Oleh: Yati Rachmat



Bunda sebenarnya nggak siap untuk bikin postingan lho, tapi karena udah tugas dan nggak enak kalo langsung ditransfer ke Kontributor Tetap berikutnya, jadilah postingan dengan judul How Do You Like English. Karena itu maafkan bunda kalau sekiranya postingan bunda ini sama sekali nggak berbobot, hehehehehe….. 


Yuk, bunda pengen sedikit bertanya tentang “How Do You Like English”. Sengaja judul postingan bunda bikin dalam bahasa Inggris walaupun pembahasannya nanti dalam bahasa awak-e dewe.

Pembahasan yang bunda maksud bukan dari segi SKILLtapi dari segi HOW DO YOU LIKE IT.  (suka, nggak suka atau sangat suka). Bunda sangat, sangat senang kalau mendengar ada anak-anak muda atau ibu-ibu yang ngobrol atau lagi ngerumpi tapi banyak diselingi dengan cas-cis-cus bahasa Inggris. Kenapa bunda suka? Karena dimulai dari hal sepele seperti ini-lah nantinya jadi luwes dalam pengucapan. Berawal dari semakin luwesnya pengucapan bukan hal yang tidak mungkin kemudian akan menjadi suatu kebiasaan. Dan kebiasaan inilah yang akan membuahkan suatu sukses yang tidak pernah kita duga.

Berbicaralah dengan gaya yang meyakinkan walaupun salah-salah pengucapan, nggak apa-apa. Misalnya: “Hi, how are you” (misalnya ada ibu-ibu teman akrab kita yang lewat). Oops! Jangan peduli apa kata orang deh. Mau dibilang sok kek, mau disebut “belagu” kek atau apa pun. Cuek aja! Biarkan anjing menggonggong kafilah tetap berlalu, hahahahaha….. Atau praktekin dirumah dengan anak-anak, isteri atau suami tercinta:


hi darling, how are you?” 

Atau pulang kerja ketika lelah tetap bisikkan "I love you" sama sang mamanya anak-anak. Asyik and romantis kan?  Kalo sering mengucapkannya  akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Percaya deh!

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa melakukan hal seperti diatas adalah hal yang tidak wajar, hal yang mengarah kepada “menyombongkan diri” atau semacamnya. Pokoknya negatif-lah. Bagi bunda sebaliknya bunda anggap orang tersebut menyukai dan mau belajar bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris itu tidak bisa sebentar (kecuali kita tinggal di negeri yang berbahasa pengantar bahasa Inggris -- 6 bulan juga kita yahud deh!). Bunda aja udah puluhan tahun belajar bahasa Inggris tetep aja masih pas-pas-an.  

Terkadang bunda heran haregene gitu loh masih seringkali ada yang mengatakan: “Ah, ngapain ngomong Inggris. Bukan bahasa kita koq!”. Nah lo! Kalo sebagian dari kita sudah berprinsip seperti ini, sementara kemajuan teknologi semakin mengalami kemajuan pesat di segala bidang, bahkan judul-judul antologi pun supaya “menjual” dan “keren” dibuat dalam bahasa Inggris. Bukan itu saja – coba lihat billboard atau iklan-iklan menggunakan bahasa Inggris.

Ada lagi yang harus diingat para ibu-ibu dan bapak-bapak blogger yang sudah memiliki putera/puteri akan kelabakan atau malu hati kalau gak bisa menjawab atau bantu ngerjain PR bahasa Inggris sang buah hati. Setidaknya andaikan kita bisa menjawab sendiri (dalam hati  hehehehehe....I like English a little, atau I like English so much...) gampang deh bisa belajar bareng tuh sama sang buah hati dengan bantuan Kamus.

Yeeeee....... Maaf banget kalo postingan ini gak berbobot. Tapi itulah bunda yang menyukai bahasa Inggris because English is fun.....

Disayangkan bahwa murid-murid online bunda yang pintar-pintar dalam hal written English, ternyata masih mengalami “kegagapan” ketika harus mulai dengan “spoken English”. Hal ini karena tidak membiasakan diri untuk praktek berbicara bahasa Inggris tadi. Banyak alasan: malu, tidak percaya diri, dan sebagainya. Kalau kita tidak mencoba berbicara dengan bekal kosakata yang kita punya mana kita tahu bahwa sebenarnya kita bisa berbahasa Inggris. Try it!!

Catatan: Banyak blogger yang pinter-pinter berbahasa Inggris lho! Ayo berkomunikasilah!

Sumber gbr: muslimequator.wordpress.com

28 comments:

Dadan Darmawan said... 7 June 2012 at 04:28

Yes I do, but I prefer sundanese....hehehe (maaf kalau salah menulisnya bunda)

Ari Blogspot said... 7 June 2012 at 04:41

Aku juga suka belajar bahasa Inggris.. tapi lebih suka bahasa arab :D meski dua-duanya nggak bisa :D
boleh dong, minta diajarin bunda ^^ biar romantis #ehem
salam

Lidya - Mama Cal-Vin said... 7 June 2012 at 05:35

kalau writing kan mikirnya gak ketauan bun hehehe

Si Belo said... 7 June 2012 at 16:09

hikss... aye cuman bisa bilang "I LOVE YOU" bunda Yati ^__^

uci cigrey said... 7 June 2012 at 22:11

aku suka lebih milih i love you bun,daripada aku cinta kamu :D, entah kenapa.
I don't know why,hihihih

Niar Ci Luk Baa said... 7 June 2012 at 23:49

Hayuuk mari bunda yati :D

I miss you bunda yati :D

we will shine with english (kyak motto ne kumon) *halah kok promo yaa* :D

applausr said... 8 June 2012 at 07:21

bahasa inggris sudah bahasa sehari hari sekarang... jadi kalau denger yang logatnya sudah bule banget seneng aja... keren... sound nice...

Tebak Ini Siapa said... 12 June 2012 at 06:09

Hihi aku biasa aja sih sama English. Tapi pengen bisa... lha aku written or spoken nggak pandai semua ki Bun huhuhu~
Aku lebih suka bahasa spanyol... meski gak bisa juga wkwk #ikut2an mas ari

Pakde Cholik said... 13 June 2012 at 00:26

Walaupun menggunakan broken English saya sudah mendatangi 5 benua lho mbak. Itulah enaknya jika ke LN dibiayai negara.
Saya kurus bahasa Inggris sejak tahun 1970an dan hanya dipakai kadang2 karena gak ada musuhnya.
Saya menjadi anggota pasukan perdamaian PBB pada misi UNTAG di Namibia juga karena English.

Agak kenceng menggunakan English ketika dinas di Merdeka Barat.

English is important.

Salam hangat dari Surabaya

yati rachmat said... 13 June 2012 at 01:50

Dadan Darmawan, I am sure you do like English. Bunda juga suka lho bahasa Sunda. Makasih komentarnya disini.

yati rachmat said... 13 June 2012 at 01:57

Ari Blogspot....lho koq romantis toh? Sammmma, bunda juga malah bisa bahasa Arab, tapi cuma "Ihdinassiratal mustaqiim" doang yang paling hafal, hehehehehe......... Makasih komentarnya disini.

yati rachmat said... 13 June 2012 at 01:59

Lidya - Mama Cal-Vin, tapi kalo writing-nya diliatin bunda gimanaaa..... Makasih ya sayang udah baca postingan ini. Sebetulnya postingan ini lebih tepat disebut TIPS ketimbang ENGLISH LESSON. Mas Ari Tunsaaaa....ganti yaa............

yati rachmat said... 13 June 2012 at 02:02

uci cigrey, sama douwnxz, bunda paling hobby tuh bilang I love you. You know why? (abis uci bilang "I don't know why" sih, hehehehe....) karena I love you itu sifatnya umum bisa ke siapa aja yang kita sayang, tapi kalo "aku cinta kamu" kan khusus buat si doi yang guanteng and macho, hahahaha....

yati rachmat said... 13 June 2012 at 02:04

Si Belo, kalo gitu ane jawab deh ye: I love you too. Makasih udah baca postingan bunda.

yati rachmat said... 13 June 2012 at 02:07

Hayuuk mau ngajak kemana sayangku? I miss you too. Niar paling bisa nih! gpp koq sambil promo. Makasih udah komentar disini.

yati rachmat said... 13 June 2012 at 02:08

Cerita Tugu, thank you for your understanding and thank you for your being here on this page.

yati rachmat said... 13 June 2012 at 02:11

applausr, betul, betul, betul........bunda bahkan punya temen online yang bunda jadikan temen untuk conversation on the phone, karena bahasa Inggrisnya gilak, gilak.......native banget. Makasih ya udah berada disini.

yati rachmat said... 13 June 2012 at 02:22

Iya Pakde Cholik, aku juga bahasa Inggris yang membawa aku ke-3 negara, gratis-tis-tis tahun 1983, trus setelah pensiun bener-bener gak ada musuhnya juga buat "ngerumpi" dalam bahasanya Marilyn Monroe, wlp sammma tuh bahasa Inggrisku amburadul, yang penting de-e ngerti. Titik. Iya toh pakdhe? Yaaa, sekarang dikencengin lagi donk pakdhe.

English is importand - you are damn right.
Salam dari Pamulang 2.

deanmu said... 22 June 2012 at 22:31

english is fun... Yeay saia juga lagi belajar nulis english lewat blogging. Meski gagap kalo kebiasaan ya mudah2an lancar hehehe. Berkunjung mbak

ciekek said... 18 July 2012 at 19:03

of course english is one of my favorite lesson, i like it very much

Asep Haryono said... 9 August 2012 at 16:21

Saya sangat terkesan dan sangat senang membaca artikel ini. Keinginan dan motivasi yang kuat dalam mempelajari Bahasa Asing seperti Bahasa Inggris yang akan mengantarkan ke gerbang kesuksesan.

Pengalaman menunjukkan bahwa gemar berlatih akan membuat kita terbiasa dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi dan pelajaran. Jangan takut salah, teruslah berlatih. Improve your skills

Benagustian said... 30 December 2012 at 03:52

actually I'm not clever enough to Use English..
but yea I like English...
heheh ya even though my toefl score not perfect

aghla said... 1 January 2013 at 00:06

hehehe, tertohok dg postingan ini. Indeed, spoken english berbeda sekali dg written english dan keduanya nggak selalu berbanding lurus. sampai sekarang saya nggak pede ngomong Inggris. :D

terjemahan bahasa inggris said... 24 May 2013 at 17:10

nice sharing bunda... ^.^
my opinion sih emang bahasa inggris akan lebih bisa dipahami apabila diaplikasikan bunda. seperti kata bunda membiasakan diri dengan conversation kita tidak akan pernah tau. kalau yang beranggapan bahwa bahasa inggris it tidak penting, wah rugi banget bunda.. soalnya kan sekarang bahasa inggris jadi kebutuhan dimana - mana (sadar maupun tidak disadari) saya juga salah satu pecinta bahasa inggris.. like it deh bunda ^.^

betakun said... 2 June 2013 at 02:43

I didn't like English teacher when I was in Junior High School, but English is FUN actually.
Ujung-ujungnya dapat karma, benci sama gurunya, eh... malah ngajar bahasa Inggris lumayan lama walau kuliah gak sampai beres. Learning by doing is better than not trying to speak at all. :)

kelimutu said... 3 June 2013 at 06:18

Setuju banget bunda. Dengan ngerti bahasa Inggris, lebih banyak ilmu yang bisa kita pelajari. Orang-orang yang bilang kita yang sering pake bahasa inggris tuh nggak cinta Indonesia, sama sekali salah! Justru kita belajar bahasa Inggris biar bisa ngenalin Indonesia di kancah internasional. Ya nggak bun? Hehe :D

jasa terjemah bahasa said... 17 July 2014 at 23:11

iya penting banget belajar bahasa inggris ya.. dikit2 belajarnya ya bu,,,.. buat blogger juga penting supy earning berlipat2 :D

 
Top