Terletak di pinggiran Sungai Mahakam, Samarinda menawarkan cukup banyak destinasi wisata menarik seperti Air Terjun Tanah Merah, Desa Budaya Pampang, Pulau Kumala, dan Telaga Permai Baru Besaung. Selain empat objek wisata yang telah disebutkan sebelumnya, Samarinda juga masih memiliki tempat wisata religi seperti Masjid Islamic Center Samarinda yang memiliki desain sangat cantik.

Menjelajahi Pesona Kuliner Samarinda yang Unik dan Nikmat
Masjid Islamic Center Samarinda (Sumber: guwentravel[dot]com)
Samarinda yang berkembang menjadi kota besar di Kalimantan juga memiliki segudang tempat wisata kuliner. Kalau Anda berencana melakukan perjalanan ke Samarinda, disarankan untuk mencoba satu per satu kuliner rekomendasi di bawah ini.

1. Ikan Bakar dan Sup Ikan

Kawasan Samarinda juga terkenal dengan olahan ikannya yang sangat beragam. Salah satu kedai terbaik yang mengolah ikan adalah Rumah Makan Akmal yang terletak di Jalan Awang Long. Di tempat ini, Anda bisa menyantap ikan bakar dengan bumbu istimewa dan sup ikan hangat yang cocok untuk menemani nasi dan sambal.

Menjelajahi Pesona Kuliner Samarinda yang Unik dan Nikmat
Ikan Bakar dan Sup Ikan (Sumber: keluargakokoh[dot]com)
  

Ikan yang digunakan untuk membuat hidangan ini berjenis patin yang banyak dibudidayakan di sana. Selain mencoba ikan dalam bentuk bakar dan sup, Anda juga bisa mencoba dalam bentuk olahan berupa amplang atau kerupuk ikan khas Samarinda.

2. Nasi Kuning

Selain dikenal dengan olahan ikan, Samarinda juga dikenal memiliki cukup banyak olahan nasi kuning. Kalau Anda ingin menyantap sarapan di pagi hari, disarankan memilih nasi kuning yang memiliki cukup banyak variasi lauk termasuk olahan ikan patin dan sambal khas sana.
 

Menjelajahi Pesona Kuliner Samarinda yang Unik dan Nikmat
Nasi Kuning (Sumber: lifestyle[dot]okezone[dot]com)

Untuk mendapatkan nasi kuning, Anda bisa menyusuri jalanan kota. Biasanya kedai yang menyajikan nasi kuning ternikmat memiliki jumlah pelanggan yang banyak. Ingat itu sebelum memutuskan berbelok untuk menyantap satu porsi nasi kuning.

3. Soto Banjar

Kuliner selanjutnya yang wajib dicoba adalah soto Banjar. Mumpung di daerahnya, Anda bisa berburu aneka rasa soto yang autentik. Di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya mungkin ada olahan soto ini, tapi kualitas kuliner yang orisinal tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Menjelajahi Pesona Kuliner Samarinda yang Unik dan Nikmat
Soto Banjar (Sumber: begitu[dot]com)


Salah satu kedai yang menjual soto Banjar terenak terletak di RM Syari yang berlokasi di Jalan Sudirman. Selanjutnya ada RM Amando yang terletak di Jalan Hidayatulah. Kedua lokasi ini bisa Anda datangi untuk menyantap cita rasa asli Samarinda.

4. Bakso Awang Long

Bakso Awang Long merupakan kuliner olahan daging paling laris di kawasan Samarinda. Rasa bakso yang diberikan sangat khas bakso sebagaimana yang ada di Jawa khususnya Malang. Anda bisa menyantap bakso urat atau bakso halus dengan mi kuning basah yang terasa pas dengan kuah gurih penuh kaldu.

Menjelajahi Pesona Kuliner Samarinda yang Unik dan Nikmat
Bakso Awang Long (sumber: garnesia[dot]com)


Untuk mendapatkan bakso ini, Anda bisa datang ke kawasan Air Hitam atau tidak begitu jauh dari Jalan Pembangunan, Samarinda.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner yang ada di Samarinda. Selain kuliner, ketika Anda datang ke Samarinda disarankan untuk menggunakan akomodasi dalam jaringan Airy Rooms saja. Selain murah, Anda juga bisa mendapatkan jaminan fasilitas seperti internet nirkabel gratis, kamar mandi dalam lengkap dengan perlengkapan serta shower air hangat, televisi, AC, kasur bersih, dan air mineral.

Menjelajahi Pesona Kuliner Samarinda yang Unik dan Nikmat
Airy Rooms Hotel Samarinda

Hotel murah di Samarinda yang ada dalam jaringan itu bisa Anda pesan secara langsung menggunakan web atau aplikasi ponsel Android dan Apple. Dari aplikasi itu, hotel-hotel terbaik dengan harga murah dipilih dan dibayar dengan mudah. Cukup dengan transfer melalui bank yang ditunjuk dan kartu kredit, Anda bisa mendapatkan hotel itu dalam hitungan menit saja.

Jadi, kapan nih main-main ke Semarinda untuk penjelajahan dan wisata kuliner? Mumpung ada promo “Tanggal Tua, Harga Muda” dari Airy Rooms nih. Diperpanjang sampai tanggal 24 Mei 2017 loh. Jangan sampai kehabisan, langsung menuju ke halaman promo Airy Rooms untuk lebih lengkapnya.

Menjelajahi Pesona Kuliner Samarinda yang Unik dan Nikmat
Promo Airy Rooms


4 comments:

adefile said... 23 May 2017 at 01:05

Samarinda memang tidak ada matinya, selain kuliner dan alamnya, Samarinda juga mempunyai pesona dari sisi para wanita yang ada di dalamnya :p

Jalan-Jalan KeNai said... 28 May 2017 at 18:00

Sup ikannya menggiurkan banget kelihatannya

Dokter Autis said... 9 June 2017 at 00:28

soto banjar lah yang paling jos mah :D favorit bgt

pring said... 9 June 2017 at 16:58

bikin ngiler siangsiang

 
Top