#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger



Berapa banyak event yang kalian lewatkan karena nggak ada temen yang bisa nemenin? Seberapa sering kalian membatalkan sebuah liburan hanya karena partner liburan kalian nggak jadi berangkat? Berapa banyak kesempatan apply suatu lomba / beasiswa terlewatkan hanya karena temen kalian nggak ada yang ikutan juga?

Budaya musti-ada-yang-nemenin ini kayaknya masih kentel banget disini. Misalnya aja nih ya, dulu pas jaman-jaman SMA biasanya temen-temen saya males ke toilet di jam pelajaran kalo nggak ada yang mau nemenin. Yah, kalo mau pipis mah pipis aja kali. Toh si temen kalian itu nggak ngapa-ngapain selain nemenin kan? Kalo saya pribadi sih dulu jarang banget menjamah toilet kecuali acara ganti-baju-mau-oleh-raga. Nggak sreg juga sebenernya sama toilet umum. Okay, ini kok malah bahas toilet ya? *salah fokus*

Back to the topic, budaya-musti-ada-yang-nemenin ini menurut saya merugikan banget sih ya. Banyak anak yang jadi kurang gentle dan manja gara-gara budaya ini. Akhirnya, banyak kesempatan yang mereka lewatkan hanya karena nggak ada yang nemenin.

Padahal menurut saya, nggak ada yang nemenin malah suatu kesempatan buat mengekspresikan diri tanpa harus ter-interference oleh pribadi lain. Dan yang pasti kita bisa bebas mengeksplore suatu tempat tanpa harus menghadapi ke-rempongan orang lain. Dengan memberanikan diri bepergian sendiri juga membuka kesempatan untuk mengenal orang-orang baru.

Mestinya abis ini kalian pada nanya dong, “trus saya musti gimana dong?”. Well, kalo saran saya sih, coba deh try to enjoy your self! Cobalah untuk belajar menikmati diri kalian sendiri terlebih dulu. Karena basically, setiap orang pasti punya keunikan masing-masing. Dan semakin banyak pengalaman kalian mengeksplor diri kalian sendiri, semakin pede-lah kalian sama diri sendiri. Karena kebanyakan orang nggak berani pergi sendiri karena mereka merasa insecure tanpa keberadaan orang lain disamping mereka. Dan semakin kita percaya diri, semakin kita berani buat melakukan sesuatu tanpa harus ada yang menemani.

Dengan menikmati diri sendiri juga, bakal semakin ngertilah kalian tentang kelebihan yang mungkin belum kalian sadari. Semakin kalian ngerti juga tentang sifat-sifat buruk kalian selama ini dan kalo bisa sih belajar buat mengubahnya dong ya.

Label:

Post a Comment

  1. Sayang yah, kalau mati gak satupun teman yang bersedia nemenin :)

    ReplyDelete
  2. Aku banget ;((
    Suka ga PD kalo dtg sendiri.

    ReplyDelete
  3. dulu sih sering gitu. cuma kesini-kesini pada banyak yang gak mau
    yasudah sendiri aja.

    #staycool :))

    ReplyDelete
  4. kalau dulu sih gitu,, malu, gak pede, [-( tapi semakin kesini udah berani kemana2 sendiri, :) malah lebih asyik sendiri,, faktor umur ngaruh kayanya :))

    ReplyDelete
  5. gue banget he..hee.. mang aku sering gitu ngga ada yang nemenin bisa Ke PeDe-an loh

    ReplyDelete
  6. iya juga,, saya juga sering terkena dampak budaya ini...
    tapi dengan semangat dan komitmen yang tinggi terkadang saya nekad berangkat sendiri

    ReplyDelete
  7. Sama ini jadi peer banget. Apa lg kalau lg d rumah keluar perlu pamit ortu, trus disuruh cari teman jangan sendirian.ㅡ.ㅡ kapan perginyaaa

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.