Rezeki itu Tidak Hanya Sekadar Uang Saja
Teman uang Baik Pun Rezeki dari Tuhan
Teman-teman pasti pernah mendengar quotes diatas, baik itu dalam sebuah meme atau mendengarnya langsung dari teman dan sahabat kita. Bagi aku pribadi, ya, aku percaya pada quotes tersebut. Karena mempunyai teman yang baik adalah sebuah rezeki yang tidak ternilai, dan tidak semua orang bisa mendapatkan hal tersebut.


Memang ciri-ciri teman yang baik itu seperti apa sih ??

Ciri-ciri Teman yang Baik : 

1. Bisa menerima semua kelebihan dan kekurangan kita
2. Selalu berbicara jujur meskipun pahit
3. Memberikan semangat agar kita selalu lebih maju
4. Tidak meninggalkan kita di saat-saat sulit
5. Tidak membatasi aktivitas kita
6. Mengenal pribadi kita dengan baik
7. Bahagia saat kita bersuka dan sedih saat kita berduka

Saat kita mempunyai teman dengan ciri-ciri tersebut maka beruntunglah, berarti kita punya teman sejati.

Berbicara mengenai pertemanan, kita bisa mendapatkan teman di mana saja, baik itu di lingkungan rumah, di sekolah, di kampus dan juga di lingkungan kerja. Lalu saat profesi kita sebagai blogger yang tidak mempunyai tempat khusus sebagai tempat bekerja, apa mungkin kita bisa mendapatkan teman terlebih teman sejati?

Jawabannya "BISA", sangat bisa. Aku sendiri mulai memasuki dunia blogging karena tertarik dengan apa yang dikerjakan teman SMP-ku. Dia sering berbagi tulisannya di media sosial, dan juga beberapa pencapaiannya di dunia blogging. Aku penasaran seperti apa sih rasanya jadi blogger? karna satu-satunya hal yang aku tahu tentang blog adalah tugas kuliah saat semester 1, dan aku gak paham sama sekali, tahu beres dikerjakan teman satu kelompok.

Dan saat aku mulai masuk didalamnya, i think its so funny, banyak sekali kejutan didalamnya. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk terjun lebih dalam di dunia blogging. Dengan Join beberapa komunitas blogger mulailah aku berkenalan dengan beberapa teman blogger, dan pastinya itu di dunia maya ya, banyak yang dari luar jakarta juga, tapi kami tetap bisa terhubung melalui internet.

Setelah berkenalan dengan teman di dunia maya, aku pun mulai mencoba untuk daftar ikut acara-acara offline, seperti workshop dan seminar tentang blogging. Dan dari situlah aku pun mendapatkan lebih banyak lagi teman-teman baru.

Suka banyak yang nanya sih, "kamu kenal sama si A dimana?" "kok kenal sih sama si B, teman dari mana ?" Nah buat yang penasaran gimana sih cara mendapatkan teman baru di dunia blogging, aku sedikit cerita ya cara-cara aku kenalan sama teman blogger lainnya.

Cara Mendapatkan Pertemanan Sehat di Dunia Blogger

1. Join Komunitas
Seperti yang aku jelaskan diatas bergabung dengan komunitas sehoby itu sangat banyak manfaatnya,
selain bisa dapat sharing ilmu, juga bisa membuat kita mendapatkan teman-teman baru.

2. Blogwalking
Judulnya kan Blogger, pastinya punya blog dong ya. Kita bisa memanfaatkan blogwalking sebagai salah satu cara mendapatkan teman baru, sekaligus belajar bagaimana menulis yang baik dari tulisan teman-teman yang lain.

3. Interaksi Sosial Media
Jangan ragu untuk tanya akun sosial media teman satu komunitas, dengan follow kemudian saling interaksi dikolom komentar bisa jadi ajang silaturahmi juga lhoh dengan teman satu komunitas, yang mungkin belum pernah bertemu karna jarak yang jauh.

4. Kopdar
Apabila menungkinkan, agendakan bertemu dengan teman satu komunitas, agar lebih ikrib pastinya.

5. Interaksi Saat Event Blogger
Saat ini banyak acara-acara yang mengundang blogger seperti media atau wartawan. Nah jangan sia-siakan momen tersebut, kenalan dong sama teman-teman yang datang, perkenalkan kamu siapa, jangan nunggu disamperin duluan, singkirkan rasa malu, dan mulai tebarkan senyum salam sapa.

6. Jaga Attitude
Dari semua cara yang kita lakukan yang paling penting adalah menjaga attitude, tetap sopan dan santun pada siapapun itu. Jangan pernah mengangap remeh siapapun, bertemanlah dengan tulus dan ikhlas.

Jadi Apa Manfaat Pertemanan Sehat di Dunia Blogger ??

Mempunyai banyak teman gak ada ruginya lhoh, banyak banget manfaatnya malah. Aku sendiri merasakan banyak manfaat setelah berkenalan dengan banyak teman dari berbagai latar belakang yang berbeda. Manfaat yang aku rasakan diantaranya : 
1. Saling berbagi ilmu
2. Mendapatkan ide tulisan
3. Mendapatkan info job
4. Mendapatkan info lomba blog
5. Saat jalan-jalan ke luar kota bisa dapat tour guide gratis
6. Bisa bertukar produk khas daerah masing-masing 
7. Bisa saling mengingatkan saat kita melenceng dari tujuan awal


Tidak sulit kok mendapatkan teman baru, tapi memang tidak semua orang bisa cocok dengan kita pun sebaliknya. Maka jika ada diantara perkenalan tersebut dan kemudian menjadi teman baik, maka sayangilah teman-teman itu, karena rezeki yang kita dapat tidak harus selalu berupa uang kan? teman yang baikpun adalah rezeki dari tuhan.

Nah jadi jangan ragu ya untuk berkenalan dengan teman baru, dan siapa tahu diantara teman baru itu adalah jodoh masa depan kamu.. ihhiiyy. Salam Pertemanan Sehat yaaa ..

Post a Comment

  1. Terima kasih pencerahannya. Sangat setuju dengan tulisan ini. Pertemanan adalah aset berharga untuk saling tumbuh dan berkembang.

    ReplyDelete
  2. Cara mendapatkan pertemanan sehat; poin 1-5 udah pernah, cuma gatau nih poin 6, atitut ku masih jele kayaknya hiya hiya

    ReplyDelete
  3. kalau aku slalu dapat teman yang menerima aku terlebih aku banyak salah dan merekaselalu mengingatkan ku untuk memperbaikinya

    ReplyDelete
  4. bagus tipsnya mas.. tambahin satu lagi ah. Jangan bikin komunitas yang kebanyakan dresscode,hehehe..

    ReplyDelete
  5. Temen baru ku banyak yg dari dunia maya awalnya. Dan mereka yg bikin aku merasa hidup kembali setelah sebelumnya nyaris enggak punya teman. Hiks.

    ReplyDelete
  6. Nah...ini.

    Suami saya heran pas lihat saya kopdar sama satu teman blogger.

    "Kok bisa?" katanya.

    "Kan baru ketemu?"

    Iya. Lucu dan aneh juga. Tapi ya bisa ngobrol.

    ReplyDelete
  7. Pernah dua kali kopdar dengan teman blogger, setelah kopdar kita bisa makin akrab dan saling tukar kabar baik melalui tulisan maupun melalui chat WhatsApp

    ReplyDelete
  8. Tidak bisa dipungkiri menjaga pertemanan dan networking itu penting di dunia perbloggeran. Gak julid2an, gak sikut2an juga penting ya. Betul, rezeki gak selalu berupa materi, teman yg baik jg termasuk.

    ReplyDelete
  9. Aku sih gak pengen jodoh masa depan, tapi pengen cari teman blogger yang se pemikiran dan satu energi yang sama. Susah susah gampang mencarinya. Pernah bikin komunitas kecil, eh malah berantakan karena job dan masalah uang. Mudah2an pertemanan sehat dengan teman2 blogger yang ada sekarang tetap baik terjaga

    ReplyDelete
  10. Salah satunya di komunitas ini, aku jadi bisa berkunjung ke beberapa blog yang tadinya belum aku tau.

    ReplyDelete
  11. Punya teman yg sehat manfaatnya itu banyak banget. Makanya kita juga kudu sehat, sebar hal positif

    ReplyDelete
  12. Betulll.. Jaman sekarang kalau masih antipati sama pertemanan digital, aduh bagai katak dalam tempurung. Berteman dgn teman di dunia maya juga enggak ada salahnya kok. Malah kita jadi makin mengenal dunia.

    ReplyDelete
  13. Kutambahin. Manfaatnya tentu fisik yg sehat karena sering kopdar dan datang event. Pikiran sehat karena bisa sharing materi dgn teman bloger. Hohooo

    ReplyDelete
  14. Berteman memang gak ada salahnya, tapi ya tetap ada pagarnya donk, pas sekali 6 point kunci di atas, muantapp...

    ReplyDelete
  15. Terasa sekali saat jauh dari keluarga dan sahabat-sahabat jaman sekolah dulu.
    Ikut komunitas adalah salah satu cara mencari keluarga (teman dekat) baru di lingkungan yang sama sekali asing buatku.

    Haturnuhun WB.
    Yang telah mempertemukanku dengan sahabat keren di dunia blogging.

    ReplyDelete
  16. Bicara jujur meski pahit itu aku agak sulit meskipun bener2 bff aku, karena tdk semua hal harus diceritakan kalau itu menyakiti hatinya hiks

    ReplyDelete
  17. Nah kalo ada temen yg berani jujur..itu bagus , artinya di pengen kita lebih baik.

    Tapi kadang yg suka marah..kalo kita jujur n dia gak terima..

    Artinya blm anggep kita temen dekat dan sehati

    ReplyDelete
  18. Ihiyyy endingnya kok gini sih. Hahaha. Eh tapi emang bener, sih.

    Aduh komen macam apa ini :D

    ReplyDelete
  19. Salam kenal dari Helenamantra,
    iya, lewat dunia blogging saya jadi punya banyak kawan lintas kota, pulau, bahkan negara. Saat kopdar di event itu yang paling seru, bisa kenalan lebih jauh.

    ReplyDelete
  20. Pertemanan di dunia maya sama pentingnya dg pertemanan di dunia nyata ya kak. Kalau aku suka berteman dg orang yg ramah baik offline maupun online.

    ReplyDelete
  21. Teman yang baik adalah teman yang baik bagi kita dan semua teman.

    ReplyDelete
  22. Kalau ada blogger yang saya suka dan saya pengen kenal, biasanya saya aujin guest post di blog dia. Baru setelah itu saya lanjut dengan interaksi di media sosial.

    ReplyDelete
  23. Setuju sekali kak, Alhamdulillah lewat Blog saya sekarang punya kawan dari setiap provinsi di Indonesia. dari aceh sampai papua. Ini seriuss :)

    ReplyDelete
  24. Saya mulai merasakan itu semua. semoga bisa silaturahmi dengan teman2 blogger deh

    ReplyDelete
  25. Bener banget nih saya merasakan semua. nambah jejaring

    ReplyDelete
  26. Teman yang baik memang rejeki gan bisa memberi sudut pandang berbeda saat kesusahan jadi bisa berpikir sisi positif suatu masalah..

    ReplyDelete
  27. Saya merasakan banget manfaat pertemanan di dunia blog, bisa jumpa teman narablog lain yang sehati meski ada juga yang tak sehati. Dan yang lebih asyik dari kegiatan jelajah blog (blogwalking) adalah bisa beroleh teman yang loyal. Meski pun demikian, saya tak membatasi diri pada lingkaran pertemanan itu-itu saja, berupaya menambah jaringan teman dari grup FB dan WA, juga dari hasil jelajah sana-sini.
    Soal pertemuan narablog, semoga saya bisa ikutan, suatu saat kelak jika sikonnya memungkinkan. Pengen banget bisa merasakan jumpa teman secara langsung dalam suatu acara peliputan. :)

    ReplyDelete
  28. saya sangat setuju dengan quotes diatas, teman yang sebenarnya ialah mereka yang selalu hadir disaat kita berada di titik terendah..

    salam blogger bengkulu

    ReplyDelete
  29. Keinget dulu bisa sampe jadi temen gegara salah satu postingan di blog. Sayangnya setelah ganti blog kontak dia hilang

    ReplyDelete
  30. Suka banget sama yang nama nya blogwalking and paling enak cari teman lewat blogwalking biar sama sama satu pemikiran, Salam kenal admin, alvindwiputra.id

    ReplyDelete
  31. Berteman dengan teman-teman blogger susah susah gampang, kalau cuma di media sosial saja ya. Nah, kalau sudah masuk ke WAG bareng, sering kopdar dan intent mengunjungi dan berbalas komen di blog maupun media sosial, kemungkinan bisa mendapatkan yang sreg di hati. Kalaupun belum sampai sreg di hati, paling tidak harus menjaga pertemanan meski beda pikiran, beda pendapat dan lain sebagainya. Karena bagiku, berteman adalah rejeki yang paling berharga.

    ReplyDelete
  32. Kalau event sepertinya belum ada yang saya ikuti, ya karena belum ada yang mengundang.

    ReplyDelete
  33. Bersyukur saya punya banyak teman blogger, selain berteman secara langsung, juga karena kenal di komunitas-komunitas blogger. Berkah dari pertemanan tersebut, ada aja rejeki yang datang :)

    ReplyDelete


Powered by Blogger.