#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik.




Dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur, daging, keju dan mentega sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis.


Mengkonsumsi madu akan berdampak kesehatan bagi tubuh kita. Tidak hanya itu kelebihan dari madu, masih ada banyak hal yang belum kita ketahui.

Mari Mengenal Madu

Madu Dalam Pandangan Islam

Tahukah anda bahwa madu adalah salah satu metode Thibun Nabawi (Pengobatan Ala Rasulullah) yang termaktub dalam beberapa nash (dalil) dari Alquran dan As-Sunnah. Sampai ada satu surat dalam Alquran Al Karim yang dinamakan "An Nahl" (lebah) --> Penghasil madu.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang madu yang keluar dari perut lebah:
“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyem-buhkan bagi manusia.” (An-Nahl: 69)

“Ada seseorang menghadap Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, ia berkata: ‘Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya’ Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu’ Kemudian orang itu datang untuk kedua kalinya, Nabi berkata:  ‘Minumkan ia madu’ Orang itu datang lagi pada kali yang ketiga, Nabi tetap berkata: ‘Minumkan ia madu’ Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: ‘Aku telah melakukannya (namun belum sembuh juga malah bertambah mencret)’ Nabi bersabda: ‘Allah Mahabenar dan perut saudaramu itu dusta. Minumkan lagi madu’ Orang itu meminum-kannya lagi, maka saudaranya pun sembuh.” (HR. Al-Bukhari no. 5684 dan Muslim no. 5731)

Madu Obat Segala Penyakit

Tentunya sudah banyak yang tahu akan manfaat madu sebagai obat. Ditambah dua alasan kuat yang tersurat dalam dua sumber yang kuat bahwa madu adalah obat. Jika banyak orang mengatakan "Mana ada obat yang enak" maka sekarang saya akan menjawab "Ada!". Madu adalah obat yang paling enak.

Dalil yang saya cantumkan bukan berarti madu berguna untuk pengobatan umat muslim saja, tapi untuk semua jenis manusia. Selama bukan kematian.


Berikut ini beberapa manfaat madu:

  1. Memperlancar ASI

  2. Gangguan Jantung

  3. Mual-mual pada wanita hamil

  4. Penyakit Maag

  5. Wasir dan sembelit

  6. TBC, Asma, masuk angin, dan bronchitis

  7. Kencing Manis

  8. Memperlancar buang air kecil (diuretik) dan keracunan saat hamil

  9. Menghilangkan bau badan

  10. Menghilangkan panas dalam dan sakit tenggorokan

  11. Penyakit cacar dan koreng

  12. Penyakit jantung

  13. Kerontokan rambut

  14. Infeksi kandung kemih

  15. Sakit gigi

  16. Kolesterol dan Kelebihan berat badan

  17. Pilek dan Influenza

  18. Kemandulan

  19. Sakit perut, masuk angin dan Kembung

  20. Bau napas

  21. Sakit kepala sinus dan Kelelahan

  22. Kanker

  23. Penyakit lambung dan pencernaan

  24. Jerawat dan infeksi kulit

  25. Pencegah penuaan
“Setiap penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah Subhanahu wa Ta'ala” (HR. Muslim no. 5705)

Dan akhirnya saya katakan meskipun semua penyakit ada obatnya, tapi tetap saja tidak akan ada kesembuhan kecuali dari Sang Kholiq, Allah 'Azza wa Jalla. Maka hendaknya kita selalu mengharapkan sesuatu hanya kepada-Nya.


Penulis : Ari Tunsa
Blog     : arisetim.blogspot.com

Sumber gambar: muhammadyusuf99.wordpress.com
Label:

Post a Comment

  1. wah madu memang keren.
    jad mau minum deh :)

    ReplyDelete
  2. Yeah, obat terenak di dunia adalah Madu,
    sy juga punya obat yg memang dpt menyembuhkan berbagai penyakit, obat ini terbuat dr temennya Madu yaitu Propolis, . Pada tau gx? ? ?

    ReplyDelete
  3. mari minum madu agar sehat :D
    makasih dah mampir baca tulisan mimin
    Salam penuh cinta

    ReplyDelete
  4. benar :D
    Tahu dong.. Mimin kan bergelut dengan obat-obat herbal.. :D
    Makasih sudah mampir baca tulisan mimin
    Salam sayang kawan...

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah aku juga bisa sembuh karena madu lhoo :)

    ReplyDelete
  6. Eits.. jangan lupa kalimat penutupnya... Tidak ada kesembuhan selain dengan izin Allah. Hehe..
    makasih sudah mampir membaca mbakku nan cantik...
    salam penuh cinta..

    ReplyDelete
  7. betul madu adalah makanan ajaib... sayang saat ini cukup sulit mencari yang asli... biasanya sudah ada campuran gulanya....

    ReplyDelete
  8. SubhaanAllah.. Luar biasa manfaat madu, dulu pas masih jadi pelajar memang mengenal madu banyak khasiatnya, tetapi tidak sejelas ini, apalagi perbandingan dengan komposisi makanan sehat lainnya.
    Pantas saja Rasulullah menganjurkan madu dan jinten sebagai pengobatan untuk segala penyakit.
    adakah yang jual madu di Webe ya @.@, jadi pingin ne...

    ReplyDelete
  9. madu memang sangat kaya manfaat ya, saya juga suka minum madu.

    ReplyDelete
  10. sudah lama tak minum madu, agak sulit membedakan yang asli dan yang sudah dicampur...apa yang membedakannya ?

    ReplyDelete
  11. betul. pilih tempat (penjual) madu yang terpercaya. dan lakukan pengetesan sederhana seperti yang banyak tersebar di internet. pada komentar bawah nanti saya akan menunjukkan tes sederhana memilih madu :D
    salam hangat

    ReplyDelete
  12. memang luar biasa. di WeBe ada kok yang jual madu :)
    nanti kalau mau saya tanyakan, hehe.. | *promo dkittt..

    ReplyDelete
  13. sama dong seperti mimin :D
    salam hangat

    ReplyDelete
  14. mari kita mulai lagi kang Dadan.. :)
    ***
    memang sekarang ini susah mencari madu yang benar-benar bagus. Karena sdh banyak bahan pencampurnya. Apalagi ditambah dengan banyaknya jenis madu yang ada. sehingga madu tidak bisa dibedakan hanya dengan warna | sebagaimana kita ketahui madu berasal dari lebah dan lebah akan mengeluarkan madu sesuai dengan apa yang dimakannya. so, madu juga tergantung musim buah. sebagai contoh misalnya saat kemarau, buah biasanya akan terasa lebih enak, sama seperti madu.

    kemudian bagaimana cara membedakan yang asli dan yang palsu (campur gula)? ada beberapa cara sederhana. insya Allah sdh banyak tersedia di internet. namun, tes sederhana ini tidak mutlak.

    1. Masukkan ke dalam freezer, madu tanpa campuran air gula maka takkan beku
    2. Teteskan madu di kertas tipis lalu bakarlah. madu bercampur gula akan menjadi lengket seperti gulali sebelum akhirnya mengering.
    3. Tuang satu sendok madu ke dalam seperempat air gelas belimbing, endapkan beberapa menit. Bedakan dengan air gula biasa.

    Namun sekali lagi semua itu tidak mutlak, ada kalanya jenis madu yang hanya bisa dilakukan pengetesan sederhana seperti di atas, contoh madu hutan. karena madu ini didapat dari lebah yang memakan sari bunga dari banyak tumbuhan.
    semoga bermanfaat. mari kita hidup sehat dengan minum madu :D
    salam hangat

    ReplyDelete
  15. madu memang banyak khasiatnya,rasanya juga enak

    ReplyDelete
  16. setiap pagi saya selalu minum madu, dan memang, seharian melakukan aktivitas gak pernah merasa lelah, cukup 1-2 sendok madu~ :)

    tetap semangat pagi ini~ :D

    ReplyDelete
  17. Madu memang banyak khasiatnya. Mulai dari merawat kesehatan sampai mengobati penyakit. Sejarah yang membuktikannya. Cuma sayang, mereka yg pengen dapat untung tanpa memikirkan kerugian orang lain menyalah gunakan kedahsyatan madu dengan menjual madu palsu ;)

    ReplyDelete
  18. @@ jangan jauh2 ya dari surabaya

    ReplyDelete
  19. sejak rutin mengkonsumsi madu, sekarang ga pernah minum obat batuk dan turun panas lagi...

    ReplyDelete
  20. treima kasih TIPS membedakan madu asli dengan madu palsu
    soalnya kebanyakan sekarang kan masu palsu ya

    ReplyDelete
  21. saya suka madu, baru tau cara bedainnya yg asli atau palsu. Saya mau coba ah, trimss :)

    ReplyDelete
  22. madu memang manfaatnya sangat banyak sekali, selain enak rasanya juga tercantum di dalam alqur`an subhannallah

    ReplyDelete
  23. Banyak sekali manfaat yg terkandung di dalam madu ya ... ?

    ReplyDelete
  24. Madu emang banyak khasiatnya, skr yg jadi tantangan adalah menemukan madu yg kemurniannya 100%, soalnya banyak yg palsi jg beredar atau ga murni jdi ya khasiatnya berkurang jg. Apalagi madu kemasan yg uda dikasi pengwet :(

    ReplyDelete
  25. Thanks banget admin atas sharingnya, sangat bermanfaat :)
    Ternyata banyak sekali khasiat madu yang baik untuk tubuh dan belum saya ketahui sebelumnya, semoga kedepannya bisa reguler mengkonsumsi madu :D

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.