Semua orang pasti mempunya teman,entah itu teman nongkrog,teman satu sekolah atau teman sebangku,sampai teman lewat jejaring sosial seperti facebook,twitter, dan sebagainya. Tapi tidak semua teman yang kita kenal bisa menjadi sahabat,hanya orang tertentu saja yang memiliki hubungan spesial dengan pertemanan kita,entah itu berawal dari kesamaan nasib,hobi,atau orang yang tidak kita kira akan menjadi teman,bahkan orang yang kita anggap sebagai musuh kita bisa berbalik menjadi sahabat.

Sahabat adalah tempat dimana kita bisa merasakan kepedulian,kekeluargaan,dan kekompakan. Dari lingkungan sahabat yang awalnya kita adalah seseorang yang lemah,bisa menjadi seseorang yang kuat dari proses interaksi dan sosilisasinya. Sahabat itu bukan sekedar teman,kerabat,atau pun keluarga,dan sahabat lebih dari arti dari semua itu. Sahabat bagaikan partner dalam hidup kita. Karena kehadiran mereka selalu ada di saat kita membutuhkan dalam suka maupun duka. Dan sahabat itu tidak memperdulikan perbedaan karekter kepribadian yang kita miliki,sahabat yang sejati selalu menghargai dan memahami perbedaan-perdedaan yang dimiliki satu sama lain,mereka selalu memberikan nasehat dan masukan positif tentang kita.

Kalau kita ibaratkan sabahat kita ini bagaikan kelima jari kita,kelima jari ini selalu bersama,bersatu,dan saling mengisi kekurangan-kekurangan satu sama lain,dan setiap jari-jari kita memilki dan kelebihannya masing-masing. Contoh : pada saat jari-jari kita dipisakan dan dilepas untuk melakukan segala sesuatu sacara individu ,sepeti dalam permainan Suit, ibu jari menang pada saat melawan jari telunjuk,ibu jari kalah pada saat melawan jari kelingging,dan jari tulunjuk menang pada saat melawan jari kelingging. Pada saat dipisahkan meraka hanya bisa mengandalkan kelebihannya masing-masing,tidak bisa menutupi kekurangannya. Tapi pada saat meraka di satukan,mereka ini bagaikan suatu senjata nuklir yang sulit untuk ditaklukan.

Mereka pada saat disatukan sering malakukan hal-hal yang luar biasa. Ketika tangan kita menulis sebuah ide atau gagasasan,kelima jari kita ini bersatu dan menggenggam erat sebuah pena,dan memplubikasikannya kedalam buku atau tulisan. Ketika kita sedang membuat suatu karya,jari-jari ini berkerja sama untuk bisa menyeselesaikanya, disaat kita mendapatkan masalah harga diri kita dilecehkan,kelima jari kecil ini berubah menjadi suatu gempalan tangan yang siap untuk memukul lawan-lawan kita. Tapi ketika orang lain membutuhkan kita,jari - jari kita siap menjadi malaikat penolong,dengan mengulurkan tangan dan menariknya untuk bangkit.

Kelima jari ini sangat dibutuhkan dan berguna dalam hidup kita. Begitu juga sahabat,kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian,kita di dunia butuh hidup berdampingan dan saling berbagi,agar kita bisa saling menutupi kelemahan dengan kelebihan yang kita miliki,dan walaupun waktu silih berganti,tapi sahabat takan pernah terganti.

16 comments:

sejarah bangsaku said... 7 March 2015 at 02:16

semua kita butuh bantuan orang lain selama kita masih hidup di dumia

DIJA said... 9 March 2015 at 22:16

siapa yang mau jadi sahabatnya Dija?

moch. andi pratama hardiansyah said... 10 March 2015 at 13:50

Asik banget sebuah cerita dari 5 jari ini.

Saya Siapa said... 16 March 2015 at 18:55

Analogi yang menarik min. sayang, ane sampe sekarang gak pernah nemuin satu-pun sahabat yang bener-bener "saling ini dan itu". Berharap dengan bergabung nya di warung blogger ini, setidaknya ane bisa mencari dan menjalin persahabatan yang baik sesama blogger.

Dian said... 18 March 2015 at 00:50

Alhamdulillah saya memiliki banyak sahabat yang selalu saling mengingatkan

Yunda Y said... 31 March 2015 at 18:36


aku juga punya sahabat....tp setelah pisah keadaan kadang ga akrab lagi.....

kunjungi website ku yah

www.mezquitta.blogspot.com

Keke Naima said... 3 April 2015 at 05:45

katanya, sih, sahabat itu baru akan ketahuan kalau kita sedang bermasalah. Sahabat akan mengingatkan dan menemani kita :)

Dee Ann Rosediana said... 13 April 2015 at 02:27

sahabat itu... kalau lagi deket serasa 'enggak perlu'. Pas jauh aja, baru deh kerasa. Butuh seseorang, gitu...

fardan said... 14 April 2015 at 01:40

saling melengkapi dan arti sebuah sinergisitas dari sebuah sahabat haha .
mantab abiss . :-)

rudhy theart said... 21 April 2015 at 16:04

Sahabat adalah orang yang selalu percaya bahwa anda bisa sukses saat orang lain menilai anda akan gagal, karena dia akan beridiri disamping anda untuk memberikan semangat dan bantuan. Ulasannya mantap banget gan

El Nurien said... 26 April 2015 at 02:46

Jangan remehkan kelinking karena kecilnya, sesungguhnya kehadiran kelingking sangat berarti bagi kinerja empat jari.

Saling melengkapi kekurangan dan mengurangi kelebihan :).

Galuh Maherdika said... 26 April 2015 at 15:14

cari sahabat itu lebih sulit daripada cari pacar..

Jogja Ready said... 29 April 2015 at 18:07

Cerita seru tentang sahabat... nice...

Obat Tradisional Ace Maxs said... 5 May 2015 at 15:04

artikelnya tentang sahabat keren

 
Top