Credit

Oleh: Widyanti Yuliandari

Ibu-ibu zaman dulu selalu mengingatkan anak-anak untuk tidur siang. Bahkan orang dewasa pun di masa lalu seringkali berkesempatan menikmat saat istirahat siang dengan tidur siang sejenak. Saat inipun, banyak ibu-ibu yang menginginkan anak-anaknya untuk istirahat siang, alasannya anak-anak yang tidur siang biasanya lebih terlihat segar dan juga tidak reweluntuk anak yang masih sangat kecil. Sayangnya, saat ini banyak pula anak yang sudah tak berkesempatan tidur siang akibat padatnya jadwal sekolah, les dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan orang dewasa? Apakah orang dewasa memang tak membutuhkan tidur siang, sehingga jarang dilakukan? Prof. Dr. Hwang Sung-Joo dalam bukunya The Miracle Of Rawfood, merujuk sebuah penelitian yang dilakukan tim ilmuwan dari Jurusan Ilmu Kedokteran Universitas Brown Amerika Serikat, bahwa tidur siang sejenak yang dilakukan antara jam 1-5 penting untuk “meregangkan” otak manusia.


Hwang Sung-Joo berpendapat, pentingnya mengistirahatkan otak sejenak melalui tidur siang. Meski hanya dalam waktu singkat, 10 menit sekalipun, tidur siang mampu menstabilkan serta menjaga stamina tubuh sama dengan saat pagi hari. Woww!

Dalam bukunya tersebut Hwang Sung-Joo juga mengungkap manfaat tidur siang lainnya, yakni:
  • Mengembalikan keseimbangan tubuh
  • Mendistribusikan hormon-hormon pertumbuhan
  • Menormalkan kembali kerja organ tubuh
  • Mengaktifkan daya sembuh alami (healing power) dalam tubuh kita

Dalam sebuah buku yang lain, Hiromi Shinya juga mengungkap pentingnya tidur siang. Dokter yang terkenal dengan buku-bukunya yang bestseller tentang terapi enzim ini menyebutkan bahwa tidur siang bermanfaat untuk mengembalikan enzim tubuh. Saat tidur siang, menurutnya pengurasan enzim tubuh dapat ditekan sementara saat itu pula pembentukan enzim tubuh berlangsung.

Terlalu sibuk. Mungkin itu yang menjadi alasan bagi kebanyakan orang dewasa saat ini sehingga tak lagi melakukan tidur siang. Beratnya beban pekerjaan memang seolah-olah menempatkan manusia modern untuk selalu bergerak dan bekerja cepat. Tidur siang? Enggak sempat deh! Eh, tunggu dulu. Jangan bayangkan Anda harus tidur siang berjam-jam untuk mendapat manfaatnya. Cukup luangkan waktu 10-20 menit untuk tidur siang sesaat setelah makan siang. Jika memungkinkan, tidurlah dalam posisi berbaring sehingga lebih rileks. Berbaring miring ke kanan jika Anda baru saja makan. Bagi penderita GERD sebaiknya menunggu dua jam setelah makan siang. Jika tidak memungkinkan untuk berbaring, duduklah dengan nyaman dan tidurlah.


Pada awalnya mungkin akan sulit untuk tertidur dan terbangun lagi dalam jangka waktu yang tak terlalu lama. Namun lama-kelamaan Anda akan terbiasa sehingga mudah saja untuk tidur dan terbangun dengan segar tak lama kemudian.  Anda sulit tidur? Jangan paksakan. Rileks saja, dan beristirahatlah beberapa menit. Inipun sudah bermanfaat bagi Anda.

5 comments:

Enny Law said... 23 May 2015 at 19:47

Kayaknya semua orang butuh tidur siang, gak cuma anak kecil aja. Badan rasanya lebih segar kalau tidur siang

Siti Lutfi Amaliyah said... 23 May 2015 at 21:59

Ngerasa dejavu gini, demi apapun waktu kecil dulu berasa wajib banget hukumnya tidur siang. Lagi maen aja, nyokap bela-belain nyari nyuruh buat tidur siang.

Ajeng Sari Rahayu said... 6 June 2015 at 18:56

Rasanya kalau tidur siang memang lbh segar walau cm 10 menit. Jam 1 siang ke atas dikit mmg jam2 mengantuk..

kaos ready stock said... 8 July 2015 at 16:24

bukan cuma anak anak aja yang harus tidur siang, orang dewasa juga, biar seger, dan kerjanya juga ga ngantuk

sumi said... 28 December 2015 at 16:41

bener banget berasa segar klo bs tidur siang. sayangnyaa tahun ini sy dpt job yang jam 1-5 sore hikhik..

 
Top