#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Ditulis Oleh:
Hardy Zhu

Banyak orang dewasa maupun dewasa muda yang heran dengan anak zaman sekarang. Ada yang bilang anak zaman sekarang selain dibesarkan oleh orangtua, mereka dibesarkan juga oleh mesin, teknologi tepatnya. Ada kesan luar biasa dari konteks kalimat tersebut, namun kenyataan yang ada tidak demikian.

Memperkenalkan anak dengan teknologi memang sangatlah amat penting. Anak-anak lahir dan tumbuh di era modern dimana setiap orang sudah pasti sudah memiliki gadget. Gadget muncul seiring perkenalan mereka akan dunia sekitar. 

Sampai muncullah keluhan kalau anak zaman sekarang, gadget tidak bisa lepas dari tangan mereka. Sampai-sampai mengacuhkan orangtua karena terlalu asyik main gedget. Para orangtua juga khawatir terlalu seringnya pemakaian gadget, radiasi yang dikeluarkan gadget itu sendiri akan mengkhwatirkan tumbuh kembang otak mereka. 

Ternyata dari banyak kelebihan perkembangan teknologi ada juga sisi negatifnya. Seperti yang dibahas di atas, salah satunya. Anak-anak akan kehabisan waktu mereka dalam sehari hanya untuk bermain gadget dan berinteraksi dengan teman mereka yang juga bermain gadget.. 

Hingga timbullah efek, ”Kehangatan dalam keluarga terkikis bahkan nyaris menghilang karena adanya gadget”  
Kita lihat titik pembahasan. Anak yang menjadi objek perhatian, gara-gara terlalu sering bermain gadget, kedekatannya dengan orangtua berkurang. Lihat, anak itu ibarat sebuah bendera. Dia hanya berdiri di tempat, melihat di sekeliling, dan mengikuti arah angin membawanya, ketika ia menemukan arah angin, ke arah itulah dia berkibar. Jadi, apabila anak menemukan hal yang membuatnya senang, dia akan menikmati hal tersebut.  

Membuatnya senang? Kenapa orangtua yang selalu ada di dekatnya justu terkalahkan oleh gadget? Apakah mereka merasa gadget lebih menyenangkan dari pada kehangatan orangtua? Bisa jadi! Coba bayangkan jika orangtua tersebut mampu menciptakan kehangatan, dan berusaha memberi angin kebersamaan agar bendera anaknya berkibar sesuai arah orangtuanya, bukan arah gadget
 
Gadget sebenarnya pesaing terberat dari kedekatan orangtua dengan anaknya. Anak tidak mesti harus disalahkan bila mereka menghabiskan waktu bermain game, smartphone, dll. Sebenarnya mereka butuh bahkan sangat butuh kebersamaan dalam keluarga, tetapi mereka tidak mendapatkannya. Mereka bermain gadget sebagai pengalih perhatian dan menepis rasa kesepian. Setiap anak butuh teman main. 

Jadi untuk anak yang tumbuh dan berkembang di era modern, diperlukan orangtua yang juga modern. Modern dalam hal menciptakan inovasi untuk membangun kehangatan agar kebersamaan dalam keluarga tidak terkalahkan oleh perkembangan teknologi.

 

Post a Comment

  1. jadi inget,makan bareng keluarga bukan sibuk ngobrol tp sibuk denga gadget masing2 :)

    ReplyDelete
  2. jadi mikir 13kali buat beliin anak gw gedget

    ReplyDelete
  3. Pastinya sebagai orang tua yang baik sudah seharusnya membekali anak tersebut dengan agama yang dibawanya dari lahir.

    ReplyDelete
  4. seharusnyalah orang tua memantau tumbuh kembang dan memberi perhatian sesuai perkembangan zaman dan tehnologi yang ada.

    ReplyDelete
  5. Bener banget,emang zaman sekarang kalo enggak megang gadget 1 hari aja,kayak gak megang gadget berwindu-windu. Parah dah. Jadi kangen masa-masa dulu yang hidup tanpa gadget tapi bahagia.

    Ditunggu kunjungan baliknya dan komennya :) http://estolagi.com/tentang-tips-dan-cara-menulis-komedi/

    ReplyDelete
  6. teknologi penting tapi kedekatan anak dan orang tua juga tidak bisa digantikan oleh gadget

    ReplyDelete
  7. wah bener banget ini gan.. tapi kalo dikeluarga ane pas makan malam udah ada peraturan "no gadget allowed" sepertinya kedepanya mungkin dibuat peraturan no gadget day:)

    ReplyDelete
  8. Mari sisa kan waktu kita untuk keluarga..


    Mampir yuk : http://agunghpradityo.blogspot.com/

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.