#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Positif Self Talk


Positif Self Talk
Artikel Lilis Ratna Purnamasari

Setiap manusia tentu memiliki gambaran tentang dirinya sendiri (citra diri). Citra diri merupakan bagian dari konsep diri. Citra diri ini meliputi pandangan tentang peran serta karakter yang dimiliki. Citra diri itu akumulasi pikiran, sikap, dan pendapat yang diterima dan disimpan sejak kecil. Citra diri ini berada di bawah sadar dan telah disimpan dengan sangat lama. Citra diri tentu saja menentukan bagaimana seseorang berpikir dan bertindak. Seseorang dengan citra diri positif akan dapat menikmati hidup dengan penuh kebahagiaan dan dapat beraktualisasi. Sebaliknya, individu dengan cirta diri negatif akan terkungkung oleh pikiran negatif yang akan menghambat pengembangan dirinya. 

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengubah cirta diri yang sudah terlanjur negatif? Saya lemah, bodoh, payah, tidak bisa, masa depan suram, dll. Mungkin kita tidak menyadari betapa seringnya kita menyimpan kata-kata negatif di kepala kita (negative self talk). Dan juga tidak menyadari betapa “berbahayanya” kata-kata itu terhadap diri kita. Lalu apa yang harus dilakukan? Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah citra diri itu. Apakah mudah? Tentu tergantung sejauh mana komitmen seseorang untuk mengubah dirinya. Bagaimana caranya? Positif self talk bisa jadi obat mujarab. 

Positif self talk itu metode yang membuat kita menjadi seorang yang berpikir positif. Ketika kita berbicara pada diri kita sendiri, sebenarnya mengajarkan kita untuk lebih dekat dan mengenali diri kita sendiri. Kita memerlukan positif self talk untuk menciptakan motivasi yang dapat memperbaiki pola pikir dan sekaligus dapat menumbuhkan semangat. Positif self talk juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, harga diri, dan dapat lebih mengenali siapa kita. Lebih penting lagi adalah positive self talk dapat mengubah citra diri yang pada akhirnya dapat berpengaruh pada perilaku. Contoh penggunaan “mantra” positif self talk adalah ketika Alan Turing tetap keras kepala mempertahankan mesin christoper untuk memecahkan kode enigma walaupun banyak pihak yang ingin menggagalkan. Akhirnya gara-gara mesin itu kita kenal komputer pada masa ini. Karena apa? Dalam dirinya ada keyakinan berupa positif self talk bahwa ia dan timnya akan berhasil. Setiap keberhasilan tidak akan lepas dari positive self talk yang memberikan kekuatan luar biasa untuk menaklukan segala rintangan. Dan disamping positive self talk tentunya keberhasilan diiringi oleh faktor penguasaan skill dan kompetensi tertentu.  

Apa yang bisa dilakukan untuk menciptakan positif self talk yang ampuh dan kemudian dapat berubah wujud menjadi pola pikir positif? Pertama, hilangkan negative self talk, caranya? 
1. Sadarilah bahwa dalam diri (pikiran kita), memang ada sesuatu yang bentuknya ungkapan atau perkataan negatif yang selalu terngiang-ngiang dan mempengaruhi pikiran dan perilaku kita. 
2. Setelah sadar, pikirkan apa yang akan terjadi jika kita terus terpenjara pada negative self talk yang ada. Beri waktu berdiam sebentar lalu ganti kata negatif tersebut dengan kata yang lebih positif. Terus ulangi kata-kata tersebut bahkan bisa ditulis atau diucapkan secara verbal. 
3. Selalu fokus untuk mengingat momen yang menyenangkan, keberhasilan yang pernah diraih, bukan fokus pada kegagalan dan memori buruk yang pernah dialami. Dan bayangkan pula keberhasilan yang akan kita raih di masa depan. 
4. Terakhir, tentu bergaul dengan orang-orang yang positif. Dengan demikian, kita akan terpengaruh oleh mereka dan dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Positif self talk yang akan mengarah pada pola pikir positif akan sulit terwujud jika hidup di lingkungan yang serba negatif (pikiran, perilaku, dll).  

Jadi berhentilah untuk selalu melihat diri dari sisi yang buruk, ingat bahwa setiap detik merupakan awal yang baru.

Post a Comment

  1. Thanks udah share, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. waaah, menarik nih..
    jadi ini semacam mensugesti atau memberikan afirmasi2 positif untuk diri sendiri yaa..
    thank for share

    ReplyDelete
  3. Perhatian!!! Perhatian !!!!
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Tidak terlihat lagi, karena kami berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk orang, perusahaan dan masyarakat dengan cara yang jelas dan mudah dipahami, syarat dan Ketentuan.
    Tidak ada pemeriksaan kredit diperlukan, 100% dijamin. Mohon mendaftar sekarang melalui email kami dan Anda akan senang Anda lakukan karena kami akan membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu.
     
    Email kami di: (Caroljonesloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. Life must go on. Hidup ya seperti ini gan hehe.
    Danzrray.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Ada ga si perbedaan antara positif self talk dengan positif thinking? Hehe

    ReplyDelete
  6. sangat membantu dalam hidup positif dimasa masa muda ini .

    ReplyDelete
  7. thanks infonya pak....sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  8. unik gan ^^. numpang promo di butuh-it.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Memang betul kita harus mencintai diri sendiri dengan penuh rasa syukur kepada yang maha kuasa

    ReplyDelete
  10. Please keep update your blog thanks!

    ReplyDelete
  11. Mudah-mudahan apa yang Anda berikan bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkannya.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih telah diberikan kesempatan untuk berkomentar.

    ReplyDelete
  13. yang penting tetep positive thinking dan jaga hati

    ReplyDelete
  14. Kuncinya adalah berfikir positif tentang semua hal, pikiranlah yang menentukan sesorang untuk menjadi orang sukses atau tidak sukses.

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.