#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Awalnya, akun twitter Warung Blogger dibuat dengan tujuan untuk memperluas jangkauan blog post yang dibuat para blogger melalui sistem retweet tautan. Hasilnya, berdasarkan data yang kami miliki tujuan itu berhasil. Banyak blogger yang merasakan manfaat karena tulisannya telah di-retweet oleh Warung Blogger. Sistem retweet tersebut memberi dampak positif seperti, misalnya, meluasnya jangkauan pembaca blog juga meningkatnya statistik pengunjung di blog masing-masing yang menitipkan tautan.

Tagar #HappyBlogging yang menjadi salah satu persyaratan cuitan untuk di-retweet, secara tidak langsung sudah melekat dan menjadi identitas Warung Blogger pun para #WargaWB yang menitipkan tautan tulisan.

Itu kondisi awal. Ketika pengikut akun twitter masih sedikit, dan jumlah cuitan yang di-retweet masih mudah untuk dihitung, jangkauan dan interaksi para #WargaWB memang terjalin lebih mudah. Namun, saat ini jumlah followers Twitter Warung Blogger semakin meningkat. Ditambah dengan adanya pembaharuan alogaritme media sosial, khususnya pada twitter, membuat sistem retweet tautan blogpost secara masif menjadi tidak efektif.

Warung Blogger percaya, #WargaWB akan selalu menulis hal yang informatif atau menghibur, tapi semakin hari cuitan yang masuk semakin banyak.

Selain itu, melihat fenomena sekarang, lebih banyak blogger yang membagikan tautan blognya sendiri alih-alih membaca tautan blog yang sering dibagikan di akun Warung Blogger. Data statistik dalam satu tahun terakhir menunjukkan angka yang tidak menyenangkan; impresi meningkat tajam, tapi interaksi memiliki angka yang sangat rendah.

Hal yang paling penting, semua cuitan yang masuk dan di- retweet membuat admin tidak memiliki kesempatan banyak untuk berinteraksi dengan #WargaWB. Dan ketika interaksi itu berhasil dilakukan, langsung tertimbun dengan cepat oleh retweet-an tautan.

Setelah menimbang dan memutuskan melalui musyawarah besar, admin dan seluruh kepengurusan sepakat untuk melakukan pembaharuan agar tujuan utama Warung Blogger tidak hilang yaitu dengan meningkatkan interaksi antara Warung Blogger dengan warganya dan tentu saja interaksi antar #WargaWB. Maka, mulai hari ini, sampai setidaknya satu-dua bulan kedepan, admin akan berhenti melakukan rutinitas retweet untuk semua cuitan tautan blog yang masuk di Twitter.

Dan twitter Warung Blogger, semaksimal mungkin, akan memperbanyak konten yang interaktif.
Sumber gambar: Social.Co

Kedepannya, tidak menutup kemungkinan pihak Warung Blogger akan kembali melakukan sistem retweet link blog post. Tapi tentu dengan metoda yang berbeda.

Jika ada pertanyaan: “Bagaimana bila kami ingin memperluas jangkauan sebar agar tulisan kami dapat dibaca oleh blogger di luar lingkaran kami (para blogger)?”

Pertama, tetap gunakan tagar #HappyBlogging ketika membagikan tautan di twitter. Dan jika sedang santai, silakan ketikkan tagar tersebut di kotak pencarian twitter. Voila! #WargaWB tetap dapat memiliki banyak alternatif bacaan. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan inisiatif para blogger untuk memulai interaksi dengan blogger lain. Pernah dengar pepatah kalau jodoh datang dari kotak pencarian? Cobalah.

Kedua, buka facebook, dan bagikan tautan tulisan blog #WargaWB di grup Facebook Warung Blogger. Di sana interaksi sosial maupun statistik menunjukkan angka yang lebih baik. Dengan catatan, bergantung kepada inisiatif kita semua.

Semoga keputusan ini dapat diterima dan dimaklumin #WargaWB semuanya.

Dan untuk #WByangLebihBaik tim masih dan akan selalu berupaya melakukan pengembangan dan pembaharuan sistem. Mohon doanya.

Sumber gambar: Nerdoholic.com

Post a Comment

  1. Oh begitu ya, Admin. Ya sudah, kami yakin kok para pengurus WB akan memberikan yang terbaik. Malah jadi introspeksi juga ke kami, yang kadang aktif berinteraksi, kadang tidak sama-sekali. Seperti yang Admin bilang: impresi tinggi, tapi interaksinya malah rendah. Yang penting, WB tetap eksis, ya. Bagaimana pun, komunitas ini telah banyak menolong blogger, khususnya yang pemula seperti saya. Terima kasih, Admin.. ^^

    ReplyDelete
  2. Oke min.. Saia akan memahami dan menghormati keputusan yang dibuat mengenai retweet..

    Meski tidak lagi diretweet, saya akan tetap memposting di Twitter dengan hashtag #HappyBlogging karena memang tujuan saya ngeblog adalah untuk berbagi...

    Semoga postingan-postingan saya akan bisa bermanfaat bagi mereka yang memasukkan #HapplyBlogging di kolom pencarian Twitter..

    Salam
    Menggapaiangkasa dot com

    ReplyDelete
  3. Untuk mengirim tulisan ke warung blogger masih bisa tdak min
    atau d berhentikan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa, donk. Ditunggu tulisannya, Kak.

      Delete
  4. Baiklah....
    Semoga kita tambah dekat ya walopun blm diretweet lagi

    ReplyDelete
  5. Dukuunggg...
    Semangat menuju WB yg lebih baik. InsyaAllah amin.
    Makasih buat admin wb smuanya yg slma ini udh bantuin ngeretweet blogpost daku. Makasih bnyk dan sukses sllu. Ditunggu program2 kece berikutnya yak. 😊

    ReplyDelete
  6. wahh mesti sering-sering ngecek twitnya WB nih.. biar tidak salah posting.
    hehehe

    ReplyDelete
  7. Sangat bisa dimaklum kesulitan dalam meretweet. Apalagi kalau jumlah anggotanya banyak banget seperti WB.

    Kalau ada yang terlewat nantinya merasa dianaktirikan.

    Interaksi dengan warga pasti sangat terbatas karena kesibukan meretweet.

    Keputusan yang bijak mas. Cuma memang perlu strategi ulang karena saaah satu kelebihan WB adalah retweetnya itu. Sistem ini memberikan "keuntungan" pada blogger pemula yang pasti sangat tertarik untuk pengembangan blog. Kalau tidak ada, mereka mungkin akan malas juga datang..

    Ruwet pastinya memang untuk ngurusin yang seperti ini.

    Sing sabar yahh... tetap semangat yahh

    Dari saya yang sudah lama nggak berkunjung ke Warung Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mas. Siap, semoga program-program baru lainnya tetap menarik untuk #WargaWB semuanya.

      Delete
  8. Bisa dimengerti dan siap mencoba tip jodoh bermula dari kotak pencarian 😁

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.