#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Setiap insan memiliki suatu tujuan yang sama dalam membina kebahagian kehidupan bersama. Kisah cinta kasih sepasang anak manusia selalu terdengar romantis dikalangan anak-anak remaja dan dewasa.Namun suatu pembelajaran yang penulis dapatkan kali ini merupakan suatu pembelajaran hidup dari kisah legenda masyarakat di daerah Pesisir Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat.


Cerita legenda masyarakat di Pantai Karang Nini penulis dapatkan pada saat berkunjung di Pantai Karang Nini pertengahan bulan Mei ini.Di mana di pantai ini dulunya hidup sepasang suami istri kake dan nenek (nini dalam bahasa sunda). Suatu ketika sang kake pergi melaut, namunn ia tidak kembali keesokkan harinya sehingga nenek mulai khawatir. Nenek terus menunggu di pinggir pantai. Penantian nenek terhadap kakek berlangsung sampai saat ini. Karang yang berada di pinggir pantai dipercaya penduduk setempat sebagai penjelmaan dari seorang nini (nenek)




Sambil menikmati fenomena alam sunset sari atas bukit karang,  penulis berusaha mencoba untuk menelaah dalam kejernihan pikiran akan pesan yang disampaikan oleh suatu legenda mitos masyarakat setempat tentang cerita legenda Pantai Karang Nini ini.

Pesan cerita legenda mitos yang disampaikan oleh Pantai Karang Nini merupakan suatu pembelajaran kesetiaan seorang istri kepada suaminya dalam penantian yang penuh cinta dan kasih sayang. Suatu pembelajaran untuk kita yang mana pada zaman sekarang merupakan suatu fenomena langka bagi setiap individu manusia dalam menjaga dan membina keharmonisan hubungan cinta dan kasih sayang bersama pasangan hidupnya.

Hal ini bukan berarti kita tidak memiliki suatu keinginan untuk sampai kearah sana. Namun, suatu proses kehidupan merupakan suatu pembentukkan susunan kejadian dan peristiwa yang dialami oleh setiap individu bersama pasangannya. Dan suatu ketulusan hati yang penuh degan cinta kasih yang dapat menjadi keras berbentuk suatu karang yang dapat berubah menjadi sebuah cerita.

Bila sang surya yang tenggelam di ufuk barat, maka janganlah kita selalu bersedih hati dalam berharap. Karena sang surya tidak akan pernah ingkar akan janjinya kepada kita untuk selalu terbit dari ufuk Timur. Suara gemuruh ombak yang memecahkan gelombang silih berganti, kicauan burung dan semilirnya angin melepas kepergianku untuk kembali dan meninggalkan pantai yang indah dalam dekapan cinta dan kasih kehangatan Nya. Semoga pengalaman cerita yang penulis dapatkan di Pantai karang Nini dapat mebuka cakrawala hati dan pikiran kita semua.

Cinta tidaklah membutuhkan kita sebagai manusia. Namun, manusialah yang selalu membutuhkan cinta. Karena cinta dapat berubah menjadi kasihyang selalu memberikan kehangatan dalam kehidupan kita.


Salam,






          Masa Tours

Post a Comment

  1. saya sudah pernah dengar legenda ini dari teman saya yang kebetulan asli dari sana
    legenda hanyalah legenda, tapi moral of the storynya masih bisa kita ambil
    terima kasih mas sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. Wah Menarik ya kisah legendanya

    ReplyDelete
  3. InsyaALLAH bakal belajar sekuat tenaga menjaga hubungan ame orang2 terkasih.. ^___^

    ReplyDelete
  4. Tetep saya bilang ULUWATU yang nomor satu, xixixi...
    tapi saya paling ogah kalo dsuruh mengungkap mitos, jadi takut :D

    ReplyDelete
  5. dan mengukur kesetiaan dan cinta masa kini adalah :
    1. kesetiaan pria akan diuji ketika ia dalam masa puncak kejayaannya
    2. kesetian wanita teruji ketika pria dalam masa terendahnya!

    ReplyDelete
  6. Saya dapat energi dari kalimat ini "Bila sang surya yang tenggelam di ufuk barat, maka janganlah kita selalu bersedih hati dalam berharap. Karena sang surya tidak akan pernah ingkar akan janjinya kepada kita untuk selalu terbit dari ufuk Timur", Pak. Matur nuwun...matur nuwun!

    ReplyDelete
  7. saya malah mendengar mengenai pantai karang ini... makasih ya mas.. jadi tahu sekarang... ini senengnya ngeblog dapat ilmu baru terus....

    ReplyDelete
  8. sama persis dengan apa yang saya dengar dari cerita orang-orang...

    ReplyDelete
  9. Obyek wisata Karang Nini tersembunyi di balik bukit yang dikelilingi oleh rimbunnya hutan. Kita bisa memandang birunya samudera dari atas bukit. Di bawah sejuknya rimbun pepohonan.

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.