Salam,
sumber gambar disini
Tulisan ini adalah sebuah tips bagi para netter yang sering mengeluh mata perih akibat radiasi komputer sehingga tidak jarang membuat kepala menjadi sakit, penglihatan seolah ganda, pengelihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah pengelihatan lainnya. Semua itu karena mata kita mengalami kelelahan oleh adanya radiasi layar monitor komputer yang mengandung gelombang beta pada monitornya dan hal burknya adalah dapat mengakibatkan kerusakan pada retina dalam waktu lama.

Keadaan seperti itu sebaiknya jangan dirisaukan sob, jika kita sudah merasakan gejala - gejala seperti tersebut diatas, coba lakukan senam mata. Senam mata adalah cara mudah untuk melatih mata agar dapat melihat indahnya dunia. Ciee....


Melakukan senam mata merupakan salah satu gagasan yang fleksibel karena ini mudah dilakukan, tidak memakan waktu yang lama, tidak memerlukan tempat khusus, dan tidak memakan biaya. Pokoknya senam ini termasuk senam yang free dan sangat mudah dilakukan. Senam mata ini sebaiknya dilakukan secara rutin karena mempunyai banyak manfaat, menurut para ahli kesehatan manfaatnya antara lain mampu  mengurangi atau menghilangkan penyakit mata, mencegah timbulnya tumor di belakang mata dan di kelenjar hipofisis ( pituari ), menghilangkan lingkaran dan bengkak di bawah mata atau menghilangkan kantong mata, mengurangi keriput di sekitar mata, membuat otot mata dan sekitarnya menjadi elastis dan kuat, serta mempertajam penglihatan. 

Gimana? dengan manfaat yang sebanyak itu adakah narablog tertarik untuk melakukannya? Gerakannya tidak susah kok. Simak ya...


  • Gerakan ke atas dan ke bawah. Gerakan mata ke atas dan ke bawah 5-10 kali setiap hari.
  • Gerakkan ke kiri dan ke kanan. Bola mata bergerak ke kiri dan ke kanan 5-10 kali setiap harinya.
  • Gerakkan bola mata tahan di atas. Tahan bola mata di atas. Lalu gerakkan ke kiri atas dan  kanan atas sebanyak 5-10 kali setiap hari.
  • Gerakkan bola mata tahan di bawah . Tahan bola mata di bawah. Lalu gerakkan ke kiri bawah dan  kanan bawah sebanyak  5-10 kali setiap harinya.
  • Gerakkan bola mata ke atas dan bawah pada sudut yang berlawanan. Dimulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap hari.
  • Gerakkan bola mata seperti pada gerakan sebelumnya, tetapi dimulai dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas. 
  • Putar bola mata ke kiri searah jarum jam sebanyak 5-10 kali. 
  • Kemudian, putar bola mata ke kanan, berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Lakukan gerakan tadi sebanyak 5-10 kali.

(catatan: pada saat akan berganti di putaran ke kiri, hentikan dulu dan pejamkan mata selama 5-10 detik).

Mudah kan? Semoga dengan tips sederhana itu kita bisa mengurangi dan sekaligus mencegah kerusakan mata si usia dini. Jagalah mata kita sebijaksana mungkin karena itu adalah karunia Tuhan yang wajib kita pelihara sebagai wujud syukur kita pada Nya, zat yang maha pengasih.




Tentang Penulis Tamu:


Nama    : David
FB         : Dee Milano
Twitter : @Dmilanisti
Blog      : http://cangkirkupi.blogspot.com

14 comments:

mimi RaDiAl said... 26 February 2012 at 04:30

kalo mimi, jika mata udah perih itu pertanda mata sdh mengajak istirahat dari melototin leppie. musti sadar diri krn minus ga pingin nambah lagi hehehe

nice tips n info, biar ni mata ga cpt lelah y min .

icha diyah said... 26 February 2012 at 05:26

Ribet banget, enakan langsung merem...............

Bagus, tapai malaes nyoba, he..

dmilano said... 26 February 2012 at 06:09

Saleum,
Sangat berguna nih, aku memang banyak didepan lappi dan tips ini akan kucoba deh :)

Lidya - Mama Pascal said... 26 February 2012 at 06:49

pusing mengikuti gerakannya, menidng saya tidur deh hehehe

Citro Mduro said... 26 February 2012 at 07:25

Muter-muter mata biar olah raga, pejamkan mata tidak perlu lama, cukup 240 Menit

Evi said... 26 February 2012 at 14:19

Kebetulan, mata saya sedang lelah, jadi langsung praktek. Thank you :)

Annur EL- Kareem said... 26 February 2012 at 17:30

hii oke langsung praktek iye bener...

alhamdulillah tapi ttep klo lelah saya ujungnya ngantuk...
sampe benr2 gak kuat hehehe. dan harusnya makan /ngemil hihiii

Abi Sabila said... 27 February 2012 at 17:41

Alhamdulillah, terima kasih tips nya. Mata saya mudah sekali berair, sehingga kadang teman kerja mengira saya menangis, mungkin ini pengaruh dari pekerjaan dan hobi saya yang tidak bisa jauh dari komputer. Ada yang menyarankan agar saya periksa ke dokter, tapi saya mau coba tips yang ini dulu, mudah-mudahan berhasil. Amin.

Niar Sri Sadono Ningrum said... 27 February 2012 at 23:45

mata emang letih di depan lepii mulu... makasih info nya :D

Nchie said... 1 March 2012 at 17:00

mencoba tipsnya untuk senam mata

Stupid monkey said... 4 March 2012 at 21:50

wah, ikutan senam mata ah ... siip sob :D

Cah@ngon said... 10 March 2013 at 13:40

Ijin praktek sob ^_^

FARID WAJDI said... 24 March 2013 at 22:27

kalau sya mending dipejakan matanya sejenak.. :D

ika koentjoro said... 27 May 2013 at 16:28

Manfaat banget nih.berlama2 didepan monitor kadang bikin pusing, mata perih

 
Top