Tips Cerdas Belanja Online

Saat ini marak sekali adanya transaksi jual beli online. Banyak yang melakukannya karena alasan kepraktisan, tinggal pesan lalu transfer, tak lama kemudian barang pun tiba, tidak harus ribet untuk ke tempat penjual. Tapi tidak sedikit pula yang masih ragu untuk melakukan transaksi online. Ini ada beberapa tips cerdas belanja online:

1. Seperti halnya ingin berbelanja di pasar, kita sebaiknya menentukan akan membeli apa sebelum datang ke pasar, agar tidak ada tragedi membeli barang yang tidak dibutuhkan. Saat hendak membeli online juga sebaiknya kita harus mengetahui akan membeli apa.

2. Cari toko atau penjual online yang sesuai dan terpecaya, ini bisa dilihat dari testimoni para pembeli sebelumnya. Sebaiknya dipilih penjual atau toko yang satu kota, agar menghemat ongkos kirim(ongkir), yang biasanya ditanggung para pembeli itu sendiri, jadi harga yang dicantumkan biasanya belum termasuk ongkir.

3. Perhatikan tata caranya. Beda toko atau penjual, beda pula tata cara pembeliannya, walaupun mayoritas sama: pesan, deal, transfer, lalu barang dikirim. Tapi biasanya ada beberapa ketentuan tambahan di tata cara pembelian, seperti bisa booked asal tak lebih dari sehari, ada juga yang tidak bisa, atau pembayaran bisa dibayar separuh, lalu dibayar penuh ketika barang tiba, dan lainnya, tergantung tata cara dan kesepakatan. Maka ini sangat wajib diperhatikan, agar tidak ada keluhan dikemudian hari, karena biasanya para penjual atau toko online sudah mencantumkan tata cara dan kesepakatannya, supaya para calon pembelinya bisa mengetahui terlebih dahulu.

4. Jika masih kurang yakin dengan toko atau penjual online tersebut, bisa menggunakan rekber alias rekening bersama yang banyak tersedia. Rekber adalah perantara antara para pembeli dan penjual, jadi para pembeli mentransfer uang ke rekber, kemudian ketika barang sampai di pembeli, baru uang yang telah ada di rekber ditransfer ke penjual. Sangat disarankan menggunakan rekber ketika jumlah transaksi sudah melebihi nominal Rp 500.000,-

5. Bisa juga melakukan COD (cash on delivery), jadi kita melakukan pertemuan untuk melaksanakan transaksi, sehingga tidak menggunakan ongkir. Bawa serta beberapa orang terpecaya untuk menemani ketika COD, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

6. Tanya selengkapnya ketika ada yang bingung dalam transaksi, tapi pastikan anda telah membaca dengan baik tata cara penjualan dan keterangan barang yang akan dibeli. Tanyakan tentang kualitas barang, kemiripan barang dengan foto yang ada, ekspedisi apa yang digunakan, kira – kira barang berapa hari sampai, apakah ada diskon (berharap penjual berbaik hati mengkorting harga. Hehe) dsb.

7. Lakukan konfirmasi akhir, apakah akan jadi membeli atau tidak, ini sangat penting! Jika tidak jadi melakukan pembelian di toko atau penjual tersebut beri tahu dengan kata – kata yang baik, karena para penjual bisa saja memasukkan nama kita kedaftar black list.

8. Jangan lupa minta nomer resi, kemudian cek di website resmi ekspedisi, agar mengetahui apakah barang benar telah terkirim ke alamat diinginkan.

9. Beri tahu dan testimoni ke penjual ketika barang telah sampai ditangan.


Sekian tips cerdas belanja online yang dapat diberikan, semoga dapat memberi pengetahuan dalam transaksi online.

***
Tips dan Trik
@NisaaHani

3 comments:

iKurniawan said... 15 March 2014 at 01:45

bagus tips nya. biar kita dapet yang kita mau dengan harga terbaik, tetep aman juga (o)

Armand Palu said... 5 February 2016 at 08:58

selain dari itu semua jeli-jeli melihat gambar produk. kadang ada produk yang dijual tidak sesuai dengan gambar online. beda kain, beda ukuran, dll. barang yg dikirim selain KW, kualitasnya jg sangat dibawah.

 
Top