Selamat tahun baru, Warga WB! Semoga di tahun 2019, kita semua selalu dipenuhi sukacita dan keberhasilan. Jika kalian memiliki resolusi untuk menjadi lebih baik di tahun 2019, tidak ada salahnya membaca self help book  atau buku motivasi. Kamu bisa belajar hal baru, meningkatkan kesejatraan diri, dan memenuhi hari dengan kata-kata inspirasional yang kemudian menjadikan hidup lebih bermakna.

Berikut adalah 4 buku self help yang bisa membantu dan mengubah hidupmu ke arah yang lebih baik. Buku-buku ini juga menemani saya selama tahun 2018 dan harus saya akui buku-buku ini memberikan hal baik yang bisa saya nikmati.


       1. Spark Joy by Marie Kondo
     



Bagi kamu yang merasa kamar atau rumah selalu  berantakan padahal sudah dirapikan, buku ini akan sangat membantu. Marie Kondo adalah alih bersih-bersih dari Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Buku ini mengajarkan tentang cara bersih-bersih dan mengatur rumah kita. Dalam bukunya Marie mengatakan bahwa kadang orang tidak dapat merapikan kamar atau tempat tinggalnya karena menumpuk hal-hal yang tidak penting. Beberapa prinsip bersih-bersih yang diterapkan Marie adalah menyimpan barang yang “spark joy” atau memberikan kegembiran bagi kita, merapikan sesuai kategori bukan tempat dan merapikan sesuai dengan urutan. Urutan untuk merapikan adalah pakaian, Buku, kertas-kertas, alat-alat aksesoris, dan hal-hal sentimental seperti kenangan-kenangan dari mantan *ehem.

Buku ini membuat kita jadi lebih menikmati bersih-bersih dan hasilnya memang bikin kamar kita lebih lega.


2. Designing Your Live by Bill Burnett & Dave Evans


Buku ini mengisahkan tentang bagaimana cara mendesain hidup kita layaknya mendesain rumah. Beberapa hal penting yang ditawarkan buku ini misalnya kegagalan ada kesuksesan yang tertunda, hanya khawatir pada hal yang bisa kamu kontrol, dan kebahagian ialah merelakan apa yang tidak kau butuhkan. Buku ini bagus jika kamu mulai untuk mendesainkan hidupmu ke hal yang baru.


3. The Power of Meaning by Emily Esfahni Smith


Buku ini mengeksplorasi lebih dalam tentang kebahagian. Menurut Smith kebahagian adalah hal yang superficial, untuk bahagia beberapa orang melakukan sesuatu seperti berbelanja, makan makanan manis. Namun hal tersebut tidak membuat kebahagian mereka bertambah jika mereka tidak tahu makna kebahagian itu sendiri. Makna hidup lebih dalam dari kebahagian. Makna hidup lebih kepada melakukan hal baik daripada merasa baik. Smith menyimpulkan makna dalam 4 cara yaitu: Hubungan kita dengan orang lain, melakukan sesuatu yang berarti untuk komunitas, melakukan pengalaman-pengalaman berharga, dan melakukan sesuatu yang luar biasa yang kita pikir tidak bisa kita lakukan. Buku ini  menarik untuk dibaca untuk kamu yang merasa stuck atau kehilangan semangat pada apapun yang kamu lakukan selama ini. Buku ini akan memberikanmu pola pikir baru tentang kebahagian dan makna hidup.


4. The Year of Less by Cait Flander



The year of less adalah buku yang ditulis oleh seorang blogger keuangan dari Kanada bernama Cait Flander. Dalam buku ini Cait mengisahkan tentang bagaimana dia mencoba untuk hidup sederhana selama satu tahun. Finansial dan kehidupan Cait baik-baik saja, dia menjadi salah satu finansial blogger terkenal dengan pendapatan lebih dari 30rb dolar setahun. Namun dia mendapati dirinya menghabiskan uang tidak terkontrol dan kesulitan untuk menabung. Hal tersebut membuatnya untuk mencoba hidup hemat dengan cara membatasi belanja hal-hal tidak penting. Pengalaman itu dia tulis selama setahun. pada awalnya berat banget untuk tidak belanja, bahkan membuatnya cemas. Namun kemudian hidup sederhana memberikan dampak yang lebih baik terhadap kehidupannya. Dia mulai mempelajari hal-hal baru yang lebih berguna untuknya, jalan-jalan lebih banyak, dan mendapati hanya menghabiskan 50% dari penghasilannya. Buku ini bagus untuk kita yang kadang suka belanja enggak jelas. Belajar menjadi lebih sederhana di tahun 2019.

Demikianlah 4 buku self help yang bisa membantu kita dalam menghadapi 2019. Aku sarankan membaca buku di atas agar pikiran kita menjadi lebih terbuka. selamat menikmati liburan kalian.


*Penulis: Ajen Angelina 









x

Post a Comment

  1. Terima kasih untuk rekomendasi buku-buku ini, saya memang lebih tertarik dengan buku-buku fiksi, tetapi membaca informasi yang dibagikan ini membuat saya perlu untuk melahapnya..

    ReplyDelete
  2. Keren. Jadi membantu buat merencanakan dan kontrol planing ke depan. Dengan membaca buku seperti ini jadi kita lebih stabil buat menghadapi challenge setiap harinya.

    ReplyDelete
  3. Kalo aku penasaran sama Spark Joy. Mau lihat dan perbandingan juga sih gimana isi tipsnya,

    ReplyDelete
  4. Yang banyak temanku baca dan rekomen sih yang dari Marie Kondo. Buat terapi katanya. Aku mau cari2 juga deh

    ReplyDelete
  5. Sepertinya aku butuh sekali membaca buku ini. Butuh beresin rumah, beresin hati, beresin otak.

    ReplyDelete
  6. Pengen baca yg sparks joy. Sepertinya cocok untukku yg mempunyai kepribadian suka beres2 tp metodenya msh awut2an.

    ReplyDelete
  7. Konmari itu banyak di gembar gemborkan sejak tahun lalu tapi sampai sekarang aku belum baca. Skrg inget dan pengen baca lagi jadinya

    ReplyDelete
  8. Buku dari Marie Kondo pas banget buat Eny yak wkwk

    ReplyDelete
  9. I could not resist commenting. Perfectly written!

    ReplyDelete
  10. Bergegas ke toko buku untuk membaca materinya sebelum dibawa pulang....

    ReplyDelete
  11. Wah buku2 self help, kmrn aku memulai tahun baruku sama Agatha Christie hehe.
    Tapi emang kalau baca buku2 self help bia bikin semangat memulai tahun dan aktivitas baru ya mbak. Thanks rekomendasinya,

    ReplyDelete
  12. Wuah aku penasaran sama buku yang ke-4. Soalnya aku juga lagi berjuang untuk mengatur keuangan. Susyaaaaah banget. Makanya butuh belajar

    ReplyDelete
  13. Aku suka banget sama buku-buku self improvement gini..
    Bisa merubah dari hal-hal kecil, seperti : Tidak menumpuk ((aka mengoleksi)) hal-hal gak guna.

    Hiiks~
    Gak rela sebenarnya, tapi jadi super berantakan deeh kalo ga di kontrol.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih untuk rekomendasi buku self help nya. Kebetulan belum pernah ada satupun yang pernah widya baca, jadi sepertinya harus mulai hunting buku baru nih untuk hidup yang lebih baik :D

    ReplyDelete


Powered by Blogger.