#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

http://www.warungblogger.org/
Sahabat muda! Dunia blogging sudah tidak asing lagi bagi kita, sebagai blogger sejati tentu memberikan ruang tersendiri bagi aktivitas nge-blog. Jangan hidup untuk nge-blog, tapi nge-blog-lah agar sahabat bisa hidup. Ingat kan, kita hidup bukan untuk makan, tapi makan agar kita tetap bisa hidup. Lah, memangnya nge-blog bisa membuat kita hidup? Masak sih? Aku nggak terlalu percaya sekali sama kamu?

Abraham Maslow mengatakan, ada lima kebutuhan dasar manusia. Pertama, saat kamu butuh makan & minum, kedua saat kamu butuh rasa aman, ketiga saat kamu merasa penerimaan, keempat saat kamu membutuhkan cinta, dan kelima saat kamu membutuhkan aktualisasi diri. Tingkatan di atas sudah paten, tidak bisa saling mendahului, dan tidak bisa saling tumpang tindih. Misalnya, maaf saja kamu gagal dalam meraih kebutuhan yang keempat, kamu akan kesulitan untuk dapat mengaktualisasikan dirimu sebelum kebutuhan yang keempat tersebut terpenuhi. Walau pun sebenarnya kau sedang mengaktualisasikan diri, tapi sebenarnya kau tidak bisa membohongi dirimu bahwa pikiran dan perasaanmu selalu tertuju kepada kebutuhan cinta. Jujur lah! Terbuka lah!


Nah, dalam menulis kamu bisa menemukan rasa penerimaan, rasa kebermaknaan akan hidup ini. Bahkan, perasaan cinta yang gagal kamu rengkuh, semua akan ditemukan begitu nyata ada hidup di dunia ini. Tidak perlu merisaukan semuanya. Cukup menulis, jalanmu akan terbuka untuk dirimu. Pernah tahu kan, bahwa menulis diary merupakan salah satu alternatif dari terapi jiwa. Pernah tahukan latar belakang diciptakannya film Habibie dan Ainun? Yang awalnya berasal dari buku catatan pribadi Bapak B.J. Habibie. Menurutnya, tulisan beliau merupakan terapi dari kesedihan beliau ketika ditinggal oleh ibu Ainun.

Lalu, apa yang perlu dituliskan agar menjadi sesuatu yang bermanfaat. Tulisan personal merupakan tulisan yang jujur, di sana ada penerimaan akan diri dan ada semacam penerimaan terhadap situasi yang ada. Tulislah apa harapanmu, dan mengapa kamu ingin bagaimana dengan hidup, tumpahkanlah seluruh masalahmu. Di sana, kamu akan menemukan kekuatan.

Hernowo dalam Bukunya”Mengikat Makna” menyarankan agar setiap hari setiap orang agar memetik hikmah, memetik makna dan pelajaran dari perjalanan hidupnya. Makna yang diperoleh dari kehidupan dan perjalanan hidupnya membuat dirinya begitu berharga. Bahkan, Alfan Pradiansyah dalam bukunya “The 7 Happines” menyebutkan bahwa agar seseorang bahagia ketika mendapatkan masalah atau musibah, jangan katakan “mengapa harus aku yang dapatkan ini”. Tapi, katakanlah “Apa yang dapat aku petik dari masalah atau musibah ini”. Nah, apa yang dapat dipetik dari musibah disebut dengan makna dan nilai-nilai kehidupan. So, bahagia dengan nge-blog itu bisa dilakukan.

Atau bisa menuliskan sesuatu yang bernada “pemahaman diri”. Yaitu pemahaman terhadap diri sendiri sehingga menjadi diri sendiri. Antara lain dengan mengenali dengan kebaikan-kebaikan, kelemahan diri sendiri dan menerimanya dengan positif. Selain itu, menyadari keinginan-keinginan masa kecil, masa remaja, masa dewasa, masa usia lanjut, da keinginan-keinginan pada waktu sekarang merumuskan secara lebih jelas cita-cita dan hal-hal yang diinginkan di masa mendatang. Di samping itu, sahabat perlu mencoba untuk memahami kebutuhan-kebutuhan apa yang sebenarnya yang mendasari keinginan-keinginan itu. Untuk itu, perlu menyusun rencana untuk meraih keinginan itu serta mengantisipasi masalah-masalah dan kesulitan-kesulitan yang senantiasa timbul dan memahami pula pola-polanya.


Kontributor:
Agha Elmakruf
https://www.facebook.com/algazelmakruf
https://twitter.com/elmakroef

Post a Comment

  1. Ngeblog juga merupakan aktualisasi diri untuk membuka rasa penerimaan kita terhadap diri, agar lebih mengenal diri sendiri.. Keren, terimakasih, dan salam silaturahmi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mengontrol emosional jua ya, Ka Etika.
      Terima Kasih sudah silaturrahim ke WB, ya. :>)

      Delete
  2. Kereenn.. Info yang sangat bermanfaat. Thanks :)

    Ngeblog lah sebelum ngeblog itu di larang.. #eh

    ReplyDelete
  3. Gue suka nih, ini authornya anak Komunikasi bukan sih?
    soalnya gue kuliah di Komunikasi belajar konsep dari Abraham Maslow juga, ternyata gue baru ngeh kalau konsep itu bisa di jabarkan sejauh ini

    Jadi intinya dapatkan dulu passionnya agar bisa lebih hidup di bidang yang sedang kita kerjakan, gitu ga sih? :) CMIIW

    Adam Azkiya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kontak langsung via Blognya Ka Makruf ya, Ka Adam. . . :>)

      Delete
  4. Replies
    1. Luar-Dalam luar biasa ya, Ka Fahri. . . :>)

      Delete
  5. menyusun rencana dan staregi untuk hasil yang maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bernar sekali, Ka Lidya. Mari menyusun strategi masak. :>)

      Delete
  6. seharusnya blogging untuk lahan beramal guna mempersiapkan hidup abadi setelah kita mati nanti,,, atau lebih di maksimalkan untuk kemajuan bersama, bukankah begitu?

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.