Selama ini mungkin kita tidak memiliki masalah apapun, meskipun kita tidak memasarkan diri. Kadang-kadang orang tidak mempromosikan keterampilan dan prestasinya karena ia cukup puas dengan pekerjaan dan kariernya. Meskipun kita telah puas dengan karier kita saat ini, hal itu bukan berarti bahwa kita tidak perlu memasarkan diri. Memasarkan diri penting karena bisa membuka pintu bagi peluang-peluang baru, memasarkan diri juga bisa menciptakan pekerjaan atau karier yang kita idamkan.


gambar

Keterampilan mempromosikan diri merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap orang untuk dapat bertahan hidup. Dalam kehidupan profesional, kita akan bekerja dengan orang yang berbeda-beda, baik sebagai karyawan maupun wirausaha yang independen. Pengetahuan mengenai cara memasarkan diri dan karier akan membantu kita tetap bertahan meskipun kita berada di tengah gejolak karier.

Beberapa alasan seseorang tidak pernah mencari cara untuk memasarkan diri?


  1. Ajaran yang didapatkan dilingkungannya
  2. Kurangnya latihan
  3. Contoh yang tidak baik
  4. Keterbatasan waktu
  5. Takut ditolak
Mary Connely, seorang asisten bidang administrasi menemukan bahwa penyebab dirinya menjauhkan sikap memasarkan diri adalah ajaran yang ia dapatkan, kurangnya latihan, dan rasa takut terhadap penolakan.

Perusahaan tempat mary bekerja sedang melakukan reorganisasi hingga menyebabkan ia dan karyawan lainnnya haurs mencari pekerjaan baru dalam tiga bulan. Mary memutuskan untuk memasarkan diri. Mary menyusun daftar riwayat hidup dan menyebarkannya secara internal  dengan sebuah surat untuk seluruh orang yang baru saja menduduki posisi kepala departemen. "Saya memeberi tahu mereka bahwa saat ini saya sedang lowong dan bisa segera diwawancarai untuk posisi asisten bidang administrasi" Ia sangat senang terhadap respons yang ia peroleh atas suratnya. ia diminta untuk mengikuti beberapa wawancara sebelum akhirnya menduduki posisi yang baru.

Apa sih yang akan kita peroleh dari memasarkan diri?
  1. Kebebasan untuk pindah dan memilih jenis pekerjaan yang kita inginkan, tak perlu berlama-lama  bekerja ditempat yang tidak disukai karena tidak tahu bagaimana mendapatkan pekerjaan baru.

  2. Rasa percaya diri dan pengendalian diri, biasanya orang yang tidak bisa pindah kerja seringkali mudah marah, orang yang mengetahui cara mempromosikan prestasi dan keterampilannya memiliki keyakinan bahwa mereka bisa memilih jalan hidupnya sendiri

  3. Pekerjaan yang lebih menarik, karena sesuai dengan bakat dan minat.

  4. Imbalan yang layak, seperti beasiswa, tunjangan, gaji, dsb.

Jadi, sudah merasa perlu dan punyakah Anda punya kemampuan untuk memasarkan diri??
hanya diri kalian sendirilah yang bisa menjawabnya.


23 comments:

Cerita Tugu said... 13 June 2012 at 12:22

wah ternyata penting juga ya untuk memasarkan diri, biar orang lain tahu tentang kemampuan kita

NF said... 13 June 2012 at 13:06

jadi bila kita memasarkan diri, orang lain akan lebih menghargai kita ya..

agung rangga said... 13 June 2012 at 13:29

hmm, saya baru tahu kalau memasarkan diri ternyata begitu penting…
saya kira cuma buat yg pede aja, ternyata semua harus mencoba ya…

yati rachmat said... 13 June 2012 at 14:27

Arif, betul sekali. Memang kita harus punya cara yang "menjual". Bunda pernah bekerja di HRD dan dalam menyeleksi surat-surat lamaran bunda menilai dari dua poin yang akan bunda/perusahaan "beli": 1. Pendidikan terakhir; 2. Ketrampilan/termasuk pengalaman. Jadi dalam membuat CV jangan lupa untuk meyakinkan pihak kedua bahwa ada SESUATU yang bisa kita JUAL. Nice posting.

Dadan Darmawan said... 13 June 2012 at 15:18

jadi memasarkan diri itu penting ya....

Lidya - Mama Cal-Vin said... 13 June 2012 at 15:36

jangan takut ditolak, mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali bukan :)

Jurnal Transformasi said... 13 June 2012 at 15:57

Dalam dunia yg terbuka dan bergerak begini cepat, personal branding jadi sangat penting. Setuju sangat pada isi tulisan diatas. Bagi blogger memasarkan diri akan membuka peluang di banyak sektor..

Si Belo said... 13 June 2012 at 16:46

gue termasuk orang yang kagak PEDE kali ye, jadi kagak bise deh masarin diri sendiri #miris

Tiesa said... 13 June 2012 at 18:30

bener bangett, bagaimana orang bisa tahu kemampuan kita kalau kita ga promosi apa yang kita "punya"

applausr said... 13 June 2012 at 19:50

intinya dengan memasarkan diri, akan terbuka segitu banyak kesempataan.. nanti setelah punya banyak kesempatan baru bingung... heheheh :)

Sobat Bercahaya said... 14 June 2012 at 02:32

Cari banyak relasi kayanya bisa juga untuk memasarkan diri ya?

Arif Khumaidi said... 14 June 2012 at 03:05

Iya mas sobat :)) sepertinya begitu.

Bung Penho said... 14 June 2012 at 09:48

sorry bang, kalo gue ketawa duluan baru mnjelaskan "hahahhaaaa.....". jujur nih, dari judul yg gue liat di widget gue (blogger sahabat/status update) Saatnya Memeasarkan diri, gue kira ceritanya tentang WTS ehh, ternyata topiknya tentng kiat kearah yg positif.. hehehe (negative thinking gue...)

Yunda Hamasah said... 14 June 2012 at 17:42

Duta buat diri sendiri ya, apalagi kalau mengandung banyak kebaikan, asli pasti banyak barokahnya :)

Akhmad Muhaimin Azzet said... 25 July 2012 at 17:22

wah, penting ini agar mempunyai "nilai jual" yang bagus. makasih ya Sob.

Asep Haryono said... 26 July 2012 at 20:25

Dalam manajemen sumber daya manusia bisa disebut dengan port folio. Jika ada informasi tambahan menyangkut skill yang sudah dijalani bisa ditambah pada port folio kita

duta pulsa said... 2 November 2012 at 21:46

teruslah berkarya, malas, minder dll hanyalah penyekit kecil yg bisa disembuhkan, maju !

pulsa said... 12 November 2012 at 21:25

hmm hal spt ini terkadang mudah buat dijadikan teori, tp sulit utk dipraktekkan, hehe tp ga ada salahnya mencoba siih, nice !

Benagustian said... 30 December 2012 at 03:54

kalau baca tulisan ini jadi ingat sebuah seminar di kampus saya yang tagline-nya itu
"How to sell your self"

Mas Huda said... 8 April 2013 at 05:14

kayaknya saya harus mempraktekkan ini ne, biar banyak orang yang tahu saya

Asma Zahidah said... 24 May 2013 at 22:25

Yang bener takut gagal mbak ._.
Karena kemampuan kita kadang-kadang suka khilaf hehe

Cara Menghilangkan Jerawat said... 7 December 2013 at 14:27

senang mampir di sini. ada program pkk nya

 
Top