#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Sebagai seorang blogger yang sudah sering bersliweran (bahasa apa ini?) di dunia blogsphere tentunya kita sering mendengar kata SEO. Apalagi kalau gaulnya sama Internet Marketer, tentu kata yang tersusun atas tiga huruf itu, selalu menggema di telinga. Nah, pertanyaannya, sebenarnya apa itu SEO?

SEO bukan jenis makanan berbahan dasar singkong dengan gula merah di dalamnya lalu digoreng. Bukan itu, bukan. Bukan pula campuran antara cabe merah, merica, garam, bawang putih, bawang merah, yang digoreng dengan sedikit minyak ditambah sepiring nasi, bukan...! Itu sih resep bikin nasi goreng, haha. Oke, lalu SEO itu apa?

Apa itu SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Gampangnya, SEO merupakan teknik mengoptimalkan blog kita dalam pencarian mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lain sebagainya dengan keyword (kata kunci) tertentu. Lebih gampangnya lagi, SEO adalah cara agar tulisan/ blog kita  terindex oleh mesin pencari tersebut. Biasanya agar berada di halaman pertama atau kedua mesin pencari.

Google merupakan mesin pencari yang paling populer dan terbesar di dunia. Dan biasanya Google pula yang dijadikan sebagai patokan oleh para master SEO. Sampai-sampai sebagian kita orang Indonesia zaman sekarang lebih percaya google daripada dokter untuk mencari solusi suatu penyakit.

Kebanyakan para pencari informasi dari google tidak akan ambil repot dengan membuka link blog yang berada di halaman belakang. Paling banter halaman 2 dari google. Dengan SEO maka blog kita lebih besar kemungkinannya dikunjungi oleh pencari informasi tersebut. Dengan demikian, blog kita akan mendapatkan traffic bagus. Itulah kenapa SEO begitu penting bagi seorang internet marketer.

SEO itu Mudah

Tidak dipungkiri bahwa tidak semua blogger memperhatikan traffic karena merasa tidak penting dan tidak perlu. Alasannya mungkin karena blog yang mereka buat tidak untuk tujuan komersil, hanya untuk meluapkan emosi jiwa saja. Biasanya blogger jenis ini hanya memperhatikan kualitas tulisannya. Padahal secara tidak langsung dia telah mempraktikkan salah satu dari ilmu SEO, dengan memperhatikan kualitas konten.

Ilmu SEO itu luas. Kita sering tidak menyadari bahwa secara tidak langsung tulisan kita di blog sudah mengandung dasar-dasar SEO. Dan secara tidak sadar kita telah menolak dolar yang hendak mampir ke rekening tabungan, hehe. Sayang sekali yah...

Nah, setelah sedikit untaian kata dari saya apakah sampai di sini ada yang ingin belajar SEO lebih lanjut? Jika jawabannya TIDAK maka silakan close page ini dan keep posting saja. Kalau ada yang menjawab IYA maka tunggu saja tulisan-tulisan tentang SEO lainnya oleh para master di Warung Blogger, hihi. Seperti yang sudah saya bilang, SEO itu mudah kuncinya MAU belajar dan TELATEN. Tidak ada ilmu pasti dalam dunia maya, termasuk SEO. Jangan khawatir, penulisnya tidak lebih pandai dari yang membaca tulisan ini, mari sama-sama belajar ^0^

Demikian tulisan saya tentang apa itu SEO. Artikel ini hanya sekedar sharing, terkhusus ditujukan untuk para blogger yang baru mau belajar SEO seperti diriku. Keep smile :)

[Sumber gbr: smarthubcash.blogspot.com]

***
SEO
Oleh: Ari Tunsa
@ari_tunsa
Label:

Post a Comment

  1. Pesan SEO Asam Pedas satu bang :3

    ReplyDelete
  2. ya klo dibilang mudah bisa dibilang susah juga bisa..tergantung kita aja mau tekun melakukannya dan tetap terus mempelajarinya

    ReplyDelete
  3. Yup...

    Mampir untuk baca-baca.. Dan siap-siap menyimak pencerahan dari para master SEO...

    Silakan kunjungan balik ke :
    http://jejaknusantara.blogspot.com
    http://ithappening.blogspot.com
    http://terashape.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. sharingnya yang dibagian mana??? bingung gua

    ReplyDelete
    Replies
    1. sharing pengetahuan ttg SEO kak ^^ untuk pemula

      Delete
  5. Jelas, Lugas dan Ringkas .. Siip, Nubie Numpang nyimak karena ingin belajar seo.. :d

    ReplyDelete
  6. wah seneng banget pengin belajar SEO lebih mendalam :)

    ReplyDelete
  7. ajarin caranya.... sya masih newbie :-s

    ReplyDelete
  8. Wahh, ini nih yang selalu saya ingin kaji

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.