#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Tips Cerdas Belanja Online

Saat ini marak sekali adanya transaksi jual beli online. Banyak yang melakukannya karena alasan kepraktisan, tinggal pesan lalu transfer, tak lama kemudian barang pun tiba, tidak harus ribet untuk ke tempat penjual. Tapi tidak sedikit pula yang masih ragu untuk melakukan transaksi online. Ini ada beberapa tips cerdas belanja online:

1. Seperti halnya ingin berbelanja di pasar, kita sebaiknya menentukan akan membeli apa sebelum datang ke pasar, agar tidak ada tragedi membeli barang yang tidak dibutuhkan. Saat hendak membeli online juga sebaiknya kita harus mengetahui akan membeli apa.

2. Cari toko atau penjual online yang sesuai dan terpecaya, ini bisa dilihat dari testimoni para pembeli sebelumnya. Sebaiknya dipilih penjual atau toko yang satu kota, agar menghemat ongkos kirim(ongkir), yang biasanya ditanggung para pembeli itu sendiri, jadi harga yang dicantumkan biasanya belum termasuk ongkir.

3. Perhatikan tata caranya. Beda toko atau penjual, beda pula tata cara pembeliannya, walaupun mayoritas sama: pesan, deal, transfer, lalu barang dikirim. Tapi biasanya ada beberapa ketentuan tambahan di tata cara pembelian, seperti bisa booked asal tak lebih dari sehari, ada juga yang tidak bisa, atau pembayaran bisa dibayar separuh, lalu dibayar penuh ketika barang tiba, dan lainnya, tergantung tata cara dan kesepakatan. Maka ini sangat wajib diperhatikan, agar tidak ada keluhan dikemudian hari, karena biasanya para penjual atau toko online sudah mencantumkan tata cara dan kesepakatannya, supaya para calon pembelinya bisa mengetahui terlebih dahulu.

4. Jika masih kurang yakin dengan toko atau penjual online tersebut, bisa menggunakan rekber alias rekening bersama yang banyak tersedia. Rekber adalah perantara antara para pembeli dan penjual, jadi para pembeli mentransfer uang ke rekber, kemudian ketika barang sampai di pembeli, baru uang yang telah ada di rekber ditransfer ke penjual. Sangat disarankan menggunakan rekber ketika jumlah transaksi sudah melebihi nominal Rp 500.000,-

5. Bisa juga melakukan COD (cash on delivery), jadi kita melakukan pertemuan untuk melaksanakan transaksi, sehingga tidak menggunakan ongkir. Bawa serta beberapa orang terpecaya untuk menemani ketika COD, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

6. Tanya selengkapnya ketika ada yang bingung dalam transaksi, tapi pastikan anda telah membaca dengan baik tata cara penjualan dan keterangan barang yang akan dibeli. Tanyakan tentang kualitas barang, kemiripan barang dengan foto yang ada, ekspedisi apa yang digunakan, kira – kira barang berapa hari sampai, apakah ada diskon (berharap penjual berbaik hati mengkorting harga. Hehe) dsb.

7. Lakukan konfirmasi akhir, apakah akan jadi membeli atau tidak, ini sangat penting! Jika tidak jadi melakukan pembelian di toko atau penjual tersebut beri tahu dengan kata – kata yang baik, karena para penjual bisa saja memasukkan nama kita kedaftar black list.

8. Jangan lupa minta nomer resi, kemudian cek di website resmi ekspedisi, agar mengetahui apakah barang benar telah terkirim ke alamat diinginkan.

9. Beri tahu dan testimoni ke penjual ketika barang telah sampai ditangan.


Sekian tips cerdas belanja online yang dapat diberikan, semoga dapat memberi pengetahuan dalam transaksi online.

***
Tips dan Trik
@NisaaHani
Label:

Post a Comment

  1. bagus tips nya. biar kita dapet yang kita mau dengan harga terbaik, tetep aman juga (o)

    ReplyDelete
  2. selain dari itu semua jeli-jeli melihat gambar produk. kadang ada produk yang dijual tidak sesuai dengan gambar online. beda kain, beda ukuran, dll. barang yg dikirim selain KW, kualitasnya jg sangat dibawah.

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.