Kita tahu bidang geometri 3 dimensi ada bermacam-macam seperti kubus, piramid, silinder, bola dan lain-lain. Dan bidang-bidang tersebut mempunyai sisi misalnya kubus memiliki 6 sisi, piramid mempunyai 5 sisi dan silinder mempunyai 2 sisi sedangkan bola mempunyai sisi yang tidak terhingga.

Mungkinkah ada bidang yang hanya memiliki satu sisi saja? ternyata ada dan bidang ini disebut bidang mobius atau dalam bahasa inggrisnya mobius strip /mobius band. Nama ini diambil dari penciptanya yaitu Ferdinand Mobius.

Saya mengetahui bidang mobius ini sewaktu SD pernah membaca majalah sains yang bernama MOP dan sekarang majalah ini sudah tidak terbit. Disini saya sekedar berbagi pengetahuan jika ada kesalahan mohon koreksinya.

Untuk mengetahui seperti apa bidang mobius ini berikut telah saya buat sendiri dari kertas yang memiliki 2 sisi warna yang berbeda yang kemudian saya rekatkan dengan lem. Disini saya juga membuat bidang silinder untuk membedakannnya.

Bidang Mobius
gambar sebelah kiri mobius sedangkan gambar sebelah kanan silinder

Bidang Mobius
gambar mobius lainnya yang saya ambil dari sini

Saya juga telah membuat video untuk membuktikan bahwa bidang mobius memiliki satu sisi, sebagai pembanding saya juga menyertakan bidang silinder.

Kesimpulannya
  • Bidang mobius ini mempunyai satu sisi saja apabila kita menelusuri keseluruhan bagiannya maka kita akan bertemu pada titik awal.
  • Jika bagian tengahnya dipotong bidang ini tidak akan terlepas.
  • JIka digunting lagi bagian tengahnya akan menjadi bentuk rantai.

Penulis: Lidya Fitrian
Blog   :  fitrian.net
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

19 comments:

Gaphe said... 8 February 2012 at 06:39

ini peragaan dulu pernah diperlihatkan di acara TV.. tapi baru tau soal namanya : mobius yaa dari sini.. pengetahuan buat saya nih, mama lidya :)

Citro Mduro said... 8 February 2012 at 07:15

he.. he.. baru tahu ada bidang yang cuma satu bidang

bertambah satu pengetahuan lagi nich

Wahyu Eko Prasetyo said... 8 February 2012 at 07:59

Semoga lancar dengan karyaa-karyanya.

Naya Elbetawi said... 8 February 2012 at 15:45

Waahh...baru tau Nay, kayaknye waktu sekolah dulu gak ada pelajarannye :) makasiih mama Pascal dapet ilmu baru niih ^_^

choirul huda said... 8 February 2012 at 21:11

wow.... hadeeh kok aku baru tahu ya, padahal kan aku udah 26 tahun.. hhmmm

Indra Kusuma said... 8 February 2012 at 21:26

Aku tertarik dalam pembahasan ini, dan bukan hanya dalam konsep mata pelajaran saja. namun pesan yang disampaikan untuk memecahkan persoalandalam kehidupan pun sama dan seperti itu.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Lidya said... 8 February 2012 at 23:12

jarang eh gak pernah nonton tv :)

Pakde Cholik said... 8 February 2012 at 23:15

Ilmiah nich
Bagus untuk menambah wawasan kita
Terima kasih
Salam hangat dari Surabaya

Penghuni 60 said... 8 February 2012 at 23:51

wah kereeeeen, jujur aku baru denger..
menambah pengetahuanku ini

WaroengBlogger said... 8 February 2012 at 23:55

haha.. kalo kang @indra mah nyangkut-nyangkut kehidupan :D kalo kata cak citro 'meng-ejawantah-kan' hihi..

WaroengBlogger said... 9 February 2012 at 00:03

aku juga jarang nongol di tv.. hahaha

Abi Sabila said... 9 February 2012 at 01:14

Mm....perlu baca 2x untuk bisa memahami ini....
Matur nuwun mbak Lidya, ini pengetahuan baru untuk saya.

WaroengBlogger said... 9 February 2012 at 04:55

sama, saya saja yang dari kemarin nongrong di warung baru dapet ilmunya :D

WaroengBlogger said... 9 February 2012 at 04:56

mama pascal emang keren, hebat :D

WaroengBlogger said... 9 February 2012 at 04:57

iya, ringan tapi berat, nah lho :D
saya setuju sama pakdhe

WaroengBlogger said... 9 February 2012 at 04:59

ilmiah dan bagus ya :D

WaroengBlogger said... 9 February 2012 at 05:02

saya juga bacanya berulang-ulang, masih blm percaya :D setelah lihat videonya baru 'ngeh'

Una said... 18 February 2012 at 02:22

Eh sumpah keren banget!
Baru tau loh.
Tapi aku ngeliat bidangnya lama-lama kok pusing ya. Kok bisa gitu, hihihi...

 
Top