#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger




Burger
Burger salah saru makanan cepat saji yang makin banyak digemari, klepon makanan lokal yang merupakan warisan nenek moyang.

Indonesia adalah negara yang kaya. Begitulah slogan-slogan di televisi atau media cetak yang rasanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kata "kaya" sendiri dapat diartikan beragam makna, sesuai dengan apa menjadi topik di beberapa media terkini adalah "negara yang kaya akan hasil bumi", "negara yang kaya akan  hasil laut", hingga guyonan "negara yang kaya akan koruptor". Begitu banyak penerjemahan tentang suatu kalimat atau slogan, karena memang kreatifitas bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa ini memanglah tinggi.

Klepon
Terlepas dari bagaimana Anda memaknai kata "kaya", mari bersama-sama kita mengingat-ingat kembali salah satu kekayaan atau keanekaragaman makanan khas di Indonesia. Sangat  beragam tentunya makanan khas di Indonesia, bahkan saya sendiri sempat berpikir kembali untuk mengingat makanan khas apa yang ada di suatu daerah.

Misalnya ketika Anda berlibur atau mampir ke kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota gudeg, maka biasanya ada teman atau keluarga yang mengharapkan oleh-oleh "bakpia pathok", namun keberadaan bakpia sendiri tak hanya ada di kota Yogyakarta. Di Glenmore, Banyuwangi pun terdapat produksi "bakpia glenmore", dan inilah salahsatu contoh keanekaragaman dan variasi dari makanan khas dari setiap daerah di Indonesia.

Sayangnya, keberadaan makanan khas ini mengalami persaingan pasar yang cukup besar. Munculnya junkfood (makanan cepat saji) yang sudah menjamur di berbagai daerah yang dikemas dengan harga se-ekonomis mungkin. Sehingga membuat masyarakat yang masih awam dengan kehadiran junkfood, menjadi tertarik untuk sekedar mencoba makanan "orang barat" dengan harga  yang cukup terjangkau.

Sehingga, bukan suatu hal yang mengherankan lagi jika banyak kita jumpai anak-anak yang lebih suka pergi ke Hoka-Hoka Bento, Mc Donals, dan sejenisnya yang dapat ditemukan di setiap FoodCourt. Akhirnya semakin banyak anak yang lebih akrab dengan pizza, burger, chicken terriyaki, dan sebagainya. Nama makanan seperti tiwul, gethuk, putu, dan sebagainya pun menjadi suatu yang asing, padahal makanan seperti itu adalah salah satu warisan dari pendahulu kita sejak belum lahirnya junkfood.

Dari segi kesehatan, bisa jadi Anda memiliki pandangan yang berbeda tentang dampak dari pengonsumsian junkfood. Bagi orang-orang yang sudah menjadikan junkfood sebagai sebuah keharusan dan pola makan sehari-hari, bisa jadi masalah kesehatan tak lagi dipikirkan. Karena tubuh telah mengalami adaptasi untuk menerima konsumsi junkfood secara berkala. Namun saat ini banyak sekali iklan atau kampanye tentang pengurangan konsumsi junkfood, karena dianggap dapat memicu penyakit seperti obsesitas, kolesterol, bahkan kanker. Namun mengapa tidak sekalian dilarang seperti keberadaan rokok yang katanya juga menyebabkan kanker, dan lain-lain? Entahlah.

Mari kita makan tanpa menjadi oranglain, tetapi menjadi kita sendiri!




sumber gambar: bisnis.com dan lesdelicesdevanessa.files


Label:

Post a Comment

  1. Indonesia memang kaya makanan, terutama itu klepon inyong suka banget

    ReplyDelete
  2. sebenarnya bukan karena lebih prefer makanan seperti itu... tapi memang keberadaaan tiwul dan makanan sejenisnya lebih susah dicari dibandingkan mcdonald... coba di mall tidak pernah ada..

    ReplyDelete
  3. Niar suka nya pecel mas ketimbang burger :D ahahahahha......

    Pecel madiun pake tempe mendoan plus iwak peyek, enak banget lho....... #JadiDirisendiri

    ReplyDelete
  4. Kalo di suruh milih..
    Aku suka yang Kanan..!!

    ReplyDelete
  5. saya suka kelepon, hampir setiap hari beli di pedagang asongan yang datang ke rumah...

    ReplyDelete
  6. aye lebih suka kue terigu buatan emak dirumah, jujur sekarang kalo beli makanan diluar udeh campur macem2 kayak boraklah pewarna buatanlah, iiy.. jadi ngeri beli jajanan diluar sana =,=

    ReplyDelete
  7. Ahihihi...
    Aku suka junkfood tapi aku juga suka makan gudangan hihi...
    Ya asal gak sering2 junkfood rapopo lah hehe~

    ReplyDelete
  8. 22nya saya suka sih pakde, kalo utk junkfood boleh aja, tapi jangan jadi makanan pokok, kalo saya sih gitu :D

    ReplyDelete
  9. Sebanyak apapun buku resepnya, tahu-tempe selalu hadir he he he
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  10. wah, jujur and jujur bro! aq dari sejak ada didunia ini sampe sekarang paling hobby makan kue klepon (bahasa daerah gue : Kalalapun) hehehehe...!

    ReplyDelete
  11. Bunda suka dua-duanya. Yang kiri jangan terlalu sering, yang kanan terserah, mau tiap hari juga boleh, asal mau repot nyuci baju yang kena "ceprot" gula isi sang kelepon cangking napsu menggigitnya, hahahaha......kelepon is damn delicious lho!

    ReplyDelete
  12. pengeeenn klepooonnnn... :D #lap iler

    ReplyDelete
  13. Lebih sehat makanan lokal sih nurut saya :)

    ReplyDelete
  14. Aku pilih kelepon, lebih sehat :)

    ReplyDelete
  15. Menurutku makanan lokal selain lebih sehat, juga lebih enak.. Contohnya tahu gejrot sama lotek hehe ;D

    ReplyDelete
  16. sama mas.. saya juga suka makan klepon...
    lama sekali gak makan klepon...

    ReplyDelete
  17. Menurut saya sendiri, apa yang ada di pasar selalu mengikuti permintaan konsumen. Jadi karena permintaan (demand) lebih banyak ke junkfood, maka pasar pun lebih banyak menyediakannya.

    ReplyDelete
  18. suka makannya atau suka bikinnya? hehehe

    ReplyDelete
  19. wah menu sarapan yang sangat maknyuss!! :D

    ReplyDelete
  20. silahkan,, tapi jangan lupa bayar mbak :D

    ReplyDelete
  21. saat saya masih SD masih sering menjumpai makanan tradisional yang dijajahkan oleh pedagang asongan. Sekarang sudah jarang, kebanyakan pedagang asongan hanya jual gorengan saja,.

    ReplyDelete
  22. Dan makanan berwarna saat ini jadi kegemaran anak-anak kecil lho di daerah tempat tinggal saya ...

    ReplyDelete
  23. makanan gudangan yang bagaimana ya?

    awas ketagihan junkfood :D

    ReplyDelete
  24. Wah wah klepon tercantum di tulisan ini wah wah mantaf. Itu klepon salah satu menu kesukaan saya, dan paling saya gilai hehehe. Nda lengkap rasanya kalaw 1 minggu nda ketemu Klepon. Rasanya gimana getoh. IZin sedot ya. Salam dari Pontianak. Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  25. wadoohhh salah masuk blog iniiihh,, orang mau menghilangkan rasa laper puasa malah gambar gede burger sama klepon. *lemes

    ReplyDelete
  26. klepon buatan sendiri aja deh gan , enak dan higienis hehe
    nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete
  27. klepon buat selingan di bioskop menggantikan pop corn, pas banget.

    ReplyDelete
  28. hehehe yang kanan aku sering makan tapi yang kiri pernah pegang tp belum pernbah makan

    ReplyDelete
  29. http://curhatz.blogspot.com/ : makanan favorite saya ini

    ReplyDelete
  30. ngga di pungkiri junkfood emang makanan enak,
    tapi justru memicu berbagai penyakit.
    emang ya yang enak itu relatif ..

    ReplyDelete
  31. ikut menyimak ya, terima kasih salam sehat n sukses selalu..

    ReplyDelete
  32. iya ya...
    kalo junkfood udah diadaptasi tubuh, jadilah generasi junkfood tu..

    ReplyDelete
  33. Inilah negri yang kaya tapi sengsara........

    ReplyDelete
  34. lebih mendingan makanan lokal ciri khas daerah kita sendiri,,

    ReplyDelete
  35. Apapun bentuk makanan'nya, saya cinta produk makanan indonesia hheee...

    ReplyDelete
  36. aku lebih suka yang ijo ditaburin kelapa..

    ReplyDelete
  37. makanan khas indo hrus lbih di populerkan lgi.

    ReplyDelete
  38. eh klepon itu makanan favorit saya kalau lagi bulan puasa, karena di tempat saya itu identik dengan bulan puasa :)

    ReplyDelete
  39. gudangan tuh banyak sayuran kayak gado2 tapi ga basah. ga pake "kuah" tapi parutan kelapa yg dikasih bumbu.
    kayaknya perlu coba deh

    ReplyDelete
  40. justru yg sulit itu yg banyak dicari. istilahnya eksklusif
    :)

    ReplyDelete
  41. Lidah saya tradisional dan ndeso, jadi justru lebih cocok sama makanan tradisional. Saya lebih cocok sama rujak buah daripada salad buah, lebih suka pecel daripada salad (sayur), lebih suka martabak daripada pizza, lebih suka tahu gejrot dibandingkan french fries.
    Masih banyak kok yang suka makanan tradisional. Buktinya di tempat pujasera (pusat jajanan serba ada) banyak yang beli jajanan tradisional.

    ReplyDelete
  42. sungguh hebat kak, lanjutkan kak kreatifitas mu..!! semoga sukses dan salam kenal ya kak..!!

    ReplyDelete
  43. enak kan yang hijau deh menurut aku mah..!1

    ReplyDelete
  44. makanan khas indo yang sangat aku suka...

    ReplyDelete
  45. makanan yang mantap surantap bgt deh..

    ReplyDelete
  46. makanan khas indonesia yang aku suka, kalo burger gmna ya? suka juga deh,., hehehehe

    ReplyDelete
  47. info yang sangat bagus sekali gan...

    ReplyDelete
  48. Terimakasih atas infonya,sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain
    Sukses selalu ..............

    ReplyDelete
  49. Terimakasih atas infonya,sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain
    Sukses selalu ..............

    ReplyDelete
  50. makanan lokal indonesia tak kalah enak sama makanan luar.

    ReplyDelete
  51. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil banjir

    ReplyDelete
  52. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia

    sukses selalu

    ReplyDelete
  53. Kalau di banyumas ada condol tepleng. Combro..yg dbuat dri ubi kayuu

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.