July 2018

#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Dalam kehidupan berkeluarga, masalah keuangan menjadi hal yang sangat penting. Perlu kesepakatan yang jelas antara suami dan istri sehingga tidak terjadi miss komunikasi dalam mengelola keuangan keluarga. Tak jarang, ada keluarga yang berantakan karena masalah keuangan yang tidak transparan antara suami dan istri.

Suami sebagai kepala keluarga dan menjadi sumber pendapatan utama keluarga tak jarang tidak mempercayai istri mengelola gaji dan keuangan keluarga. Semua kendali keuangan diatur suami, sehingga istri hanya menjadi orang yang melaksanakan apa yang diatur suami tanpa bisa ikut berperan. Hal itu mungkin disebabkan sejumlah hal, seperti istri dianggap tidak bisa mengatur keuangan, istri boros, istri tidak jujur dan atau istri yang tidak mau pusing mengatur urusan keuangan.

Sebaliknya, ada juga suami yang mempercayakan sepenuhnya pengelolaan keuangan keluarga kepada istri. Semua gaji atau pendapatan diserahkan kepada istri untuk dikelola dengan baik, sehingga tidak ada masalah. Meskipun ada yang tetap bermasalah karena sang istri ternyata tidak mampu mengatur keuangan keluarga.
Supaya bisa menjadi manajer keuangan keluarga, berikut ini hal yang harus dilakukan istri jika dipercaya menjadi manajer keuangan keluarga, tapi versi pengalaman saya ya hehehe.

Sumber gambar: Pixabay.com
 
1. Jujur
Kejujuran merupakan hal yang paling penting. ketika kita sebagai istri dipercaya mengelola keuangan keluarga khususnya gaji suami, istri harus jujur dalam menggunakan dan mengelolanya.
Kalau perlu semua pengeluaran dicatat dan disampaikan ke suami minimal sekali seminggu atau ya sebulan sekali. Sehingga suami tahu kemana pergi uangnya.

2. Amanah
Amanah dan bisa dipercaya berarti berkaitan dengan jujur. Jadi sebagai seorang istri harus bisa mengelola uang suami. Setidaknya selain untuk kebutuhan sehari-hari juga harus bisa ditabung.
Saya sendiri menabung dalam bentu tabungan pendidikan anak, tabungan pensiun, asuransi dan emas. Jika kondisi keuangan masih pas-pasan bukanlah penghalang, menabung bisa dimulai dari jumlah kecil.

Jangan sampai uang suami habis untuk keperluan istri, seperti pakaian, makeup dan gaya hidup sementara tidak punya tabungan.

3. Komunikasi
Komunikasi dengan suami bukan berarti sering nanya apakah suami dapat tambahan uang misal berupa bonus kemudian minta jatah. Namun lebih kepada menyampaikan kondisi keuangan, seperti pengeluaran setiap bulan dan jumlah tabungan.

Jika ingin membeli sesuatu untuk keperluan rumah tangga misalnya membeli barang baru, setidaknya komunikasikan dengan suami. Jangan sampai apa yang dibeli tidak disetujui suami dan menjadi bahan pertengkaran.

4. Jangan Pelit
Suatu ketika jika suami butuh uang untuk membantu anggota keluarganya, misal orang tua atau saudaranya yang memang membutuhkan uluran tangan, jangan pernah pelit. 

Bantulah sesuai kemampuan atau memang sedang dalam kondisi keuangan sedang seret, bantulah sekedarnya. Jangan takut mengeluarkan uang untuk membantu orang lain karena toh nanti balasannya bisa lebih dari itu. 

5. Bekerjasama
Bekerjasama maksudnya dalam hal membantu suami untuk mewujudkan masa depan, seperti membeli rumah, kendaraan dll. Jika sebagai istri juga adalah wanita bekerja dan punya penghasilan, sudah sepatutnya bekerjasama membantu mewujudkannya.

Memang ada istilah, uang suami adalah uang istri dan uang istri adalah uang istri. Tapi untuk menata masa depan yang baik, tidak ada salahnya bekerjasama dengan suami untuk mewujudkannya, jangan pernah pelit atau tidak mau tahu. 

Setidaknya itulah yang saya lakukan selama ini. 13 tahun pernikahan, alhamdulillah suami sudah memberikan semua penghasilan sejak di awal menikah dan itu sangat saya hargai dan kelola dengan baik.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda calon istri dan pasangan yang mau menikah.


-----------------

Catatan:

Artikel ini ditulis oleh Ruziana, seorang ibu rumah tangga yang bekerja dan juga memiliki anak. Mengisi waktu luang dengan menjadi bloger, buzzer, dan volunteer pariwisata melalui media sosial di kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Tulisannya yang lain bisa kamu baca di unizara.com atau kamu bisa menyapanya langsung di akun twitter @mommy_ina

Ini adalah #urunartikel dari Warga Warung Blogger. Kamu juga bisa mengirimkan tulisan kamu, informasi selengkapnya tentang urun artikel bisa kamu baca pada tautan Urun Artikel Warung Blogger. Kami tunggu, ya!

Hari ini tampak sama saja bagi Keisya, ia menjalankan rutinitasnya sebagai anak TK seperti biasa. Tidak ada yang spesial dan hebat. Tetapi bagi ayahnya, hari ini adalah hari yang spesial yang sangat ia tunggu, yakni cuti bekerja. Ya, tentu saja baginya bersama Keisya hari ini adalah spesial. Sayangnya, karena selama ini ayah Keisya sangat sibuk, baginya ayahnya ini ada dan tiada. Ada namun tidak terasa kehadirannya.

Hal ini, tentu saja membuat ayah Keisya sangat sedih. Mendapatkan ijin cuti saja baginya bukanlah hal yang mudah. Padahal, ayah Keisya pun tidak sibuk-sibuk amat, kok. Ia hanya seorang PNS dan kantornya pun tidak jauh dari apartemennya, hanya tinggal menyebrang jalan raya. Namun entah kenapa, ayah Keisya gagal merebut hati Keisya, putri semata wayangnya sehingga kehadirannya tidak lagi di anggap spesial.

Apakah kisah seperti ini sedang anda alami? Apa yang salah dari sang Ayah, padahal sang Ayah sudah pasti ingin sekali merasa di istimewakan oleh sang anak kesayangan. Padahal sang ayah telah meluangkan waktu khusus sebagai tanda cinta, tapi tidak berhasil merebut hati sang anak yang lebih dekat dengan sang ibu.

Seorang ibu, yang entah bagaimana memang seperti sudah dari sononya memiliki kedekatan batin dengan anak meskipun sibuk juga, tentu saja karena kontak batin mereka lebih kental paska 9 bulan dalam kandungan dan masa menyusui yang intim. Dan biasanya juga, Ibu selalu punya lebih banyak waktu bersama anak ketimbang Ayah. Lalu bagaimana merebut hati anak yang usianya masih dalam fase memilih-milih manakah orang yang dirasa sangat mencintainya.

Kali ini, saya akan sedikit berbagi tips untuk merebut hati anak, meskipun Ayah sangat sibuk dan punya waktu sangat sedikit bersama sang anak. 

Sumber gambar: Pixabay.com

 1. Jangan jadikan Ibu sebagai wonder woman
Saking sibuknya Ayah, biasanya lahirlah wanita-wanita mandiri yang bisa melakukan segala hal sendiri ketika suami tidak ada di rumah. Tapi untuk merebut hati anak, jangan jadikan istri anda sebagai wonder woman. Meskipun ia mampu mandiri, buatlah dalam beberapa hal yang terkait dengan anak, biar ayah yang tetap melakukannya sendiri.

Contoh, memperbaiki mainan. Bisa saja seorang Ibu pun pandai memperbaiki mainan, atau mungkin memperbaiki hal sepele di sepeda. Tapi seandainya bisa pun, ada baiknya biar Ayah yang melakukannya. “nanti tunggu ayah memperbaikinya, ya” katakan saja begitu pada anak, dan sementara minta anak bermain yang lain. Tentu saja kemudian anak akan dengan gembira menanti sang ayah memiliki waktu untuknya. Saat itu selesai, tentu anak akan menganggap ayahnya sebagai Hero yang telah ia nantikan. Hal yang sama bisa di terapkan juga untuk aktivitas lain, misalnya membuatkan layangan, bermain bola, atau memandikan hewan kesayangannya. Meskipun Ibu juga bisa melakukannya, biarkan untuk kali ini Ayah menjadi spesial hero bagi anak.

2. Kuasai hal-hal detil
Hal yang menyebalkan atau membosankan bagi anak adalah ketika sang ayah tidak tau banyak hal tentangnya, atau ayah melupakan hal-hal yang sudah ia ceritakan. Meskipun ini wajar karena ayah sangatlah sibuk bekerja, tapi anda bisa berjuang sedikit untuk merebut hati putra-putri anda. Ayah bisa mendapatkan banyak info melalui orang yang banyak bersamanya sepanjang hari dan mengingatnya dengan serius meskipun menurut orang dewasa itu hanyalah hal-hal sepele. Memang butuh waktu/usaha lebih, tapi itu tidak sulit kok.

Misalnya, anak akan takjub ketika ayah tau banyak tentang sahabat anaknya, padahal ayah mengetahuinya dengan bertanya kepada Ibu atau bertanya kepada gurunya. Anak juga akan surprise ketika ayah tiba-tiba bisa mengepang rambutnya dan memasangkan pita, padahal ayah sampai begadang hanya untuk belajar kepada ibu, demi bisa menguncir rambut anaknya. Anak akan sangat bahagia ketika ayahnya tau dengan cepat kegiatan sekolah anaknya hari ini. meskipun untuk itu ayah harus selalu memantau group WA orangtua murid di sekolah anaknya di sela-sela meeting di kantornya.

Hal-hal detil begini, agak ribet, tapi bisa dilakukan dengan mudah jika ayah berusaha sedikit lebih dari yang biasanya. Tapi lihat saja hasilnya, anak akan sangat merasa di perhatikan oleh ayah.

3. Jadikan waktu sangat berkualitas
Tentu saja, tidak selalu waktu yang banyak. Melainkan kualitasnya yang diutamakan. Apa gunanya kalian menemani anak dihari pentingnya jika saat itu ayah sibuk dengan handphonenya. Apa gunanya ayah meluangkan waktu menemani anak jika ayah tidak tau apa mainan kesukaan anaknya. Jadi tidak selalu soal intensitas tapi juga soal seberapa berkualitas waktu yang ayah berikan untuk putra putrinya. 

Misalnya ayah punya waktu hanya hari minggu, jangan habiskan untuk hangout bareng teman-teman. Bertemulah dengan teman-teman dihari lain sepulang kantor atau jika hari minggu pastikan ayah sudah lebih dahulu bersama anak baru kemudian meluangkan waktu untuk bersama teman-teman ayah.

Atau ketika waktu ayah hanya sedikit untuk bersama, karena ayah bekerja di luar kota. Gunakan waktu yang sedikit itu janga untuk membawakan anak mainan, melainkan gunakan waktu untuk membeli mainan bersama. Gunakan untuk menjadi apapun yang ayah bisa untuk anak di waktu yang singkat itu. Jadi pendengar yang baik, teman baiknya, tempatnya meminta untuk beli eskrim termasuk menjadi sahabat dalam melakukan hal-hal yang gokil. Mungkin sesekali ayah mengajak anak memasak untuk memberi kejutan pada ibu, lupakan gadget, lupakan pekerjaan dan teman-teman. fokuslah hanya kepada anak untuk menebus waktu yang hilang ketika ayah bekerja.

4. Katakan cinta
Iya, seperti acara remaja di televisi untuk menyatakan cinta kepada seseorang yang dicintai, begitu juga dengan anak-anak. Justru anak-anak butuh lebih banyak pernyataan cinta untuk meyakinkan diri bahwa ia memang dicintai dan diistimewakan. Maka ayah, jangan pernah bosan dan Lelah mengatakan I love you, atau Ayah sayang kamu, ayah bangga padamu, dan pernyataan lain yang memperkuat keyakinan anak bahwa ayah sangat mencintainya. Ucapan yang sering di ucapkan ini nantinya akan tertanam dalam pikirannya sehingga ketika ayah tidak bersamanya pun ia tahu bahwa ayah sangat mencintainya dan dia adalah anak yang istimewa.

Misalnya ketika akan berpisah, sebelum ke kantor, atau sebelum anak terlelap tidur, ucapkanlah selalu jika ayah mencintainya. Begitu pula jika ia berhasil melakukan sesuatu, selalu katakana ayah bangga/kagum padamu nak. Pernyataan-pernyataan cinta inilah yang bisa tertanam dialam bawah sadar anak, bahwa ayah selalu mencintainya.

Nah itu tadi 4 cara yang mungkin bisa dicoba untuk merebut hati anak ketika ayah sibuk dengan tugas kantor. Setiap kondisi rumah tangga tentu saja berbeda, ayah lah yang paling tau yang mana yang bisa diterapkan dalam kondisi kesibukan ayah saat ini. Mengenai tingkat keberhasilan, itu semua bergantung pada usaha ayah dalam merebut hati anak. Ingat selalu bukan, bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Ayah pasti bisa mendapatkan tempat spesial dihati anak.

-----------------

Catatan:

Artikel ini ditulis oleh Ruli Retno, seorang ibu rumah tangga dengan 3 orang anak. Ia biasa menulis di ruliretno.com. Tulisannya seputar tentang lifestyle dan travelling. Namun seiring berjalannya waktu, setelah menikah dan memiliki anak. Konten tulisannya bertambah dengan seputar keluarga dan parenting. Ingin mengenal Ruli lebih dekat? Kamu bisa menyapanya langsung di akun twitter @RuliRetno.

Ini adalah #urunartikel dari Warga Warung Blogger. Kamu juga bisa mengirimkan tulisan kamu, informasi selengkapnya tentang urun artikel bisa kamu baca pada tautan Urun Artikel Warung Blogger. Kami tunggu, ya!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.