Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog
Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog

Halo! Sudah berapa tahun kamu punya blog? Blogger memang lagi naik daun banget di era digital ini, karena makin banyak orang yang mudah mengakses internet, dan kita, sebagai Blogger, juga semakin gampang cerita banyak hal di platform menulis. Tetapi, sebagai Blogger, kita punya tanggung jawab penuh terhadap tulisan yang kita terbitkan, lho. Oleh karenanya, ada banyak etika dalam menulis blog. Nah, sudah tahukah kamu apa saja etika tersebut? Ada banyak, sekali. Namun, lima hal di bawah ini harus kamu perhatikan baik-baik.

1. Plagiat itu Haram Hukumnya.
Memang sih, ada pepatah bilang there's nothing new under the sun yang artinya, tidak ada sesuatu yang baru di dunia ini. Tetapi, apa yang kita tulis mestilah dari pikiran sendiri, dan kalau terinpirasi dari orang, kamu nggak boleh lupa menautkan link yang bersangkutan.

2. Dilarang Memajang Foto Orang Tanpa Sumber.
Tulisan bagus, desain blog oke, eh, foto yang mendukung tulisannya juga bagus, tapi punya orang. Dan nggak kamu sertakan sumbernya. Duh, gawat. Ini bisa dibilang maling, nih. Solusinya, kalau kamu lupa atau malas sertakan sumber, lebih baik pakai foto sendiri. Tapi kalau memang mau pakai foto orang, selalu cantumkan sumbernya, ya, dear. Itu saklek!

3. Typo alerts!
Desain blog bagus, tulisan bagus, foto dalam tulisan sudah cukup menunjang, tapinya banyak typo -kesalahan ejaan di mana-mana. Rasanya kasihan pembaca kita yang siwer karena salah baca. Lagi seru-serunya, eh kepeleset baca. Kan jadi nggak asik. Selain itu, typo berpengaruh banget terhadap SEO. So, beware guys. Untuk mengantisipasinya, selalu crosscheck berkali-kali sebelum publish.

4. Setelah Menulis? Belum Boleh Leha-leha.
Berkunjung ke sesama blogger termasuk salah satu etika juga, nih. Ibaratnya kayak tinggal di satu perumahan, kan nggak mungkin diam saja di rumah tanpa bersosialisasi. Sama dengan blog, rajin berkunjung, rajin silaturahim, makin banyak juga pembaca yang rajin berkunjung ke blog kamu. So, luangkan sedikit waktumu untuk blogwalking, yes.

5. Menulislah dengan Jujur.
Punya tanggung jawab terhadap tulisan sendiri, bukan berarti kita bisa semena-mena menulis apa saja, loh. Menulis di blog, bahkan curhatan nggak jelas yang ditulis pun, itu perlu kejujuran dari penulisnya. Ketika kita menulis dengan jujur, maka pembaca akan percaya dengan apa yang kita tulis.

Jadi, jangan lupa teraplan tips di atas ketika kamu nge-blog, ya!