Oleh: Lidya Fitrian

Postingan ala ibu rumah tangga kali ini membahas mengenai blau cuci. Mungkin saja cara ini adalah jadul, tapi saya masih menggunakan blau ini untuk mencuci pakaian yang berwarna putih agar terlihat lebih cerah dan kinclong.


Bentuk blau yang saya tahu ada 2 macam yaitu berbentuk blok atau balok dan berbentuk serbuk. Saya lebih menyukai yang berbentuk serbuk karena lebih rata bila dicampur dengan air dan tidak menggumpal.

Pemakaian blau ini tidak untuk direndam ya, sekedar berbagi info saja bagi yang belum pernah mencoba atau ingin mencoba. Blau ini digunakan setelah pakaian dicuci menggunakan sabun maupun pewangi. Jadi digunakan pada tahap akhir dan setelah menggunakannya tidak perlu di bilas lagi.


Cara memakai blau cuci :
  • Siapkan air secukupnya pada ember
  • Tuang blau pada tangan
  • Lalu masukkan kedalam ember berisi air tadi
  • Aduk rata jangan sampai ada yang menggumpal,karena ini akan mengotori pakaian dan akan bermawrna biru
  • Celupkan pakaian pada air blau satu atau dua kali
  • Jangan direndam ini akan membuat pakaian putih menjadi biru
  • Keringkan dan jemur pakaian, Insya Allah akan terlihat lebih bersih.
Salam

Personal Blog: http://www.fitrian.net/

36 comments:

Bung Penho said... 17 April 2012 at 14:43

wahh, blau jd inspirasi hari ini lengkap dengan tipsnya gan. mantap tuh!

Si Belo said... 17 April 2012 at 15:27

Aye juga kadang2 pake BLAU, tapi baru tau kalo kaga perlu direndem.. hehehe
makasiih tipsnye ^__^

Mami Zidane said... 17 April 2012 at 15:33

aku taunya blau itu berbentuk blok mbak...ternyata ada yang serbuk juga to...

Niar Ci Luk Baa said... 17 April 2012 at 16:07

oohh gtu yaa mama lidya, tau nya blau buat obat oles sakit gondong... :D

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 16:37

kalau direndam jadi biru semua

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 16:41

ada dua macem mbak bentuknya

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 16:42

iya nih tips dari jaman aku kecil

obat kanker payudara said... 17 April 2012 at 16:51

bikin putihnya cling,,,,
sama ane juga masih pake...

NF said... 17 April 2012 at 17:55

tapi sekarang udah jarang di jual di warung2, mungkin kalo di pasar tradsional masih ada ya mba

Iskandar Dzulkarnain said... 17 April 2012 at 18:04

wow ... saya belum pernah nyoba tuh :D

Muro'i El-Barezy said... 17 April 2012 at 19:45

wah aku juga masih cuci pake blau tuh..
blau mungkin maksudnya blue (b.inggris) ya hehe...

Tiesa said... 17 April 2012 at 20:37

eh masih ada ya blau? udah lama banget ngga pernah nyuci pake blau
kalo baju putih2 seringnya pake asam sitrat lebih cling hasilnya :D

cii yuniaty said... 17 April 2012 at 20:57

dulu jaman mbah kakung masih hidup, kaos dalem'nya pasti d cuci pake blau.... :D

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 20:57

di warung dekat rumahku ada yang jual

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 20:58

kalau begitu ayo dicoba

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 20:58

mungkin ini plesetan namanya :)

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 20:59

aku stok dua ada blau dan citroen

Ririe Khayan said... 17 April 2012 at 21:06

tahu blau ini jaman SD-SMP..karena seragam putih kusam trs sama Simbok suruh di blau saja biar gak buram warnanya.

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 21:32

kaos dalemnya merkswan bukan?hehehe kaos dalemkakekku juga pakaiblau merk swan

Lidya - Mama Cal-Vin said... 17 April 2012 at 21:33

maunya sih setelah pakai inoi jadi seperti baru ya mbak bajunya:)

nchie said... 18 April 2012 at 00:38

MAntab neh kalo pake bulao* orang sunda bilang*..
KAta orang tua jaman dulu..

Aku sih belom pernah nyoba..
yang jualannya juga dah jarang disini ..

Arif Khumaidi said... 18 April 2012 at 13:28

belum pernah ngerti... hemm.. dari postingan kayaknya blau fungsinya seperti bayclin..
btw, masih produksi kga y, ditempatku susah menemukan

Jurnal Transformasi said... 18 April 2012 at 18:59

Oh aku kira blau sdh punah dari muka bumi Indonesia. Ternyata masih ada ya Mbak Lid..Nanti kapan2 mo cari ah, secara baju seragam anak2 sepertinya emang lebih segar kalau ada sentuhan birunya :)

shaleholic said... 18 April 2012 at 23:03

saya baru tau ada yang serbuk, di rumah cuma ada yg batang aja :)

Abi Sabila said... 21 April 2012 at 05:22

sudah lama sekali nda pernah nyuci pakai blau mbak. Terakhir kapan ya? dulu banget, waktu masih sekolah kayaknya.

blau cair ujala said... 21 April 2012 at 06:24

permisi...
saya cuma mau nawarkan blau cair teknologi moderen...
cek tkp gan...
terima kasih...

nicamperenique said... 25 May 2012 at 17:07

sepertinya saya harus mencoba tips ini pada kaos2 putih si aa yang oleh laundri berubah jadi kekuningan2 gitu. eh masih mempan gak yah?
mbak lid mbok diulas cara make pemutih. saya blom pernah nyoba soale hehehe *malah rikwes*

Ina said... 28 June 2012 at 17:38

selain buat nyuci blau ditempatku juga jadi obat gondongan itu tuh yg bengkak dileher diolesin aja blau yg sdh dikasih air ke leher yg bengkak, mengurangi bengkak tentunya diiringi dengan makan obat dokter

dwisTROi said... 18 April 2013 at 20:27

baru tau nih, dari dulu sering liat sodara pake blau bingung sendiri, utk apa kaos putih di biru²in gitu.
oh, ternyata ga usah di rendam n fungsinya biar bikin lbh kinclong ya. :)

noniq said... 2 June 2013 at 14:38

Ini zamannya orang tua saya bangeeetttt :) Hehehe makasih artikelnya, jadi nostalgia deh..

cari ilmu said... 10 August 2013 at 17:54

susah cari yang bubuk... [-(

Slam Riyadi said... 13 September 2013 at 07:36

Dari jaman masih SD nih pake blau, baju jadi ngejrenggg.... :)
Sepertinya masih rancu ya penggunaannya? Kalo buat penghilang noda, bisa pakai ba*clin/su*clin, bisa juga pakai citric acid atau sitrun. Nah kalau blau ini lebih berfungsi untuk mencerahkan warna kain putih biar ga' jadi kusam/kuning :d

Area29 andre said... 4 July 2016 at 04:31

mau tanya dong, itu di keringkannya di peras atau pake mesin cuci?,terima kasih.

Area29 andre said... 4 July 2016 at 06:22

mau tanya dong, itu di keringkannya di peras atau pake mesin cuci?,terima kasih.

 
Top