#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Ini menjadi kali pertama rubrik ‘tulisan’ pilihan dibuat. Mengapa Warung Blogger membuat rubrik ini akan dibahas di akhir tulisan.


Kali ini di pekan pembuka ‘‘tulisan pilihan’’, Warung Blogger meminta Andhika Manggala, pemilik blog andhikamppp.com yang biasa berkicau di akun twitter @andhikamppp, untuk membaca, memilah dan memutuskan siapa yang akan dimasukkan ke dalam rubrik ‘tulisan pilihan’ minggu ini.


Ucha, begitu biasa ia dipanggil, sehari-harinya bekerja sebagai Project Development di salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa analisa dan inspeksi barang tambang. Selain itu, sebagai bloger, ia juga memiliki pekerjaan sampingan jasa tulis dan jasa pengembangan blog berbasis blogspot dan wordpress. Dan pekerjaan tambahannya saat ini, sebagai salah satu pengurus Warung Blogger periode 2018-2019, khususnya di pengembangan website dan konten.


Ucha memiliki minat dan ketertarikan yang cukup baik di dunia literasi. Karena alasan itu, meskipun masih di tahap awal, ia memilih gaya bercerita di fokus tulisnya. Ia amat senang jika berdiskusi masalah kaidah bahasa dan sastra. 


Ia memiliki ‘keresahan’ tersendiri di dunia bloging. Utamanya tentang apa yang akan terjadi dengan dunia blog di masa depan. Beberapa di antaranya, ada dalam artikel dalam ‘tulisan pilihan’ minggu ini.


Berikut adalah tulisan yang dipilih oleh Ucha sebagai ‘tulisan pilihan’, beserta alasannya. Sebagai tambahan, tulisan-tulisan lain selain yang ada di bawah ini dapat kamu lihat di twitter melalui tagar #HBN2018 #wbkatakunci 


***
 

Oleh: Andhika Manggala Putra


Dunia bloging saat ini telah bertransformasi ke arah yang baru. Ia tidak hanya sekadar tulis menulis cerita demi kepuasan pribadi belaka. Dengan segala potensi yang ada di dalamnya, sekarang ini dunia bloging dekat sekali dengan gemilang rupiah. Banyak sekali pengiklan mempercayakan produk dan jasanya kepada bloger. 


Untuk saya pribadi, fenomena ini seolah menjadi dua sisi mata pisau untuk dunia bloging itu sendiri. Di satu sisi, tentu saya senang melihat teman-teman bloger lain berkesempatan menambah pundi-pundi rupiah dari sebuah hobi. Di sisi lain, ketika berkunjung ke banyak sekali blog, saya kehilangan bagian yang mengasyikan dari membaca sebuah blog: opini, curahan hati dan sudut pandang seorang penulis tentang objek yang ditulisnya. Karena alasan itu, dulunya, saya menganggap bahwa blog adalah alternatif baca yang paling jujur. Sekarang saya, mungkin juga ada sebagian dari Anda yang merasakan yang sama, mulai meragukan asumsi tersebut. Banyak sekali blog yang berubah menjadi katalog produk. 


Fenomena ini juga sedikit banyak saya temukan di artikel-artikel yang diikutsertakan ke dalam ‘bermain kata kunci’ yang diadakan Warung Blogger dengan kata kunci bloger di masa depan. Baik membahas tentang bagaimana terlibat dan menghadapi fenomena tersebut atau spesifik ke bagaimana seharusnya bloger mengembangkan diri untuk persaingan di masa depan. 


Bloger di Masa Depan dan Bloger Masa Lalu: Catatan di Hari Bloger Nasional

Karena dianggap sulit, banyak bloger melupakan kaidah berbahasa Indonesia dalam tulis-menulisnya. Selain itu menulis dengan mengikuti kaidah bahasa Indonesia seringkali dianggap kaku, terlalu formal dan terkesan kurang akrab. Padahal penggunaan kaidah berbahasa Indonesia dalam dunia tulis menulis tidak selalu berbanding lurus dengan gaya berbahasa dalam menulisnya. Dengan pemilihan kata yang pas, menulis dengan segala tetek-bengek yang ada di dalam panduan berbahasa Indonesia pun tidak akan terkesan kaku. Apalagi ditambah dengan gaya bercerita yang menarik.


Rudi G. Aswan membuktikannya melalui tulisan-tulisannya di blog belalangcerewet.com. Dengan latar belakangnya sebagai editor dan penerjemah lepas, juga kesehariannya yang dekat dengan dunia tulis menulis, Mas Rudi mampu membuat banyak sekali cerita dengan kata-kata baku tanpa sedikitpun terlihat kaku. Selain itu, gaya bercerita Mas Rudi membuat kita tidak bosan membaca tulisannya. Dengan materi dan isi seperti ini, dengan rutin mengunjungi blog Mas Rudi, tentu dapat membuat gairah membaca blog tetap terjaga.  


Mas Rudi juga menjelaskan bahwasanya peningkatan kualitas konten, baik isi maupun cara dan gaya menulis, adalah salah satu cara yang harus dilakukan bloger untuk menghadapi persaingan di masa depan. 


Berikut petikan artikelnya:


Agar tidak tertinggal dalam persaingan kreatif, kita harus menggali style atau gaya tutur yang unik dan akhirnya menjadi branding yang kuat. Travel blogger, misalnya, kini jumlahnya semakin banyak. Hanya segelintir travel blogger yang bisa mencuat dan saya kenali bakal bisa bertahan di era persaingan yang sangat kompetitif. Bloger ala ala jangan berharap mendapat tempat khusus demi kemajuan.


Style juga mencakup penggunaan bahasa yang rapi. Tak masalah bloger menggunakan bahasa percakapan yang santai namun tetap mengindahkan penggunaan pronomina benda –nya yang menempel pada kata benda yang dijelaskannya, misalnya. Sudah bukan zamannya bloger tak bisa membedakan mana kata depan dan mana awalan. Bloger di masa depan adalah bloger yang sadar akan ketepatan berbahasa dan mau belajar demi cinta pada bahasa indonesia.

Bulan ini adalah bulan Sumpah Pemuda, saat penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan disepakati. Boleh banget menggunakan bahasa asing namun tetap ditulis dalam huruf miring kecuali bila menulis dalam bahasa asing seluruhnya. Selain itu, bloger perlu belajar menuangkan gagasan secara runtut agar lebih nikmat dibaca. Jika terbiasa mengungkapkan ide secara teratur, lambat laun tulisan akan solid dan punya ruh.




Ngobrolin Soal Blogger di Masa Depan!

Kita semua sepakat untuk menghadapi persaingan di masa depan diperlukan banyak sekali upaya untuk melakukan pengembangan. Tapi kemudian muncul pertanyaan: ‘Apa sih yang harus dikembangkan?’


Banyak sekali proses pengembangan yang gagal atau malah tidak dilakukan sama sekali hanya karena kita tidak tahu pasti apa yang harus dikembangkan. Untuk melakukan pengembangan ada beberapa metoda yang bisa digunakan. Salah satunya menggunakan SWOT analysis. Yaitu suatu metoda perencanaan yang digunakan untuk mengetahui dan mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats). 


Dan sebagai orang yang kesehariannya dikerjai dengan tetek bengek pengembangan, saya tertarik bagaimana Mbak Diah Kusumastuti menganalisa peluang bloger di masa depan melalui metoda SWOT analysis. 


Berikut petikan artikelnya:


Event-event yang digelar untuk masyarakat umum saat ini sudah banyak yang melibatkan blogger. Dari mulai event launching resto, pengenalan produk baru dari perusahaan, event pariwisata, hingga sosialisasi kebijakan pemerintah yang baru, dan lain-lain.


Itu semua menjadi strength baru bagi blogger. Blogger menjadi salah satu bagian dari digital marketing untuk banyak pihak. Ikut menyebarkan berbagai informasi kepada khalayak luas, mempromosikan suatu produk, juga mempengaruhi masyarakat untuk bertindak atau mengambil keputusan. Bukan hanya e-commerce atau marketplace saja yang sering menggunakan blog sebagai media promosi, tapi sekarang ini pemerintah sudah sering menggandeng blogger untuk tujuan-tujuan share kebijakan baru. 


Menurut saya, sih, kekuatan tersebut kemungkinan masih akan ada setidaknya untuk beberapa tahun ke depan. Mengapa? Karena peluang itu masih ada.


Tulisan selengkapnya dapat dilihat pada tautan: Selamat Hari Blogger Nasional! Yuk, Ngobrolin Soal Blogger di Masa Depan!


Sudah Siapkah Menjadi Bloger Profesional di Masa Depan?

Baik itu kekuatan, kelemahan, kesempatan, atau ancaman yang disebutkan Mbak Dian dalam tulisannya mungkin tidak semuanya bisa diaplikasikan di blog masing-masing dari kita. Tapi setidaknya, cara dan penjabaran yang disampaikan Mbak Dian bisa memberikan gambaran bagaimana kita melakukan analisa untuk melakukan pengembangan menghadapi segala tantangan. Ceile. Dan pengembangan tersebut pastilah memerlukan proses. 


‘Memerlukan proses’ frasa tersebut perlu ditanamkan oleh kita sebagai bloger, khususnya bloger baru yang ingin meraih hasil instan, terutama dalam hal mencari uang, lewat blog. Wajar jika banyak bloger baru berpendapat mencari uang lewat blog itu gampang. Karena, mungkin, mereka terjun ke dunia blog di masa-masa monetisasi blog sedang berkembang pesat. Tapi, seperti yang disampaikan Mbak Nurul Fitri Fatkhani melalui tulisannya, untuk sampai ke titik ‘bisa mencari uang lewat blog’ memerlukan proses dan ketekunan yang luar biasa panjang.


Mbak Nurul juga dapat dijadikan contoh bagaimana ‘proses tidak pernah mengkhianati hasil’. Ia yang kini disibukkan dengan banyak aktivitas bloging memberikan tips dan trik rahasia yang sudah ia lakukan. Dan tentu cara-cara yang dilakukan Mbak Nurul juga bisa kita gunakan guna menghadapi persaingan bloger di masa depan. 


Berikut petikan artikelnya:

Dalam perkembangannya, kini dunia blogger sudah semakin meningkat dan banyak bermunculan blogger baru. Uniknya (baca: anehnya), banyak pemain baru yang memiliki paradigma ngeblog untuk mencari uang. 


Eh, memang enggak ada salahnya kalau beranggapan seperti itu. Karena dalam kenyataannya saya pun bisa mempunyai penghasilan dari kegiatan ngeblog. Namun semua itu saya jalani dengan proses yang panjang. Saya ingat betul, blog ini bisa menghasilkan pundi-pundi setelah melewati belasan purnama, setelah konsisten diisi tulisan-tulisan.


Berbeda dengan bloger-bloger baru yang sempat saya temui. Mereka begitu berambisi agar blognya bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Kadang saya lihat ada blog baru yang latah mengikuti blogger sukses dengan menggunakan tema yang sama. Misalnya ketika melihat seorang beauty blogger sukses dari blognya, langsung ikut-ikutan menggunakan tema yang sama. Pokoknya, ingin cepat berpenghasilan dari blog, titik!


Tulisan selengkapnya dapat dilihat pada tautan: Sudah Siapkah Menjadi Bloger Profesional di Masa Depan?
 

***


‘Tulisan pilihan’ dan Alasan adanya Bermain Kata Kunci

Rubrik ‘‘tulisan pilihan’’ ini dibuat sebagai apresiasi atas kesediaan bloger mengikuti program ‘bermain kata kunci’ yang diadakan oleh Warung Blogger. Dinamakan ‘‘tulisan pilihan’’ karena rubrik ini, dengan segala keterbatasannya, tidak selalu mampu menampilkan yang terbaik. Lagipula bukankah baik itu relatif? Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan berbagai aspek, ‘‘tulisan pilihan’’ diharapkan mampu menjadi alternatif untuk semua ragam tulisan yang masuk di program ‘bermain kata kunci’.


Program ‘bermain kata kunci’ itu sendiri bertujuan untuk mengajak bloger menulis dengan kata kunci yang ditentukan yang, mungkin, di luar kebiasaannya dalam menulis. 


Kamis sadar selama ini sulit bagi kami untuk dapat konsisten membuat konten pada website Warung Blogger. Oleh karenaitu ‘bermain kata kunci’ juga diharapkan mampu meningkatkan konsistensi menulis untuk Warung Blogger (khususnya) dan juga untuk seluruh bloger.


‘Bermain kata kunci’ akan dibuat secara berkala, dengan kata kunci yang ditentukan. Periode waktu penulisan dibuat singkat selama kurang lebih satu minggu. Dan tulisan-tulisan yang sesuai dengan kata kunci tersebut berhak dikurasi untuk dimasukkan ke dalam rubrik ‘‘tulisan pilihan’’ ini. 


Karena ini program dari dan untuk bloger. Kamu juga berhak untuk menentukan kata kunci dan atau menjadi juri untuk memilih ‘‘tulisan pilihan’’. Dan kami juga sangat terbuka dengan kritikan dan masukan. Kalau kamu punya usulan, baik tentang program ini secara keseluruhan, atau sekadar mengusulkan sebuah kata kunci, juga bersedia menjadi juri ‘‘tulisan pilihan’’. Silakan kirimkan surel ke warungbloggerblog@gmail.com dengan subjek [Bermain Kata Kunci]. 


Selengkapnya tentang Bermain Kata Kunci dapat kamu baca pada tautan berikut: http://www.warungblogger.org/p/bermain-kata-kunci.html

Kami percaya, masih sangat banyak bloger yang menulis untuk menulis dan menulis karena ingin menulis. Bermain kata kunci hanya salah satu dari banyak cara untuk membangkitkan kembali gairah menulis. Jadi, mari mainkan kata kuncinya. Tuliskan, lalu biarkan ia menemukan nasibnya sendiri di mesin pencarian.

Tabik,

Warung Blogger

Post a Comment

  1. "Kamis sadar selama...." typo min, hehe

    ya aku sih memang merasa agak risih dan kurang dengan nyaman dengan blog yang mulai banyak iklannya tapi sepi postingan organik. padahal kan tulisan organik yang penuh opini itu yang dikangenin.

    Soal ini, aku juga berkaca pada diriku sendiri. Dulu, setahun lalu aku sempat menjadi seperti ini. Sampai temenku muak dengan tulisanku yang sponsor mulu. Yan tentu saja kemudian aku berbenah

    Nah, untuk sekarang ini aku juga mengatur diri. Posting setiap 2 hari sekali atau minimal 3 post/minggu. Juga, pengaturan sponsor post dan organic post yang 1:3. Setiap ada sponsor post, maka setelahnya harus ada minimal 3 organic post. tentu dengan kualitas yang sama. Bahkan aku lebih berani menawar untuk penundaan tayangan sponsor post demi idealitas dan kesehatan blog

    hmmm ya begitulah

    ReplyDelete
  2. Kalau melihat tulisanku pada awal-awal menulis blog (tahun 2006-2012) itu masih tterasa runut dan EYD masih bagus. Tapi dari tahun 2012 sampai sekarang ada perubahan dalam tulisanku dan isinya. Berubah menjadi kurang baik. Hiks. Rasanya banyak sekali iklan di blogku

    ReplyDelete
  3. Menyejukkan sekali isi tulisan ini. Aku sendiri sering dibuat bingung dengan pilihan bahasaku sendiri. Kadang baku, kadang tidak. Jika kubuat baku, nanti aku dikira orang formal. Jika dibuat tidak baku, nanti dikira tulisan nggak jelas, ecek-ecek.

    Its ok lah. Terimakasih sudah dicerahkan. :)

    ReplyDelete
  4. wuih,, selamat buat tulisan yang terpilih :)

    ReplyDelete
  5. Semoga blogger masa depan tetap menulis sisi personal nya pengalaman pribadi..gak semata menulis untuk kepentingan sponsor semata..

    ReplyDelete
  6. Bener juga soal kaidah bahasa. Karena memang ku anggap kaku, aku sering mengabaikan kaidah berbahasa indonesia. Apalagi yang baik dan benar sepettinya sangat abai. Duh, apakah aku bisa bertahan jadi blogger masa depan :(

    ReplyDelete
  7. Masih lumayan sering menulis karena ingin menulis, tapi udah jauh lebih baik dari yang dulu, soal EBInya. Tapi tetap butuh asalahan biar makin oke dan siap hadapi masa depan

    ReplyDelete
  8. Sepakat, dunia blog memang menggiurkan, tapi yang instan jelas akan tergilas. Sedangkan yang benar-benar mencintai menulis, akan tetap menulis meski tak mendulang rupiah sekalipun

    ReplyDelete
  9. Kumalah khawatur dengan banyaknya kemunculan blogger yang tertarik hanya karena gemilang rupiah kak..bisa bisa persaingannya jadi tidak sehat dan cenderungenyikut. Semoga dunia bloger tetap damai

    ReplyDelete
  10. Saya jadi sedih kalau ada yang menuliskan tentang blogger masa depan.
    karena mungkin saya saat ini belum pantas disebut seorang blogger profesional. Yang tulisannya banyak mengedepankan fakta.

    Sebagai emak-emak, sering sekali tulisan hanya berupa curahan hati mamak yang sedang galau karena memilih mainan anak.
    Atau sekedar bingung drama Korea mana dulu yang mau direview di blog.

    Hihii~
    Receh sekali...

    ReplyDelete
  11. Wah, itu yang bisa saya ungkapkan ketika selesai baca tulisan ini. Ruhnya Mas Dhika sekali. Keresahan yg sama juga pernah terbersit dlm benak saya ketika menyadari banyaknya konten komersial dibandingkan dg tulisan organik pd sebuah blog. Selain itu, masalah bahasa di blog juga tidak bisa dianggap sepele. Bagi saya, semakin rapi tulisan di blog, semakin enak dibaca dan kemungkinan diingat atau dikunjungi kembali semakin besar. Baiklah, di momen ini sepertinya kita harus menanggulangi itu dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  12. Blogger masa depan ya cuma ada di masa depan. Hanya yg kreatif dqn inovatif yg bertahan. Blogger udh sama aja kayak dunia industri. Industri jasa blog. Sayangnya kadang ada yg menggadaikan jati diri

    ReplyDelete
  13. aku sudah baca di blog aslinya.. ini tulisan mb diah ya.. emang bagus dan mencerahkan sih.. belajar banyak jg.. pengen jg ikut di program bermain kata kunci berikutnya di Wb. semoga bisa ya

    fika

    ReplyDelete
  14. Terima kaksih, WB! Kami tunggu tema berikutnya.

    ReplyDelete
  15. Kereeennn lah postingannya kek baca buku apa gitu hehe
    Maju terus pantang mundur blogger Indonesia..

    ReplyDelete
  16. mantap lanjutkan min. semoga semakin berkembang.

    ReplyDelete
  17. Blogger masa depan harus mulai siap-siap beralih menjadi Vlogger, karena zaman terus menantang perbaikan dan peningkatan kreativitas :-? (h)

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.