Oleh: Niar Ningrum

Hai warga warung blogger :)
Sudah sarapan belum? Sarapan itu sebagai sumber energi lho dan dapat menjaga kesehatan tubuh. Sarapan tak sekedar makan nasi lho, bisa juga makan roti atau makan buah, yang lebih penting perut terisi supaya tidak kosong. Perut kosong tidak bagus buat tubuh, tubuh menjadi lemas, lesu dan pikiran tidak konsentrasi sama apa yang dikerjakan.

Sarapan bagus banget lho buat tubuh. Memberikan energi tersendiri setelah sarapan pagi. Seberapa sibuknya anda disempatin buat mengisi bahan bakar untuk tubuh buat modal beraktifitas untuk tubuh. Manfaatnya banyak banget kalau pagi hari dimulai dengan sarapan.

Manfaat nya sarapan yaitu :

1. Memberi Kekuatan.

Setelah puasa sepanjang malam dan mulai kehilangan gula dalam tubuh yang membuat lebih lesu, sarapan yang mengandung gula dapat menambahkan energi. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang dimakan.

2.Memberi Otak Anda Bahan Bakar Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan. Sarapan memperbaiki kemampuan dalam berpikir dan menjaga untuk tetap berada dalam penampilan mental terbaik. Konsentrasi yang baik dapat membuat aktifitas berjalan dengan lancar.

3.Membantu menurunkan Berat Badan.

Melewatkan sarapan membuat tubuh tetap dalam keadaan 'kelaparan' akan membuat anda mengkonsumsi cemilan yang memberi peningkatan metabolisme. Sarapan makanan sehat akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak didalam tubuh, dan sarapan juga meningkatkan tingkat energi sebagaimana metabolisme tubuh sepanjang hari.


4. Menambah Nutrisi dan Energi.

Sarapan dapat memberikan nutrisi dan energi untuk membuat tubuh semakin sehat dan kuat untuk melakukan aktifitas sepanjang hari. Makanan akan memberikan nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat yang diperoleh dari makanan yang dimakan. Energi setelah makan akan memberikan kekuatan tersendiri untuk tubuh supaya lebih sehat.

Jadi, manfaat yang terdapat di dalam tubuh banyak banget kan setelah sarapan. Selagi masih sehat, lakukanlah hal yang kecil agar menjadi kebiasaan baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Menjaga lebih baik daripada mengobati.


Sumber gambar : http://kulinerkita.multiply.com/photos/photo/541/3

22 comments:

applausr said... 5 June 2012 at 19:59

saya termasuk jarang sarapan nih... dianggap tidak terlalu penting..
tapi kayaknya butuh digalakan lagi nih sarapan ya...

Ririe Khayan said... 5 June 2012 at 20:07

hohohoho...Alhamdulillah sejak kecil saya sdh di biasakan untuk sarapan. Dulu merasa biasa sj setiap di suruh sarapan dan setelah tahu betapa manfaat sarapan luar biasa..termasuk utk konsentrasi/otak...jd saluut banget sama SImbok yg membiasakan semua anak-anaknya utk sarapan sebelum berangkat sekolah ataupun aktifitas lainnya.

Mas Huda said... 5 June 2012 at 21:00

Alhamdulillah.. sekarang saya sarapan setiap hari...

Srulz said... 5 June 2012 at 21:21

hoho... ^^ kalau sempet ya sarapan.. kalau enggak ya, makan siang aja.. :D

Si Belo said... 5 June 2012 at 22:14

Nay orang yang jarang sarapan pagi, biasenye nunggu laperr dulu baru grasak grusuk nyari makanan..*jangan dicontoh* hehhee

Dadan Darmawan said... 6 June 2012 at 00:30

alhamdulillah..saya suka sarapan bareng sama anak-anak ketika mau pergi sekolah...

Ari Blogspot said... 6 June 2012 at 00:55

gambarnya bikin laper aja... niar bisa nggak ya bikin yg ada digambar.. :D

Lidya - Mama Cal-Vin said... 6 June 2012 at 03:47

bisa keliyengan aku kalua gak sarapan

Tiesa said... 6 June 2012 at 15:23

benar sekali!!
saya tipe yang harus sarapan sebelum memulai aktivitas, kalau ngga, bisa ngga fokus seharian :D

Sang Cerpenis bercerita said... 6 June 2012 at 16:51

selalu sarapan kok. kecuali pas puasa

uci cigrey said... 6 June 2012 at 19:51

bener banget, justru di pagi hari itu penting hihi :D

Bung Penho said... 6 June 2012 at 21:09

gue malah gak suka makan pagi!

Akhmad Muhaimin Azzet said... 7 June 2012 at 22:06

saya termasuk orang yang kulina (terbiasa) sarapan; ini gara-gara dulu ketika ibtidaiyah, ibu melarang saya untuk berangkat sekolah jika tak mau sarapan terlebih dulu....

ternyata sarapan betapa penting ya Mbak Niar...

Niar Ci Luk Baa said... 7 June 2012 at 23:58

harus itu mas, ayuk sarapan :D

Vicky Laurentina said... 8 June 2012 at 16:05

Ya tapi sarapan pake roti satu lapis doang kayak di gambar itu ya nggak cukup lah buat bahan bakar..

ubaybingokil.com said... 23 July 2012 at 18:21

memang sangat perlu sarapan tersebut, namun hal ini sangat di lupakan oleh smua orang dengan berbagai alasan,, dan artikel ini sangat bermanfaat :)


Happy Blogging

Asep Haryono said... 28 July 2012 at 19:51

kata orang sarapan penting banged agar porsi makan siang nda berlebihan. Bener nda sih?

obat penyakit jantung koroner herbal said... 2 November 2012 at 18:19

alhamdulillah saya selalu sarapan :)

duta pulsa said... 2 November 2012 at 21:47

betul, dan masih lebih baik terlambat sarapan drpd tidak sama sekali, saking pentingnya :)

Ar Royyan Dwi Saputra said... 8 November 2012 at 07:23

Sarapan memang penting ya kak, saya sih rajin sarapan

atik said... 20 May 2013 at 08:05

asik, enak tuh kayaknya *netes*

sumisyaif said... 10 July 2014 at 17:07

Betul..betul..betul, tp suka ga sempet dech

 
Top