Tips Belanja Hemat Ala Blogger




Tips Belanja Hemat Ala Blogger

Dulur WB, sebagai blogger, kita punya perangkat perang yang wajib dimiliki. Semacam kamera atau gawai yang mumpuni untuk menghasilkan foto terbaik buat dipajang di blog, pritilan pernak-pernik sebagai pemanis barang kayak vas berisi bunga-bunga plastik kecil dan home dekor lain, sampai baju dan makeup yang pas untuk undangan acara liputan. Eh, ya ampun ternyata banyak banget ya. Untungnya sebagian peralatan kebutuhan blogger itu awet pakai bertahun-tahun ya, kayak laptop dan gawai. Tapi kalau semacam baju dan sepatu yang sama kan enggak mau juga terlalu sering muncul di postingan, apalagi kalau di postingan yang berentetan gitu. Nge-blog memang membutuhkan effort tinggi, tapi proses enggak akan membohongi hasil dong. Supaya keperluan nge-blog kamu enggak bikin kantong berteriak merasa teraniaya, bisa dipraktikkan nih tips belanja hemat ala blogger ini.

Apa saja sih tips belanja hemat ala blogger itu?

1.      Bikin Kalender Acara dan Postingan Buat Me-list Keperluan
Selain menghindari kelewatan deadline postingan, bikin kalender acara undangan atau kopdar dan postingan bisa membantu kamu menyusun perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Misalnya ada lima undangan acara, berarti kita mesti mempersiapkan lima pakaian yang sesuai, apalagi kalau ada dresscode-nya udah kebutuhan garis keraslah memilih baju yang pas. Atau mungkin, kalau acaranya di luar kota, barang-barang yang harus dibawa lebih banyak lagi. Mesti diperiksa apa masih tersedia atau sudah habis pakai. Kayak sunblock, pastikan bakal nongkrong manis dalam tasmu.
Setelah selesai membuat kalender acara dan jadwal postingan, langkah selanjutnya kamu tinggal membuat list keperluan. Dari sana, bisa dilihat barang yang harus kamu beli. Efektif dan efisien. Jangan sampai karena laper mata, pas belanja, kamu malah beli barang-barang lain yang keren sih... tapi kamu enggak butuh. Misalnya aja kamu butuh gawai baru buat ngeblog, tapi malah beli tas cantik, duh jadinya melenceng jauh kan.

2.      Setia Sama Budget
Bukan cuman pasangan yang butuh kesetiaan kamu, dalam berbelanja juga kesetiaanmu pada budget diuji. Beneran! Misalnya kamu belanja online nih. Kalau kamu bulan ini hanya punya budget 500 ribu buat keperluan ngeblog, pastikan kamu hanya membuka-buka laman yang memuat keperluan itu, jangan berselingkuh ke page keperluan rumah tangga padahal dalam list kamu enggak ada postingan bertema itu. Kalau tergoda, dijamin budget kamu bakalan membengkak. Enggak mau kan habis belanja malamnya kamu nangis nyesek kayak habis diputusin.

3.      Pakai Kartu Kredit Kalau Dibutuhkan Saja
Masih berhubungan dengan budget, sebaiknya jangan pakai kartu kredit kalau kamu tipe yang enggak bisa menahan diri, apalagi kalau limitnya tinggi. Saat menemukan barang-barang di luar keperluan tapi nyangkut di hati, kartu kredit bikin kamu gelap mata. Kamu bakalan berpikir, cukup ini budget-nya. Akhirnya tujuan belanja mulia kamu buat menaikan kualitas postingan blog malah enggak tercapai. Tapi kalau kamu yakin bisa mengendalikan hasrat belanjamu, boleh banget kok pakai kartu kredit. Apalagi kalau memang belanja online yang mengharuskanmu membayar memakai kartu kredit. Intinya sih pakai kalau dibutuhkan saja.

4.      Cari Barang Diskon
Buat menghemat pengeluaran, kamu bisa cari barang-barang diskonan. Tentunya yang ada di daftar belanjaan. Biasanya nih, barang diskonan berkualitas oke banyak bertebaran di waktu-waktu tertentu. Semacam Harbolnas, diskon menyambut hari raya, dan pergantian ajaran baru. Sale-nya suka gila-gilaan, lumayan banget kan. 

Tips Belanja Hemat Ala Blogger


5.      Pakai Voucher Diskon
Gimana kalau keperluanmu mendesak sehingga enggak bisa menunggu waktu-waktu khusus sale? Ada solusinya? Ada! Solusinya, belanja hemat pakai kode voucher diskonan. Coba deh belanja pakai kode diskon di Saleduck yang tersedia setiap saat. Tiap bulannya promo voucher-nya beda-beda. Misalnya nih bulan November sampai Desember 2016 ada promo code 50% buat pembelian gadget dan elektronik dari blibli tiap hari Senin. Kamu enggak akan ngeluh lagi karena gadget sering error saat dibawa liputan acara blog. Bye-bye juga kebetean saat lihat hasil foto liputan yang gelap karena kurang cahaya di venue. Kamu enggak lagi harus minta foto sama teman sesama blogger karena punya perangkat ngeblog yang mumpuni. Atau mungkin kamu butuh laptop baru karena yang lama charger-nya udah gak berfungsi. Tuh kan solusi banget voucher diskonnya. Terus masalah baju buat OOTD juga lewaaat, karena voucher diskon buat fashion wanitanya luar biasa bikin girang, sampai 80%.

Tips Belanja Hemat Ala Blogger


Terus cara pakai kode voucher-nya gimana? Buka ini, terus klik voucher diskon yang kamu inginkan. Setelah meng-copy kode diskonnya, klik tombol gunakan kode pada merchant online agar kalian gak perlu susah-susah lagi mencari promo page-nya di website toko online. Setelah puas berbelanja, saatnya untuk memasukkan kode promo yang sudah di-copy tadi pada kolom yang tersedia pada saat cek out transaksi. Mudah bukan?!

Selamat mempercantik postingan blogmu dengan peralatan yang mumpuni, Webers.

7 comments:

Brainking Plus Asli said... 1 December 2016 at 13:31

terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat sekali

Manap Gan Teng said... 3 January 2017 at 18:48

seperti nya gue udah menerapkan tips elu min.

gue belanja kalo lagi diskon doang haha

lentera said... 4 January 2017 at 21:33

Tips belanja yang bisa ditiru ini...

lentera said... 4 January 2017 at 21:33

Tips belanja yang keren kakak.. :) terima kasih

pokoknya said... 9 January 2017 at 04:16

Patut di coba nih tips triknya...

GANI said... 20 January 2017 at 09:02

Semenjak kenal online shop memang jd agak boros nih... Bis enak tinggal klik barang nyampe... Hehehe
Makasih yaa tips nya insya Allah bermanfaat.... Good job

Undangan Pernikahan Unik said... 22 January 2017 at 14:53

Wih mantep nih tipsnya.. Mau nyoba ah

 
Top