#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Ditulis Oleh:
Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono

Seringkali kita dapati bahwasannya ada orang yang sukanya membicarakan kesalahan orang lain dengan mengungkitnya kepada orang yang bermasalah. Hal ini, bisa mengakibatkan dampak negatif pada psikologis baik dari orang yang mempunyai masalah ataupun pihak yang terkait dengan yang bermasalah.

Dampak negatifnya adalah, timbulnya emosi berupa marah, sedih, takut yang bisa menular. Ada beberapa orang yang mengganggap ini perlu dilakukan supaya menyadarkan si orang yang bermasalah dimana ia sudah mengamanahkan kepada orang itu untuk merahasiakan curahan hatinya. Namun, reaksi setiap orang kan berbeda bukannya ya?

Ada orang yang langsung marah dengan berperilaku mengancam, di bully, memblokir, memaki dengan perkataan kasar, merendahkan, saling segan, saling memfitnah, saling menjatuhkan, saling mencari-cari kesalahan, melibatkannya ke masalah hukum hingga akhirnya masuk ke dalam penjara. Perilaku yang muncul ini dikenal juga dengan adu domba.

Perilaku ini berdampak pada individu baik yang mempunyai masalah, dan mengadukan pada sisi psikologisnya mereka. Khususnya pada individu yang sudah percaya untuk bercerita mengenai masalahnya ke orang yang mengadu itu, maka ia akan menjadi korban. 

Saat merasa menjadi korban, maka ia sudah mengalami sedikit gunjangan pada psikologisnya yang apabila terus dipendam maka bisa menyebabkan terganggunya proses Psikologi Perkembangan yang mengakibatkan dirinya mengalami disabilitas mental.

Disabilitas mental adalah gangguan Psikologi yang dikenal dengan istilah gila yang apabila tidak ditangani dengan segera, maka ia bisa berakhir di Rumah Sakit karena hilang ingatannya.

Belum lagi yang mengadukannya, pada suatu waktu, ia pasti akan teringat dan menyimpan rasa bersalah yang akhirnya bisa membuatnya mengalami disabilitas mental, apalagi apabila yang mengadu kepadanya sudah hilang ingatan.
Sebenarnya, kita bisa mencegahnya loh...

Saya punya tips asyik mengatasi masalah yakni berpikirlah secara objektif dengan menggunakan yang namanya empati (merasakan bagaimana bila berada di posisi yang di curhatkan maupun yang membuat masalah), pikirkan dampak psikologisnya, apabila ada yang kurang pas dari tulisan yang ditulis oleh penulis beritahukan secara langsung, berpikir positif, bukalah pikiran.
Semoga tulisan saya untuk artikel ini bermanfaat. Semoga pihak-pihak yang suka mengadu domba diberikan hidayah oleh Tuhan. 
Label:

Post a Comment

  1. Intinya, positif thinking... mantap.

    ReplyDelete
  2. Setiap orang pasti punya masalah, dan berbeda cara mengatasinya.

    Tips diatas memang asyik :)

    ReplyDelete
  3. mungkin lebih tepatnya berpikir terbuka ya gan.. :)

    ReplyDelete
  4. iyaa mungkin semuanya pikirin sisi positifnya toh masalah ga semuanya negatif positifnya mungkin kita bisa belajar dari sana

    ReplyDelete
  5. kalau saya sich berpikir positif aja

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.