Awalnya, akun twitter Warung Blogger dibuat dengan tujuan untuk memperluas jangkauan blog post yang dibuat para blogger melalui sistem retweet tautan. Hasilnya, berdasarkan data yang kami miliki tujuan itu berhasil. Banyak blogger yang merasakan manfaat karena tulisannya telah di-retweet oleh Warung Blogger. Sistem retweet tersebut memberi dampak positif seperti, misalnya, meluasnya jangkauan pembaca blog juga meningkatnya statistik pengunjung di blog masing-masing yang menitipkan tautan.

Tagar #HappyBlogging yang menjadi salah satu persyaratan cuitan untuk di-retweet, secara tidak langsung sudah melekat dan menjadi identitas Warung Blogger pun para #WargaWB yang menitipkan tautan tulisan.

Itu kondisi awal. Ketika pengikut akun twitter masih sedikit, dan jumlah cuitan yang di-retweet masih mudah untuk dihitung, jangkauan dan interaksi para #WargaWB memang terjalin lebih mudah. Namun, saat ini jumlah followers Twitter Warung Blogger semakin meningkat. Ditambah dengan adanya pembaharuan alogaritme media sosial, khususnya pada twitter, membuat sistem retweet tautan blogpost secara masif menjadi tidak efektif.

Warung Blogger percaya, #WargaWB akan selalu menulis hal yang informatif atau menghibur, tapi semakin hari cuitan yang masuk semakin banyak.

Selain itu, melihat fenomena sekarang, lebih banyak blogger yang membagikan tautan blognya sendiri alih-alih membaca tautan blog yang sering dibagikan di akun Warung Blogger. Data statistik dalam satu tahun terakhir menunjukkan angka yang tidak menyenangkan; impresi meningkat tajam, tapi interaksi memiliki angka yang sangat rendah.

Hal yang paling penting, semua cuitan yang masuk dan di- retweet membuat admin tidak memiliki kesempatan banyak untuk berinteraksi dengan #WargaWB. Dan ketika interaksi itu berhasil dilakukan, langsung tertimbun dengan cepat oleh retweet-an tautan.

Setelah menimbang dan memutuskan melalui musyawarah besar, admin dan seluruh kepengurusan sepakat untuk melakukan pembaharuan agar tujuan utama Warung Blogger tidak hilang yaitu dengan meningkatkan interaksi antara Warung Blogger dengan warganya dan tentu saja interaksi antar #WargaWB. Maka, mulai hari ini, sampai setidaknya satu-dua bulan kedepan, admin akan berhenti melakukan rutinitas retweet untuk semua cuitan tautan blog yang masuk di Twitter.

Dan twitter Warung Blogger, semaksimal mungkin, akan memperbanyak konten yang interaktif.
Sumber gambar: Social.Co

Kedepannya, tidak menutup kemungkinan pihak Warung Blogger akan kembali melakukan sistem retweet link blog post. Tapi tentu dengan metoda yang berbeda.

Jika ada pertanyaan: “Bagaimana bila kami ingin memperluas jangkauan sebar agar tulisan kami dapat dibaca oleh blogger di luar lingkaran kami (para blogger)?”

Pertama, tetap gunakan tagar #HappyBlogging ketika membagikan tautan di twitter. Dan jika sedang santai, silakan ketikkan tagar tersebut di kotak pencarian twitter. Voila! #WargaWB tetap dapat memiliki banyak alternatif bacaan. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan inisiatif para blogger untuk memulai interaksi dengan blogger lain. Pernah dengar pepatah kalau jodoh datang dari kotak pencarian? Cobalah.

Kedua, buka facebook, dan bagikan tautan tulisan blog #WargaWB di grup Facebook Warung Blogger. Di sana interaksi sosial maupun statistik menunjukkan angka yang lebih baik. Dengan catatan, bergantung kepada inisiatif kita semua.

Semoga keputusan ini dapat diterima dan dimaklumin #WargaWB semuanya.

Dan untuk #WByangLebihBaik tim masih dan akan selalu berupaya melakukan pengembangan dan pembaharuan sistem. Mohon doanya.

Sumber gambar: Nerdoholic.com

0 komentar:

 
Top