#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Kita tahu bidang geometri 3 dimensi ada bermacam-macam seperti kubus, piramid, silinder, bola dan lain-lain. Dan bidang-bidang tersebut mempunyai sisi misalnya kubus memiliki 6 sisi, piramid mempunyai 5 sisi dan silinder mempunyai 2 sisi sedangkan bola mempunyai sisi yang tidak terhingga.

Mungkinkah ada bidang yang hanya memiliki satu sisi saja? ternyata ada dan bidang ini disebut bidang mobius atau dalam bahasa inggrisnya mobius strip /mobius band. Nama ini diambil dari penciptanya yaitu Ferdinand Mobius.

Saya mengetahui bidang mobius ini sewaktu SD pernah membaca majalah sains yang bernama MOP dan sekarang majalah ini sudah tidak terbit. Disini saya sekedar berbagi pengetahuan jika ada kesalahan mohon koreksinya.

Untuk mengetahui seperti apa bidang mobius ini berikut telah saya buat sendiri dari kertas yang memiliki 2 sisi warna yang berbeda yang kemudian saya rekatkan dengan lem. Disini saya juga membuat bidang silinder untuk membedakannnya.

Bidang Mobius
gambar sebelah kiri mobius sedangkan gambar sebelah kanan silinder

Bidang Mobius
gambar mobius lainnya yang saya ambil dari sini

Saya juga telah membuat video untuk membuktikan bahwa bidang mobius memiliki satu sisi, sebagai pembanding saya juga menyertakan bidang silinder.

Kesimpulannya
  • Bidang mobius ini mempunyai satu sisi saja apabila kita menelusuri keseluruhan bagiannya maka kita akan bertemu pada titik awal.
  • Jika bagian tengahnya dipotong bidang ini tidak akan terlepas.
  • JIka digunting lagi bagian tengahnya akan menjadi bentuk rantai.

Penulis: Lidya Fitrian
Blog   :  fitrian.net
Label:
Newer Post
This is the last post.

Post a Comment

  1. ini peragaan dulu pernah diperlihatkan di acara TV.. tapi baru tau soal namanya : mobius yaa dari sini.. pengetahuan buat saya nih, mama lidya :)

    ReplyDelete
  2. he.. he.. baru tahu ada bidang yang cuma satu bidang

    bertambah satu pengetahuan lagi nich

    ReplyDelete
  3. Semoga lancar dengan karyaa-karyanya.

    ReplyDelete
  4. Waahh...baru tau Nay, kayaknye waktu sekolah dulu gak ada pelajarannye :) makasiih mama Pascal dapet ilmu baru niih ^_^

    ReplyDelete
  5. wow.... hadeeh kok aku baru tahu ya, padahal kan aku udah 26 tahun.. hhmmm

    ReplyDelete
  6. Aku tertarik dalam pembahasan ini, dan bukan hanya dalam konsep mata pelajaran saja. namun pesan yang disampaikan untuk memecahkan persoalandalam kehidupan pun sama dan seperti itu.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  7. jarang eh gak pernah nonton tv :)

    ReplyDelete
  8. Ilmiah nich
    Bagus untuk menambah wawasan kita
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  9. wah kereeeeen, jujur aku baru denger..
    menambah pengetahuanku ini

    ReplyDelete
  10. haha.. kalo kang @indra mah nyangkut-nyangkut kehidupan :D kalo kata cak citro 'meng-ejawantah-kan' hihi..

    ReplyDelete
  11. aku juga jarang nongol di tv.. hahaha

    ReplyDelete
  12. Mm....perlu baca 2x untuk bisa memahami ini....
    Matur nuwun mbak Lidya, ini pengetahuan baru untuk saya.

    ReplyDelete
  13. sama, saya saja yang dari kemarin nongrong di warung baru dapet ilmunya :D

    ReplyDelete
  14. mama pascal emang keren, hebat :D

    ReplyDelete
  15. iya, ringan tapi berat, nah lho :D
    saya setuju sama pakdhe

    ReplyDelete
  16. saya juga bacanya berulang-ulang, masih blm percaya :D setelah lihat videonya baru 'ngeh'

    ReplyDelete
  17. Eh sumpah keren banget!
    Baru tau loh.
    Tapi aku ngeliat bidangnya lama-lama kok pusing ya. Kok bisa gitu, hihihi...

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.