#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #HappyBlogging #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Lokasi Lomba Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Tidur merupakan hal yang penting banget dan suatu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi seperti layaknya makanan dan minuman. Namun demikian masih banyak orang yang mengabaikan kenyataan tersebut dan melakukan pekerjaan lain dan menunda waktu tidur. 

Durasi dan kualitas tidur beragam tergantung usia. Bayi hingga 1 bulan memerlukan tidur selama 20 jam sehari di atas 1 bulan tidur hanya 10-12 jam sehari dan orang dewasa sehat membutuhkan waktu tidur ideal antara 6- 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan pikiran beristirahat. Di dalam tubuh kita, ada Hormon-hormon tertentu yang hanya dapat bekerja ketika kita tidur pulas di malam hari, termasuk hormon pertumbuhan. Oleh sebab itu, kita perlu memastikan tidur kita sudah cukup setiap malam agar dapat memperoleh tidur yang berkualitas. Lalu apa yang terjadi ketika kita kurang tidur?

Kurang tidur yang berkualitas dapat membuat tergangguanya fungsi fisik dan mental yang membuat penurunan kesehatan dan kesejahteraan (Johnson, 2009). Seeorang yang tidak memiliki tidur berkualitas dapat mengalami penurunan penampilan fisik, akumulasi laktat, kemampuan mental menurun, dan penurunan volume oksigen. Selain fisik, tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Orang yang tidur sedikit dapat meningkatkan resiko terjadinya depresi daripada orang dengan kulitas tidur baik, (Kalmbach, 2018). Selain kesehatan, gangguan tidur dapat menyebabkan berkurangnya kualitas hidup manusia dan mengalami gangguan sosial. 

Sumber gambar : Pixabay 

National Heart, Lung, and Blood Institute (2011) mengungkapkan tips agar mendapatkan good night sleep diantaranya adalah:

1. Buatlah jadwal tidur dan patuhi jadwal tidur tersebut.
Tidur dan bagunlah pada waktu yang sama setiap hari. Banyak tidur di akhir pekan tidak akan menambah tidur yang sedikit di minggu sebelumnya.

2. Hindari berolahraga berat sebelum tidurBerolahragalah setidaknya 30 menit setiap hari, tapi usahakan selambatnya 2-3 jam sebelum tidur.

3. Hindari mengkonsumsi kopi, merokok, dan alkohol sebelum tidur.
Kopi menganung kafein yang akan membuat sesorang tidak dapat tidur di malam hari. Merokok membuat orang cenderung bangun lebih pagi karena ingin merokok. Sementara itu, konsumsi alkohol akan membuat Tidur REM terganggu dan akan membuatmu bangun tengah malam dan tak dapat tidur ketika efek alkohol telah hilang.

4. Hindari makan makanan berat dan terlalu banyak minuman di malam malah hari.
Makanan makanan banyak dan berat dapat menyebabkan ketidaksanggupan mencerna yang menggangu tidur. Minum terlalu banyak air di malam hari dapat menyebabkan terbangun di tengah malam untuk kencing.

5. Jangan tidur siang setelah jam 3 sore
Tidur siang dapat membuatmu mengganti waktumu begadang, tetapi tidur terlalu sore hari dapat membuat lebih susah tidur di malam hari.

6. Relaks sebelum tidurSebelum tidur lakukan kegiatan yang membuatmu relaks seperti menarik napas dalam, membaca buku, mendengarkan musik, atau mandi air hangat. Kamu bisa melakukan langkah berikut
  1. Relaksasi napas dalam
  2. Duduk di tempat tidur dengan bahu lurus.
  3. Letakkan kedua tangan di perut
  4. Tarik napas melalui hidung, mulut di tutup, tahan selama 5 detik
  5. Buang napas melalui mulut
  6. Lakukan sebanyak 10kali atau hingga merasa relaks.

7. Hindari bermain Smartphone sebelum tidur.
Jauhkan HP Anda minimal 1 jam sebelum tidur. Bermain HP di tempat tidur hanya akan membuatmu lebih susah tidur.

8. Atur lingkungan tidur yang nyaman
Jauhkan segala hal yang membuatmu tidak dapat tidur seperi suara, cahaya yang terang, tempat tidur yang tidak nyaman, suhu yang tinggi. Anda akan tidur nyenyak jika, jika suhu rungangan baik.

9. Tidurlah di tempat tidur saat mengantuk
Tidur di tempat tidur ketika belum mengantuk membuatmu melakukan ativitas lain dan bahkan mulai berpikir hal-hal negatif. Jika Anda tidur dalam keadaan sadar dan menemukan dirimu berpikir hal-hal negatif, bangun dari tempat tidur dan lakukan hal lain. Kembalilah tidur jika sudah merasa mengantuk.

10. Jika memiliki masalah tidur hubungi dokterJika Anda terus-terusan tidak bisa tidur dalam waktu yang lama, segera hubungi dokter.

REFERENSI
Kalmbach, D. A., Pillai, V., & Drake, C. L. (2018). Nocturnal insomnia symptoms and stress-induced cognitive intrusions in risk for depression: A 2-year prospective study. PLoS One, 13(2)http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0192088
Johnson, T. D. (2009). Getting enough sleep can often be the best medicine. The
Nation's Health, 39(2), 24. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/198478887?accountid=17242
National Hearth Lung, and blood institute (2012). Your guide to Healthy sleep. NewYork: NHI Publiction





Post a Comment

  1. Wah cocok ini tipsnya membuat suami saya. Soalnya suami saya suka susah tidur malem atau imsonia. Padahal tahu nggak baik, tapi susah ngerubah pola tidurnya karena kebiasaaan

    ReplyDelete
  2. saya tipe orangnya sulit konsisten dlm mentaati jadwal tidur, apalagi ada film bagus di tivi. :)

    ReplyDelete
  3. kebiasaan untuk bermain hp sebelum tidur itu suliit banget untuk dihentikan.
    tapi untuk kebaikan, harus di coba deh :)

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.