#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

tips aman menggunakan taksi

Hidup di Jakarta dan kota-kota besar memang harus selalu berwaspada agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, terlebih jika kita adalah pengguna transportasi umum. Maka dari itu saya akan berbagi tips aman menggunakan taksi.

Check this out :)

1. Memesan Taksi Melalui Telepon

  • Pesanlah melalui telepon-terutama di malam hari.
Memesan taksi melalui telepon merupakan cara yang paling aman untuk bepergian khususnya di malam hari. Lakukanlah perbandingan untuk mencari perusahaan yang menyediakan jasa yang terbaik.
  • Pilihlah perusahaan yang anda percayai.
Ketika anda memesan melalui telepon, anda bebas memilih perusahaan taksi, dan karena pesanan anda termonitor, masalah yang timbul dapat dilaporkan.

2. Mendapatkan Taksi Di Jalan

  • Perhatikan nama perusahaan.
Usahakan untuk memilih taksi dari perusahaan yang ternama dan terpercaya. Jangan menilai taksi dari warnanya. Sebagai contoh, ada lebih dari 10 perusahaan taksi yang berwarna biru yang menggunakan atribut nomor body. Perhatikan secara seksama nama perusahaan dan bentuk logo di bagian samping kendaraan dan di lampu mahkota.
  • Perhatikan nomor taksi dan Kartu Pengenal Pengemudi.
Ketika naik ke dalam taksi, catatlah nomor kode taksi yang ada di dashboard dan pintu mobil. Juga perhatikan Kartu Pengenal Pengemudi yang mencantumkan nama pengemudi, nomor registrasi dan fotonya di dashboard. Cermati dengan seksama apakah  wajah pengemudi yang ada di Kartu Pengenal Pengemudi sesuai dengan pengemudinya. Bila ragu, atau pengemudi tersebut berusaha menyembunyikan wajahnya, batalkan menggunakan taksi tersebut.
  • Periksa penampilan pengemudi.
Pada perusahaan taksi yang profesional, pengemudinya harus mempunyai tingkah laku yang baik dan sopan, berpotongan rambut pendek, mengenakan seragam dan sepatu. Dalam hal ini, lebih baik “menilai seseorang melalui penampilannya.” Untuk menjaga kesegaran dan kebersihan, beberapa perusahaan menerapkan aturan ‘Dilarang Merokok’ di dalam taksi.
  • Jangan menawar
Keluarlah dari taksi jika pengemudi berusaha untuk menawarkan tarif borongan atau berdalih argometernya sedang rusak.

3. Mendapatkan Taksi Dari Pangkalan Taksi

  • Bersikeraslah untuk menggunakan argometer.
Lebih berhati-hatilah jika anda mendapatkan taksi dari antrian taksi, misalnya di bandar udara, stasiun kereta api, atau terminal bis. Biasanya, pengemudi taksi tersebut berusaha untuk menawarkan tarif borongan dan akan menolak mengantarkan ke tujuan jarak dekat.  Jika anda menyetujui tarif borongan, pada akhirnya anda harus membayar 2 atau 3 kali lipat dari tarif argometer. 

4. Menggunakan Taksi Di Bandara

  • Jangan pernah menggunakan calo dari taksi gelap.
Bila anda di bandara, jangan pernah menggunakan jasa transportasi dari calo yang mendekati anda dan menawarkan transportasi. Ini merupakan usaha layanan tranportasi ilegal, dan bila anda menggunakannya, anda harus siap menanggung resikonya. Selain dari antrian taksi biasa, beberapa perusahaan yang memperoleh ijin untuk mengoperasikan transportasi di bandara memiliki gerai di dalam terminal kedatangan. Petugas dapat dikenali dari seragam dan tanda pengenal yang dikenakannya.

Demikian beberapa tips aman menggunakan taksi berdasarkan pengalaman penulis. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan solusi menggunakan taksi sebagai alat transportasi sehari-hari.

***

Tips dan Trik
@mwulan_

Label:

Post a Comment

  1. Oke deh... Tipsnya oke banget....
    bagus sekali.....

    ReplyDelete
  2. Dizaman yang sekarang ini...
    Semakin banyak sekalinya taxsi...
    Tipsnya keren gan....
    Akan saya coba

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.