#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

blogger life

Copas. Alias copy paste, istilah yang sering digunakan di Indonesia bagi yang suka menjiplak karya orang lain. Tentunya kebiasaan copy paste ini merupakan kebiasaan buruk yang seringkali bisa membuat banyak orang jadi terpancing emosi.

Beberapa waktu lalu, media sosial aku kembali ramai soal plagiat. Seorang penulis cerpen diketahui kalau karya-karyanya adalah hasil copy paste tulisan orang lain. Ada lebih dari 20 cerpen yang sudah dimuat dalam media massa ternyata adalah bentuk plagiat.

Masih terekam jelas diingatan aku ketika kasus serupa terjadi sekitar satu tahun lalu. Saat seorang remaja menulis status yang akhirnya menjadi viral karena dianggap status tersebut membawa nilai positif. Namun setelah status tersebut menjadi viral, akhirnya diketahui kalau status tersebut bukanlah hasil pemikiran si remaja pribadi, melainkan hasil copy paste dari status orang lain.

Sebelum aku melanjutkan cerita tentang copy paste ini, simak dulu yuk apa arti dari plagiat. Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, berikut ini penjelasan tentang plagiat:
Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.

Cara Melaporkan Artikel Copy Paste

Sebagai blogger,  dengan maraknya kejadian tulisan yang di copy paste, tak jarang aku malah merasa resah. Kekhawatiran kalau nanti tulisan akan diplagiat, malah membuat aku mandek dan enggak nulis-nulis.

Padahal seharusnya tugas aku kan terus berkarya bukan? Kekhawatiran aku terlalu berlebihan. Daripada akhirnya aku berhenti berkarya, lebih baik aku melaporkan saja jika terbukti ada yang melakukan copy paste tulisan aku. Toh setahu aku setiap karya di digital kita sudah memiliki hak cipta.

Eh lapor kemana? Lapor ke media sosial? Hmm.. lapor via media sosial ini kok menurut aku malah bikin nambah masalah ya. Khawatir malah menjadi bumerang dan pencemaran nama baik. So, what should I do?

Jawabannya adalah dengan melaporkan ke DMCA. Apa itu? DMCA, singkatan dari Digital Millennium Copyright Act, adalah sebuah bentuk perlindungan terhadap hak cipta. Tujuannya agar tidak terjadi konten duplikat pada blog juga pembajakan seperti lagu dan film.

Cara melaporkan ke DMCA ternyata enggak sulit. Yang penting kita sudah tahu kalau ada tulisan kita yang mengalami copy paste. Nah ini dia langkah-langkahnya:

Yang pertama, sudah tentu kunjungi halaman Google DMCA-Notice terlebih dahulu.

Langkah kedua, mengisi form yang ditampilkan pada halaman tesebut. Masukan identitas kita sebagai pelapor, seperti nama depan, nama belakang, nama perusahaan (isi saja dengan nama blog kita), alamat email, serta negara tempat kita tinggal.

menyingkapi copy paste pada blog


Pada kolom "Copyright holder you represent", pilih self. Karena kita mewakili diri kita sendiri.

Bagian ketiga adalah mengisi "Your copywright work". Saatnya kita melaporkan tulisan kita yang sudah kena copy paste.  Ada 3 kolom yang harus diisi pada bagian ini. Di kolom pertama, silakan untuk menjelaskan tujuan mengisi form ini. Ya sudah pasti karena plagiat. Tulis saja secara sederhana seperti, "Tulisan pada blog saya telah mengalami plagiat." Di kolom kedua, isi dengan url blog kita yag kena copy paste. Baru di kolom ketiga, kita berikan url pelaku plagiat.

menyingkapi copy paste pada blog


Langkah terakhir tentunya adalah pengesahan isi form. Ada tiga pernyataan yang harus kita beri check mark, tanda kita mengakui kalau semua data yang kita berikan ini benar dan kita paham apa yang sedang kita lakukan. Kemudia jangan lupa mengisi tanggal dan tanda tangan serta diakhiri dengan re-Captcha, untuk membuktikan kita bukan robot.

menyingkapi copy paste pada blog


Sudah selesai proses lapornya adanya plagiat. Semudah itu ternyata.

Sanksi dari Google DCMA


Tentunya pada bertanya-tanya, apa sih sanksi bagi blog yang dilaporkan ke Google DMCA. Hmm kasih tahu enggak ya. Kasih tahu deh. Sanksi bagi blog yang dilaporkan ke Google DCMA adalah artikel tersebut akan sulit terindek di halaman pencarian Google. Dan sanksi terberat adalah blognya akan dihapus.
Ngeri enggak? Aku sih ngeri. Blog down aja nangis-nangis bingung, apalagi kalau sampai diapus karena dapat hukuman.
Well, makanya jangan suka copy paste karya orang lain. Setuju?

Post a Comment

  1. punya saya dulu juga saya kunci pakai plugins, tapi lama2, ya sudah lah, bismillah.

    ReplyDelete
  2. Copy paste sekarang kebanyakan dilangkau langkau atau dilewati gitu, maksudnya gak semua tapi sebagian sebagiannya saja :(

    ReplyDelete
  3. Setuju walaupun saya sendiri dulu juga pernah melakukan copas. Maklum kala itu pengen membuat blog kaya informasi banyak menu biar kelihatan keren. Tapi ya dulu baca-baca digoogle akhirnya ketemu DMCA ini. Tapi untuk sanksinya sendiri saya belum pernah menemui apakah benar2 dihapus blognya atau tidak?

    ReplyDelete
  4. Pernah ngalamin salah satu tulisan di blog lama, tahun 2013, di copas oleh beberapa blog dan beberapa fanpage FB, cerita bergenre horor kota. Kemarin iseng,cek lg cerita itu, karena muncul kasus spt di postingan ini, eh masih ada yang copas lagi...daaan hanya satu dua yang mencantumkan link sumber, lainnya gak ada. Tapi ya sudahlah... semoga tulisan kita bermanfaat dan membawa kebaikan :)Aamiin

    ReplyDelete
  5. wah baru tahu info ini mbak Dian, aku mau coba aah soalnya banyak tulisanku yang dikopas blog enggak jelas

    ReplyDelete
  6. Aku Nemu beberapa tulisanku di copas. Gemes sich kok ya ada yang begitu hmmm

    ReplyDelete
  7. saya dulu juga sering kesel kalau tulisan di copas, tapi kalau sekarang dibawa santai aja lah.. Males buang energi berlebih untuk ngurusi hal yang kadang gak jelas titik akhirnya. Toh saya kan cm blogger biasa. mungkin kalau penulis buku nah itu baru perlu diperhatikan lagi tentang copy paste

    ReplyDelete
  8. Naaais, bisa kubookmark sih ini, tapi.sanksinya cuma baru sulit keindex yah nggak sekalian artikel dihapus aja? Muehehehe jahat XD

    ReplyDelete
  9. Kalau yang website ngopas tulisan blog utuh tanpa izin gimana? Bisa dilaporkan juga? Terus kalau ada laporan palsu yang sengaja jahat ketahuan nggak?

    ReplyDelete
  10. Keren nih kalau bisa dilaporkan, jadi ingat tulisanku dulu pernah dicopas, rasanya tuh di sini (megang dada sambil menghirup udara dan ngucap dan menahan marah).

    ReplyDelete
  11. Wah ini artikel keren, tapi misal copas dengan mencantumkan sumber asal apa juga bakalan kena lapor ya?

    ReplyDelete
  12. wah ilmu baru,, banyakan blogger yang kena copas atau AGC mencari tutorial ini :)

    ReplyDelete
  13. Jaman sekarang copy paste semakin mengular dan merajalela, tidak sedikit juga kegiatan ini menjangkiti beberapa media lokal maupun situs berita lokal..

    Cara yang paling sederhana adalah banyak dari diantara mereka yang mengkopi berita dari sumber lain, dan merubah judulnya saja tanpa.merubah isinya, isi 90% sama persis dengan berita pihak lain..

    Namun ada juga yang menggunakan cara diterjemahkannya berita luar negeri

    ReplyDelete
  14. Waah bagus banget informasinya, masih suka bingung kalau ada yang copypaste blog

    ReplyDelete
  15. Wah, makasih infonya ya, Mbak Dian. Meskipun saya belum tahu apakah ada konten blog saya yang dicopas, tapi pengetahuan ini tentu penting untuk para blogger :)

    ReplyDelete
  16. Mantap mbak tulisannya. Lagi booming ini copast karena aksesnya mudah dan hukumnya tidak kelihatan. Padahal sbg blogger kita udah capek2 mengisi konten blog kita dengan tulisan asli.

    ReplyDelete
  17. biar ga dicopas dulu saya memakai anti copas
    trus waktu tukar template blog eh hilang juga
    malas lagi utak atik
    semoga aja ga ada yg copas isi tulisan di blog saya

    ReplyDelete
  18. Trkadang geram dengan orang-orang yang suka copas blog, kalau sudah benar-benar keterlaluan boleh juga tuh dilaporkan

    ReplyDelete
  19. Tulisan saya paling sering dibajak. Jarang banget sih ngelaporin, kebanyakan malah curhat dimedia sosial biar diberi sanksi sosial. biar ketahuan sih

    ReplyDelete
  20. Aku pas pertama kali ngeblog ada tuh satu dua copas dan modif kaya wikipedia gitu. Tapi tujuannya buat belajar aja. Sekarang sih jangan sampai copas. Ide itu kan ngumpulinnya butuh waktu juga

    ReplyDelete
  21. Itulah sebabnya blogku kupasang antikopas mbak :(
    Paling sebel sama yang suka comot seenak udelnya sendiri :(
    Apalagi yang tiba2 kirim email katanya udah kopas duluan hiks sedih. Knp gak sewa content writer aja ya :(

    ReplyDelete
  22. Ini penting banget ilmunya tapi aku bingung ada yg tulisannya DCMA atau DMCA, mana yg bener sih

    ReplyDelete
  23. Memang paling nyesek kalau tulisan kita di copas ya...
    Jadi, perlu memang lebih baik tulisan kita diamankan

    ReplyDelete
  24. Setuju banget...rasa nya malu aja punya blog tapi pemikiran bukan dari sendiri..terus kopas pula .,keliatan banget ngarep duit tapi pelit .

    ReplyDelete
  25. Wah, nice info ... :)
    Kira2 brp lama sih prosesnya ini?

    ReplyDelete
  26. Iya iih...syerem.
    Awal mula jadi blogger, pernah copas ((pengakuan jujur))

    Dan hanya sekali ituu aja.

    Trus engga-engga lagi.

    ReplyDelete
  27. Biar ga di copas mending pakek script anti copas ajh.

    ReplyDelete
  28. kalo copas ide boleh lah, kan bagus juga, konten kita jadi trend setter, asal jangan udah kopas ide, eh produknya juga ditiru, dalam hal ini tulisannya

    ReplyDelete
  29. Sebaiknya pakai scrip anti copas ya gan

    ReplyDelete
  30. Mantab, bener ulasannya. Memang siapa to yang tidak jengkel tulisan kita, hasil pikiran kita dengan susah payah ditulis dan dituangkan lewat blog, eh dengan entengnya di plagiat, mending kalau sebagian lha kalau semuanya di copas, plus tanpa menyertakan sumber artikel pan males banget, tapi ya sudah deh memang kalau kita sudah berusaha proteksi blog kita kadang jebol, ya ikhlasin aja sih #haha

    ReplyDelete
  31. Setuju, susah payah kita membuat di copy paste dijadikan karyanya. tetap menulis. kadang ada salah paham, karena ingin berbagi terutama panduan jadi nya ada yang sama padahal menceritakan yang dialami. bagian script html dan resep pasti ada kesamaan.

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.