gambar dari sini


Terbiasa tidur malam dengan lampu menyala atau lampu gelap (remang-remang)? Sedari kecil aku selalu tidur dengan lampu menyala, hal ini terjadi karena kebiasaan dari orang tua kita masing-masing. Tapi sejak kenal internet aku tahu manfaat lampu dimatikan pada saat tidur malam. 


Sejak Pascal dan Alvin lahir aku sudah membiasakan tidur malam dengan lampu gelap atau setidaknya remang-remang. Walaupun ada ketidak setujuan dari orangtua katanya nanti nafasnya sesak dan lain sebagainya. Tapi aku memberikan pengertian bahwa tidur malam dalam keadaan gelap itu bagus untuk kesehatan.

Seperti yang pernah aku baca bahwa dimalam hari tubuh memproduksi melatonin yang hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur dimana hormon ini sensitif terhadap cahaya. Jika produksi melatonin ini meningkat kualitas tidur akan baik apalagi untuk bayi jadi tidak mudah rewel pada saat tidur dimalam hari. Selain itu untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Uji coba pada Alvin dimalam hari pada saat aku menyalakan lampu dia akan menutup matanya dengan tangan tapi tetap tertidur,mungkin dia merasa silau. Terkadang dia juga nangis minta dimatikan lampunya.


15 comments:

Fahrie Sadah said... 26 February 2012 at 21:18

Informasi bermanfaat nih ^^

choirul huda said... 27 February 2012 at 02:12

kalau saya susah sekali proses tidurnya jika dalam keadaan terang... jadi kalau tidur malah enak banget lampunya dimatiin apalagi sampe gelap gulita gitu..

rasa yang paling saya rasakan adalah mata rasanya adem

Mami Zidane said... 27 February 2012 at 02:44

kami sekeluarga juga terbiasa tidur tanpa lampu mbak...bagi kami itu lebih nyaman daripada harus menggunakan lampu.

Abi Sabila said... 27 February 2012 at 17:37

Saya juga lebih nyaman tidur dengan penerangan dari lampu diluar kamar ( suasana di kamar tidur remang-remang , Mbak.

Blog Keperawatan said... 27 February 2012 at 21:44

Saya terbiasa dengan mati lampu sahabat.
Anak saya juga sudah terbiasa.kalau sudah tidur, baru lampunya saya matikan.

Terima kasih sharenya sahabat.Ijin follow 76

Niar Sri Sadono Ningrum said... 27 February 2012 at 23:34

wah kalau bubug mesti gelap lebih nyaman :D gaya nya alvin boleh juga..luthu :D

Indra Kusuma said... 28 February 2012 at 03:59

Klau saya yang penting matanya sudah ngantuk baru bisa tidur.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Ananda Mutiara said... 29 February 2012 at 17:06

Mbak Lidya...ketemu lagi deh disini :) Wah jadi kontributor juga ya rupanya. Selamat Mbak. Maaf nih lama gak blogwalking.

Kalau saya biasa tidur dengan lampu menyala atau remang-remang yang penting ada cahaya yang masuk ke kamar tapi kalau gelap sama sekali, wah rasanya sesak nafas Mbak. Ma kasih postingannya bermanfaat sekali buat saya :)

Sang Cerpenis bercerita said... 29 February 2012 at 17:08

aku juga tidur mesti dimatikan lampunya. kalo gak tak bisa tidur

WaroengBlogger said... 29 February 2012 at 18:52

kalau webe seh selalu buka jadi tak pernah bubug :D

Ririe Khayan said... 29 February 2012 at 19:04

kalau tidur dengan lampu menyala..serasa masih siang, jd gak pulas deh tidurnya

Nchie said... 1 March 2012 at 17:01

Aku dan keluarga sukanya keadaan terang

Wury said... 2 March 2012 at 22:48

Aku sejak kecil terbiasa gelap-gelapan kalau tidur. Kalau terang benderang aku bakalan nglilir (bangun tengah malam) terus.

Salam kenal, ya :)

Stupid monkey said... 4 March 2012 at 21:53

kalo sama mah, mau gelap, mau terang, kl nganutk tetep aja tidur, wew :D

Rudi Apriadi said... 20 May 2012 at 05:09

Hmm, berarti kalo mau bubu semuanya hrus dlm keadaan gelap yah, . Tp kalo gelap rasanya sumpek, gmn tuh?

 
Top