Banjarnegara Berduka

Duka kembali menyelimuti bagian wilayah negeri ini. Banjarnegara, salah satu kabupaten di Jawa Tengah sedang dilanda bencana, satu dusun tertimbun tanah. Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karang Kobar, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah kemarin 13 Desember 2014 tertimbun tanah.

tanah longsor di banjarnegara

Sekitar pukul 17:30 Wib tiba-tiba bukit Telaga Lele longsor. Bukit setinggi 400 meter itu menimpa satu dusun dengan 105 rumah beserta jalan raya penghubung Banjarnegara - Dieng. Komandan Kodim 0704 Banjarnegara menuturkan bahwa luas cakupan bencana hingga 10 hektar, ada 300 orang di lokasi kejadian.

Menurut data dari BNPB korban hingga pagi ini pukul 06:30 Wib telah mencapai 20 orang tewas, 11 luka berat, 4 luka ringan, dan 88 orang belum ditemukan. Saat ini ada sekitar 577 pengungsi yang tersebar di 10 titik. Para pengungsi memerlukan bantuan makanan, selimut, sanitasi, obat-obatan, dan pakaian anak-anak. Sumber


Video Detik-Detik Menjelang Tanah Longsor

Video amatir di atas menggambarkan detik-detik bencana tanah longsor di Banjarnegara. Video dengan durasi kurang dari 2 menit itu diambil oleh salah satu korban yang selamat. Dari video tersebut terdengar teriakan para korban longsor di Kecamatan Karangkobar.

Apa yang bisa kita lakukan?

Bagaimana jika kita termasuk salah satu korban selamat dari bencana tanah longsor di Banjarnegara, apa yang akan dilakukan dan dibutuhkan?

Saat ini, kita semua yang masih diberikan kesehatan dan kelonggaran rezeki, masih bisa menikmati sesuap nasi, dan masih ada tempat untuk berteduh di malam hari, patut bersyukur dengan sedikit memberikan bantuan kepada mereka "para korban bencana" sebisa mungkin.

Yang punya waktu luang dan tenaga, bisa menuju ke sana untuk menjadi relawan. Kalau hanya punya "receh" mari bantu sebisa mungkin untuk mereka. Bisa jadi uang seribu tidak berarti bagi Anda, tapi sangat berarti untuk mereka.

Warung Blogger mengajak Anda meringankan sedikit ujian yang menimpa dulur-dulur kita di  Banjarnegara, dengan memberikan bantuan berupa materi melalui rekening di bawah ini:


Kami menampung bantuan dalam bentuk uang yang akan disalurkan kepada para korban bencana tanah longsor di Banjarnegara. Bantuan melalui Warung Blogger akan ditutup pada tanggal 23 Desember 2014 dan diserahkan kepada para korban.

**Sedikit bagi Anda, Besar bagi mereka**

5 comments:

ferryjaguaritem said... 15 December 2014 at 05:37

Saya turut berduka-cita,semoga para korban tanah longsor diterima imam-islamnya dan bagi para keluarga yg ditinggalkannya diberi kesabaran.Amiin...

ferryjaguaritem said... 15 December 2014 at 05:39

Saya turut berduka-cita,semoga para korban tanah longsor diterima imam-islamnya dan bagi para keluarga yg ditinggalkannya diberi kesabaran.Amiin...

Noorma Fitriana M. Zain said... 15 December 2014 at 18:43

Mas ari, ketemu langsung yuk

Firman Hakiki said... 17 December 2014 at 16:51

Kahiji ah... meh kahaji.. hehehe
Subhanalloh, semoga korban diberi ketabahan dan kekuatan. Amin.

eksak said... 20 December 2014 at 00:39

Pray for Banjarnegara! :)

 
Top