pic source: unspslash

Musim liburan akhirnya tiba juga.  Kota-kota yang biasa menjadi tujuan wisata tentunya sudah mulai dipadati oleh wisatawan yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan rencana liburannya. Tapi tak sedikit juga yang memilih untuk menghabiskan akhir tahun dengan liburan di rumah saja.

Liburan di rumah saja enggak asik? Duh, kata siapa itu. Bagi sebagian orang daripada harus bermacet-macetan menuju destinasi liburan atau mau foto di tempat wisata saja penuh sesak, liburan di rumah dirasa lebih menyenangkan. Apalagi kalau liburan di rumahnya memang direncanakan agar bikin betah dan nyaman.

5 Cara Menikmati Liburan di Rumah yang Seru

Biar liburan di rumah terasa menyenangkan berikut ini ada 5 ide yang mungkin bisa kalian terapkan di liburan akhir tahun ini:

1. Mengatur ulang tata letak furniture

Mumpung menyambut tahun baru, enggak ada salahnya mengatur ulang tatak letak furniture untuk memberikan suasana baru. Dekorasi rumah juga juga bisa diubah. Tak perlu membeli barang-barang baru kok. Coba daur ulang barang-barang yang ada. Ajak anggota rumah untuk menyumbangkan idenya.

Selain mengatur ulang tata letak furniture, sekalian saja bersih-bersih rumah. Kalau ramai-ramai dengan anggota keluarga kan tentunya tidak secapek saat bersih-bersih sendiri.

2.Baca buku

Suka numpukin buku baru dan merasa enggak sempat membacanya? Nah, liburan di rumah menjadi kesempatan untuk mulai mencicil menyelesaikan buku-buku yang belum sempat dibaca itu.

Selain menikmati bacaan, membaca buku juga menambah ilmu baru loh. Agar kemampuan menulis blog terus terasah dengan baik sempatkan juga membaca buku belajar nge-blog.

3. Bikin permainan keluarga

Lupakan sejenak dengan gadget, libur di rumah adalah waktu terbaik untuk membangun quality time dengan keluarga. Bikin permainan-permainan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Monopoly, Ludo, Ular Tangga, adalah sedikit contoh yang bisa dilakukan bersama. Atau tak ada salahnya menciptakan permaian baru.

Bisa jadi permainan baru yang diciptakan menjadi sebuah tradisi baru di keluarga, dan menjadi kenangan tersendiri saat anak-anak sudah besar nanti.

4. Masak bareng-bareng

Liburan di rumah jadi terasa seru ketika mengajak anggota keluarga untuk masak bareng-bareng. Tentunya secara enggak langsung kita jadi sekaligus mengajarkan anak kemampuan memasak. Coba cari resep baru lewat internet, kenalkan bumbu-bumbu dapur pada anak.

5. Undang teman dan kelaurga ke rumah

Jalin silaturahmi dengan mengundang teman, tetangga, dan keluarga ke rumah.Main game, nonton bareng, ngobrol, atau curhat bisa dilakukan untuk menjalin keakraban. Bikin acara barbeque di rumah, untuk bahan makanannya bisa patungan agar meringankan.

Nah itu tadi 5 hal yang bisa kalian lakukan untuk menikmati liburan di rumah. Sebenarnya masih banyak hal lainnya yang bisa kita explore. Bila berdiam diri di rumah terasa membosankan, tak ada salahnya untuk pergi ke tempat yang tak jauh dari rumah, seperti taman terdekat. Atau bila kalian tinggal di Jakarta, kalian bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk liburan di Jakarta.
Label:

Post a Comment

  1. Masak bareng2.. itu yang paling seru.. apalagi kalau yg dimasak enak ga cepat laris.. biar kata ga kebagian tapi lelah terbayarkan kalau semua pada senang dgn masakannya..

    ReplyDelete
  2. Masak bareng, iyes, aku setuju banget dengan yang ini nih, karena masak dan hasilnya dimakan bersama bikin rumah makin hidup

    ReplyDelete
  3. Hmmm aku biasanya menerapkan yang poin 5. Tapi lokasinya gak harus di rumahku sih, melainkan bisa di di rumah saudara.
    Jadi, aku dan Ibu masak sarapan. Terus sarapannya dibawa ke rumah saudara. Terus makan bareng deh, hehe

    ReplyDelete
  4. Baca buku? Kalo Eny baca semua komik yang ada 😂 kalo buku palingan novel aja sih

    ReplyDelete
  5. Baca novel, kmrn gak selesai2 haha #tetep :P
    Kalau aku nonton film atau drama marathon hehe :D
    Pas kok ya liburan kemarin semua channel berlangganan dibuka jd ya nikmati aja fasilitas hehe :D

    ReplyDelete
  6. Sebelum menikah, liburan di rumah yang paling asyik adalah baca buku. Tapi, setelah menikah dan punya anak, liburan dirumah yang paling asyik adalah main sama anak istri, manja-manjaan, hahahaha.

    ReplyDelete
  7. Aku kemarin nata buku2, kujemur juga. Habis ini mau mulai baca

    ReplyDelete
  8. Salah satu cara menikmati libur dirumah dengan cara tidur.

    ReplyDelete
  9. Makasih tipsnya, liburan kali ini saya sama keluarga lebih banyak habiskan di rumah, tapi alhamdulillah anak-anak tetap fun karena kegiatan masak bareng di rumah

    ReplyDelete
  10. Kalau saya sih, paling sering guna mengisi waktu libur adalah dengan tidur, baca buku, olahraga, menulis, lalu tidur lagi, mager, males malasan, selonjoran lalu tidur lagi, Repeat.

    ReplyDelete
  11. Wah nomor lima perlu nih dilakukan kalau nanti aku udah punya rumah sendiri. Zaman single dan masih sekolah aku sering ke rumah teman atau teman yang ke rumahku dan jadi kenangan yang berkesan:)

    ReplyDelete
  12. 5 cara berfaedah yaa. Aku juga mau tambahin kalo kita bisa berkebun atau bercocok tanam gitu di rumah untuk menghabiskan waktu libur*

    ReplyDelete


Powered by Blogger.