantu meningkatkan kepedulian terhadap Bahasa Indonesia

Oleh karena itu sebelum batas variasi bahasa baku atapun nonbaku semakin samar. Warung Blogger ingin mengajak teman-teman narablog untuk kembali mengingat atau mengingatkan tentang kaidah bahasa Indonesia sesuai dengan yang ditetapkan. Karena, bagaimanapun, sebagai penulis di ranah digital hal ini teramat penting untuk kita ketahui, lalu kemudian kita aplikasikan.

Bahasan yang akan kami angkat secara berkala adalah tentang ejaan, imbuhan, awalan, akhiran, diksi, struktur kata dan kalimat, penggunaan tanda baca, gugus vokal dan konsonan, partikel dan… astaga, ternyata banyak sekali yang harus Warung Blogger bahas.

Apakah kami sanggup? Belum tentu, mengingat banyaknya materi yang harus kami bahas. Tapi kami tetap optimis karena kami yakin Anda pun akan bersedia membagikan apa yang Anda ketahui untuk, sekali lagi, mengingatkan banyak orang tentang pentingnya kaidah berbahasa. Jadi, marilah kita bersemoga agar kami dapat konsistem membahas tentang kaidah kebahasaan. Dan, kami pun menunggu artikel dari Anda untuk melengkapinya.

Bahasan yang sudah tersedia adalah sebagai berikut:

Kata Depan 'di'


Jadi, masih banyak bahasan yang masih bisa ditulis. Untuk mengirimkan artikel Anda dapat membayar syarat dan ketentuannya pada laman Urun Artikel



Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.