Oleh: Mugniar

Awal mula ngeblog, saya tidak berpikir untuk menulis buku. Mulanya hanya untuk curhat dan mendokumentasikan kejadian sehari-hari. Malah ketika tahun 2006 – 2009, saya ngeblog hanya untuk diri sendiri. Yang membaca blog praktis hanya diri saya sendiri karena saya tidak bergabung dengan komunitas mana pun. Betapa girangnya saya kalau ada orang yang kesasar masuk ke dalam blog tersebut. Seperti saat seorang kawan mengatakan telah menemukan blog saya. Walau setelahnya, bisa dipastikan dia melupakan blog saya dan tidak pernah kembali lagi he he he.

Antara tahun 2009 – 2010, saya vakum dari kegiatan ngeblog. Sampai suami saya membuatkan blog baru yang mulai saya isi pada awal tahun 2011. Waktu itu saya mulai tertarik dengan menulis. Karena lomba yang saya ikuti mengharuskan pesertanya untuk memiliki akun facebook, saya pun membuat akun.

Sejak itu saya jadi kesengsem dengan dunia menulis dan blogging. Saya berteman dengan banyak penulis dan blogger, juga bergabung dengan banyak komunitas menulis/blogger. Akhirnya saya harus memilih beberapa komunitas karena sudah kewalahan dengan notifikasi yang masuk dan bingung hendak melakukan apa ketika membuka facebook.

Semakin ditekuni, ngeblog semakin menarik saja. Semakin sering posting tulisan, saya merasakan kemampuan menulis saya semakin terasah. Ini berguna sekali karena saya makin suka mengikuti berbagai kompetisi, baik lomba/giveaway blog maupun audisi untuk buku antologi.

Dan ternyata, semakin sering menulis membuat ide semakin deras mengalir, lho! Jadinya semakin banyak hal yang ingin saya tulis. Saya malah jadi kewalahan sendiri karena kesibukan di dunia nyata saya juga tak kalah banyaknya dengan ide yang bermunculan. Saya jadi berkhayal, andai saja ada aplikasi yang bisa menuangkan pikiran langsung menjadi tulisan di blog, saya mungkin bisa posting 50-an tulisan tiap bulan wkwkwk.

Hm, sepertinya ada yang bertanya, kesibukan saya apa ya? Saya ibu rumah tangga dengan 3 anak, tanpa asisten rumah tangga. Keseharian saya penuh dengan urusan rumah tangga dari membuka mata sampai menjelang tidur di malam hari. Saat ini saya kesibukan saya bertambah banyak karena saya juga menjadi kontributor di beberapa website, diamanahi tugas untuk “mengawal” sebuah komunitas lokal yang anggotanya perempuan semua, dan kirim-kirim tulisan ke media cetak. Lalu bagaimana dengan lomba-lomba? Tetaaaap doong diusahakan, hehehe.

Buat saya menulis dan ngeblog manfaatnya banyak sekali. Teman jadi semakin banyak, jaringan semakin luas, wawasan semakin luas, dan peluang rezeki semakin banyak. Saya kemudian membuktikan pendapat yang mengatakan bahwa menulis itu bukan bakat tapi kemauan. Kenapa? Karena saya bukanlah orang yang suka menulis sejak kecil. Saya menekuni dunia menulis dan ngeblog ketika usia saya sudah tidak muda lagi (menjelang angka 37).

Saya juga bisa membuktikan satu hal, bahwa ide tidak susah dicari, ide itu bertebaran di sekitar kita. Ide ada pada buku yang kita baca, tayangan televisi yang kita tonton, pengalaman ketika ke luar rumah, ada pada anggota keluarga, ada di dalam rumah, bahkan ada di dalam kamar tidur kita. Tidak sulit menemukan ide, yang penting mau benar-benar berusaha menemukannya dengan cara peka dalam menjaringnya.

Ah, ada yang bilang “masih sulit”. Saya kasih contoh deh. Begini, misalnya saja .. saat ini kan sedang ramai tuh stasiun televisi membicarakan tentang pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sampai-sampai ada yang menayangkannya berhari-hari seakan-akan Raffi dan Nagita ini putra dan putri mahkotanya Indonesia.

Nah, berkaitan dengan berita-berita ini, kamu kan pastinya punya perasaan atau pendapat sendiri, entah itu pro ataupun kontra. Tulislah perasaan atau pikiranmu itu. Tulis dengan santun, jangan asal marah-marah kalau tak setuju tapi kemukakan argumennya dengan baik.

Atau saat membaca sebuah buku, kamu memiliki pendapat tentang buku itu, tulis saja. Tidak sulit kan?

Yang penting, jadikan menulis dan ngeblog itu sebagai kegiatan yang menyenangkan. Jangan menjadikannya sebagai beban. Kalau merasakannya sebagai beban …. waaah, sepertinya kamu belum bisa jadi blogger deh


Makassar 18 Oktober 2014


NB:
Oya, sampai insya Allah tanggal 2 Desember 2014, sedang dilangsungkan giveaway di blog saya. Infonya bisa dicek di sini

25 comments:

Kania Ningsih said... 22 October 2014 at 20:43

Hebat mak..bagi waktu ya gimana? Sya 2anak Tanpa asisten, ngeblog juga, admin blog majelis ta'lim. Udah. Kadang merasa waktu ga cukup..

Lapak Medan said... 24 October 2014 at 00:14

ya benar , ngeblog jangan dijadikan beban dengan langsung berpikiran bahwa ngeblog itu dapat menghasilkan uang tapi jadikan blog itu sebagai media untuk menyalurkan perasaan,sikap kritis kita dan yang lainnya sehingga ngeblog itu menyenangkan. salam dari kota medan.

Tian Lustiana said... 24 October 2014 at 18:06

ya mak bener, ngeblog emang sangat menyenangkan,, kalau sampai dijadiin buku kayaknya lebih menyenangkan lagi ya

Mugniar said... 25 October 2014 at 04:38

Gimana ya .. kayaknya sama deh dengan emak2 lain, disempat2 saja Mak hehehe

Mugniar said... 25 October 2014 at 04:40

Sip .. benar sekali .... rezeki akan datang sendiri kalau memang sudah waktunya dan memang jalannya :)

Mugniar said... 25 October 2014 at 04:45

Iya Mak .. pada dasarnya tanpa dijadikan buku pun sudah menyenangkan ya .. apalagi kalo bisa jadi buku :)

abby onety said... 25 October 2014 at 04:50

Tulisan ini inspiratif sekali buat yg baru belajar ngeblog kayak diriku hihihii

jokowi said... 26 October 2014 at 02:40

awalnya sih membosankan, tapi lama kelamaan jadi kecanduan, jadi cinta ama dunia blogger :D

Chaidir said... 26 October 2014 at 05:18

Setuju banget tuh, sebenarnya kalau udah biasa nulis ide pasti bisa bermunculan dari mana aja yaa..
Tinggal lagi kitanya aja mau tidak mengeksekusinya agar bisa menjadi sebuah tulisan yang layak dibaca oleh orang lain.. Mudah-mudahan kita tetap semangat berbagi melalui blog.

kharis alimoerdhoni arief said... 2 November 2014 at 17:53

Ibu Mugniar, benar-benar menginspirasi saya. Saya baru saja membangun sebuah Blog, karna di racuni beberapa buku yang berisi "cara gampang meraup dollar lewat blog" hahaha

Resy Khrisna said... 10 November 2014 at 14:52

Humm.. baca tulisan ini jd smangat nulis deh. Hampir sama dgn mbak.. Slama ini blog yg saya punya baru utk konsumsi pribadi. Blakangan aja mulai pgn nulis lg dan baru join beberapa komunitas. Jd msh 'baby'.. cita2 sy simple.. one day smg bs ngikutin jejak mbak, resign dr kerjaan, being a full time mom and a writer. Walaupun skg ms malu2 nih klo ngomong cita2nya jd penulis. Mampu ga ya? Hihihi.. Kalo ada wktu monggo mampir ke blog sy ya, mbak.. rkhresna.blogspot.com ^^

Rianda Prayoga said... 13 November 2014 at 02:56

Awalnya iseng2, akhirnya jadi kesengsem..

Ara AnggARA said... 18 December 2014 at 05:37

Sama, saya juga iseng dan buat konsumsi pribadi. Baru-baru ini aja active promosi, walau nggak tahu harus ke komunitas mana yang pasti saya awali dengan blogwalking

Titik Asa said... 28 December 2014 at 03:11

Saya merasakan kalau ngeblog itu memang menyenangkan. Selain ketrampilan menulis menjadi lancar dgn rajinnya posting, juga perjumpaan dengan teman-teman baru via blog sangat luar biasa.

Saya sepakat dengan statement yg ini "Yang penting, jadikan menulis dan ngeblog itu sebagai kegiatan yang menyenangkan. Jangan menjadikannya sebagai beban. Kalau merasakannya sebagai beban …. waaah, sepertinya kamu belum bisa jadi blogger deh"

Saya berusaha terus menjadi blogger yang sebenar-benarnya blogger seperti pernyataan yg saya kuti diatas.

Salam dari saya di Sukabumi,

Miftahul Arifin said... 15 January 2015 at 19:01

Ngeblog emang seruuuu abisssss :)

duartalk said... 23 January 2015 at 14:49

inspiratif,,, saya newbie blogger :)

Azis Js Setyawan said... 13 March 2015 at 23:51

Wah keren :)
Baca juga yuk pengalaman saya dari awal ngeBlog :)
http://azisjs.blogspot.com/2015/03/blogger-azisJS.html

Muhammad Lutfi Hakim said... 14 March 2015 at 18:23

Khayalannya tinggi sekali: software yang bisa menuliskan isi pikiran :)

Aank said... 18 March 2015 at 01:01

happy blogging, terus berkarya dengan tulisannya

Makanan Anak Sehat said... 12 April 2015 at 21:43

imajinasinya keren, kak.. Kalau ada software kayak gitu kayanya lgsg pada pesen deh..
Nggak hanya blogger, penulis dan mhasiswa tingkat akhir yang butuh.. Tapi para profesional lainnya pun pasti seneng banget hehe..Tulisannya menggugah semangat yang sempat kembang kempis hehe..
Terima kasih :D

inidea said... 10 June 2015 at 05:55

ngeblogg itu sesuatu banget , selain menambah wawasan kita jg bisa melampiaskan ide pikiran kita untuk saling berbagi infoermasi.

Dicha dwi said... 28 June 2015 at 15:31

gimana yak mak , saya saja yang masih kelas 3 SMK terkadang sering jenuh menulis , bagi tips triknya mak untuk generasi penerusmu :)

Bang Ali said... 15 January 2016 at 08:36

Bener gan, saya setuju kalo ngeblog memang menyenangkan. Apalagi jika dilakukan dngn tanpa merasa beban... Salam sapa by CepiThea
Enjoy blogging!

Mufa Media said... 24 April 2016 at 14:03

Kemauan Ibu Mugiar dalam ngeblog patut diacungi jempol. Ini bukti bahwa usia tidak menghalangi seseorang untuk berkarya. Asal ada kemauan pasti bisa. Sukses buat Ibu Mugniar dan para komentator diatas. Semoga dapat terus berbagi inspirasi melalui blog. Keep fun blogging!

 
Top