Optimasi SEO melalui Media Sosial. Saat ini kita semua, as a blogger and also writer, pasti pengen banget tulisan di blog banyak yang baca. Atau dengan bahasa perblog-an traffic, viewnya maksimal. Efeknya bukan cuma blog kamu terkenal, akan tetapi juga pagerank naik. Untuk melakukan ini, kita akan membutuhkan yang namanya SEO. But put it aside, I don’t actually understand how to use SEO. Buataku SEO bikin kepala pusing dan senut-senut. Let’s do it in a simple way atau bisa dibilang, mari kita gaet viewers dengan menggunakan hal yang saya pahami. Bisa dibilang cara ini jauh lebih mudah daripada pake SEO, terutama buat yang nggak ngerti SEO sepertisaya. Let’s learn how to get your viewers using your social media account! Dan ini gratis!

1. Knowing and Understanding Your Viewers

Percaya atau enggak, hal yang harus kamu ketahui dan pahami pada saat pertama kali akan melakukan optimasi viewer dengan menggunakan akun media sosial pribadia dalah viewer itu sendiri. Viewers memiliki kategori khusus yang tentunya nanti akan menjadi pembaca setia blogmu. Cara untuk mengetahui viewers adalah dengan menentukan tujuan dari blog kamu. Ada dua pertanyaan dasar yang akan menentukan pemahaman kamu terhadap viewers:

a. Apa yang kamutulis?
b. Pada siapa kamu tujukkan tulisan itu?

Setelah mengetahui hal ini, kamu harus mengetahui jawaban dari beberapa pertanyaan lanjutan berikut ini:

a. Apakah viewers kamu pria atau wanita? Atau keduanya?
b. Berapa range umur viewers kamu?
c. Berasal dari manakah viewers kamu? Kota dan Negara?
d. Bahasa apa yang digunakan oleh viewers kamu?

Sudah kamu dapatkan jawaban dari pertanyaan di atas? Sila lanjutkan ke poin kedua.

2. Choose the most popular one!


Pada saat membaca judul kalau kita akan menggunakan media sosial pribadi sebagai alat optimasi viewers, pasti di dalam hati khususnya buat anak socmed, bakal bilang “Wah, bisa juga nih, gue punya banyak akun socmed! Kebetulan gue nggak ngerti SEO!” Well, selamat kamu sudah berhasil menempuh setengah dari langkah kedua. Tapi, nggak semua jaringan media sosial bisa kamu pake, Genks!

Bukan berarti bahwa kamu tidak bisa menggunakannya, tapi don’t waste your time to do something ineffective and useless! Pilih media sosial paling popular, dan banyak digunakan berdasarkan dengan data viewers kalian pada langkah nomor satu! Popularitas media sosial ditentukan oleh data viewers. Contoh, untuk range umur 20-24, media sosial popular nomor satu adalah facebook. Akan tetapi untuk viewers dengan range umur 11-17 media sosial paling popular nomor satu adalah twitter.

Ingat, kita tidak akan menggunakan Facebook ads ataupun promoted twitter walaupun keduanya digunakan. Ingat, semua langkah di dalam tulisan ini FREE! Kalian hanya memerlukan waktu dan koneksi (yang bisa didapatkan gratis ataupun bayar :p)

3. Fit Your Promotion Copy With Your Tools!


Kamu pasti tau, dan paham bahwa setiap situs media sosial memiliki ‘karakter’ yang berbeda dan pengguna yang berbeda. Well, katakanlah bahwa kamu menggunakan banyak sosial media, tapi apakah kamu menggunakannya karena mengharapkan hal yang sama dan bisa mereka berikan? Obviously not! Karena itu kamu harus menggunakan kalimat promosi atau katakanlah copy yang berbeda untuk setiap media sosial yang kamu gunakan. 

Dapatkan Viewers dengan Media Sosial

Untuk Facebook, media ini berbaik hati memberikan kita tempat untuk berpromosi dengan menggunakan beberapa ribu karakter. Tapi tidak dengan Twitter yang membatasi kalian dalam menggunakan kata-kata. Menggunakan Twitter berarti kalian harus siap-siap menjadi lebih tricky dan compact dalam kalimat. Biasakan untuk menggunakan 120 karakter saja. Kenapa 120 karakter bukankah Twitter memiliki 140 karakter? Jika kamu mengetahui RT-edit, maka kamu akan pahamb ahwa RT-edit menghabiskan lebih banyak karakter. Menurut beberapa ahli sosial media, tweet pada Twitter dengan jumlah karakter lebih dari 120 kurang popular untuk re-tweet.

4. Put Social Media Widget on Your Blog!


Untuk memudahkan viewers yang menggunjungi blog kalian melakukan sharing, pasang widget media sosial pada blog kamu. Syaratanya, apakah ketika kamu melakukan sharing blog orang lain kamu lebih memilih menggunakan sharing manual (copy link lalu disisipkan pada laman akun sosial media milik kalian) dan menghabiskan waktu ATAU menggunakan widget yang jauh lebih praktis? Jika hal ini ditanyakan pada saya, jawabannya adalah yang kedua. Begitu juga dengan kamu.(Iyakan, iyakan? Iya dong) :P

Dapatkan Viewers dengan Media Sosial

5. Engage it!


Engagement bisa diartikan sebagai cara untuk membangun hubungan dengan para viewers. Suatu bentuk engagement yang sering digunakan oleh para blogger adalah blogwalking dengan menyisipkan tautan ke link blog. Eits, tapi itu bukan menggunakan sosial media. Bagaimana dengan menggunakan sosial media?Sering baget kayaknya kita ngoceh ngalor-ngidul sama temen via sosial media.

Tapi, seberapa banyak ocehan kalian di media sosial yang dilakukan untuk engagement terhadap blog? Jarang. Engagement untuk blog bisa dilakukan dengan cara mengajak ngobrol orang dan membagikan link blog kalian. Jika dirasa engagement mengajak kawan mampir ke blog melelahkan untuk dilakukan dan hanya menghasilkan viewers dalam jumlah kecil, lakukan engagement dengan akun besar! Misalnya akun komunitas dan brand yang memiliki kaitan dengan post dan viewer kalian.

Beberapa orang pasti sering melakukan resharing atau retweeting pada konten blog yang kalian share. Jika itu terjadi lakukan “An eye for an eye.” Eits, tapi di sini bukan dalam artian balas dendamya, tapi membalas budi. Kalau ada teman yang melakukan resharing atau retweeting, lakukan hal yang sama pada mereka. Dengan melakukan hal ini, akan ada kelanjutan sharing terus menerus yang berkelanjutan. Gakpercaya?Cobain deh.

6. Perfect Time is Perfect Traffic


Ingat nggak peribahasa, jodoh datang dalam waktu yang tepat? Begitu juga dengan traffic, hahah! Mengetahui audience kalian berarti kalian juga mengetahui kapan mereka akan online! Lakukan sharing atau engagement posting blog pada waktu-waktu tersebut. Bocoran sedikit nih, untuk akun @Warung_Blogger, engagement paling tinggi terjadi pada hari Senin! Jam berapa? Cari tahu sendiri ya :P

Setidaknya itu dulu yang bisa saya sampaikan saat ini, untuk segala pertanyaan yang kamu inginkan, silakan isi kolom komentar atau kirim email contact@msmahadewi.com. Kalau sudi mampir hangout dengan saya bisa klik http://msmahadewi.com

Thanks!

15 comments:

@SobatBercahaya said... 3 January 2014 at 03:58

Tak PM ae biar cepet ya
Btw siapa yang jaga warung pada hari senin?

yandhi ramadhana said... 3 January 2014 at 15:33

eit tulisannya dewi toh pantesan gaya bahanya familiar.
hari senen yang jaga warung mba ijah baha...

mas opickaza said... 4 January 2014 at 11:26

saya biasa share d twitter wb kok mas

Ari Tunsa said... 4 January 2014 at 16:39

itu penulisnya cewek, mas opik, hehe

miftah riza said... 4 January 2014 at 19:01

saya selalu share postingan terbaru di twitter,fb dan G+

damarojat said... 6 January 2014 at 16:53

Yang engagement saya kok blum paham ya? Maksudnya itu gmn ya?

Yoswa Mardhikai said... 6 January 2014 at 21:10

Interaksi balik, misalkan ada yang mention kita RT atau retweet atau relpy. Misalkan ada komentar di blog yach kita reply balik komennya :D

ephy said... 7 January 2014 at 19:33

masih gak mudeng.....

Ms. Mahadewi Shaleh said... 9 January 2014 at 05:35

Siapa emang? Cakep banget ya? :)))

Ms. Mahadewi Shaleh said... 9 January 2014 at 05:37

Wahahaha, makasiii fansss :))

Ms. Mahadewi Shaleh said... 9 January 2014 at 05:42

@Opick
Iya bener share via twitter WB juga bisa kok

@Ari Tunsa
Hihihi, Makasi Om Ari....

Ms. Mahadewi Shaleh said... 10 January 2014 at 17:40

Iya betul mas Yoswa salah satunya itu,
Contoh lain misalnya di twitter kita search keyword yang sesuai dengan post, lalu setelah itu kamu langsung samber alias nimbrung dengan memberikan link, ehehe...

adam azkiya said... 15 January 2014 at 17:52

Sebenernya masih pusing sih, jadi intinya ini tuh ga pake apapun selain copas link artikel ke sosmed? [-(

patricialize said... 19 July 2014 at 22:43

Wah, makasih banyak infonya :D

Seputar Harga gadget said... 10 August 2014 at 18:42

kok punyaku coba pakai sosmed saja kok susah naiknya yah blognya , al hasil harus pakai link building lage

 
Top