OTAK-OTAK IKAN TENGGIRI

Otak-otak ikan tenggiri yang biasa kita kenal terbuat dari adonan yang hampir mirip, dan memilki rasa yang khas. Mungkin pedagang otak-otak ikan tenggiri yang menggunakan sepeda sudah jarang terlihat beredar di Ibu Kota Jakarta, namun pemandangan seperti ini masih kita dapat temui di daerah Mangga Dua Kota, tepatnya di tempat kaki lima depan bawah tangga halte WTC Mangga Dua Jakarta Utara.

Namun, disini saya tidak akan membahas atau pun membicarakan masalah resep pembuatan otak-otak ikan tenggiri, karena saya yakin para sahabat sudah memiliki resep-resep handal untuk membuat masakan otak-otak ikan tenggiri ini, bagi kaum suami pastilah mudah untuk memesannya dengan seorang istri tercinta dirumahnya, namun sayangnya bagi yang belum punya istri ya .... harus beli he...x9

Otak-otak ikan tenggiri sebenarnya memiliki sebuah pesan tersendiri bagi orang yag pertama kali membuat nama makanan ini dan siap dihidangkan untuk dimakan. Bahkan kita saja para pengemar makanan ini terkadang  tidak tahu apa pesan apa yang disampaikan oleh makanan tersebut kepada kita.Padahal saya sendiri tidak tahu siapa penemu ikan tengiri pertama kalinya di dunia ini.

Otak, kita sebagai manusia yang diberikan oleh Tuhan memiliki sebuah otak yang berkapasitas ribuan kali lebih tinggi dari pada memori komputer yang paling canggih di masa sekarang ini, namun terkadang kebayakan dari kita selalu terjebak suatu permasalahan yang selalu dialaminya, hingga mebuat dirinya tidak tahu apa yang akan dilakukannya.


Sedangkan ikan adalah sebuah makhluk yang selalu bertaruh untuk selalu hidup di lautan yang luas dalam suasana dan keadaan yang tidak menentu untuk bertahan hidup. Dari dua inti sari persoalan kata diatas, bila kita mau melihat dan mengambil pembelajaran dari sebuah soko guru kehidupan melaui media lain, maka banyak sekali Tuhan berbicara kepada kita. Betapa besar arti penyampaian bahasa Tuhan yang disampaikan kepada kita.

Pada saat saya membidikan kamera ke seseorang pedagang kaki lima itu, terbesit dalam hati saya bertanya. Dalam dunia informatika yang penuh dengan persaingan seperti ini, mereka masih berdiri tangguh dan penuh dengan semangat dalam teriknya matahari, hujan dan sebagainya dengan cara konvensional menjajakan barang dagangannya.

Saya yakin dan percaya, diantara rekan-rekan para netter hampir semua rata-rata dapat menggunakan IT untuk melakukan postingan, bukan seperti abang penjaja jajanan otak-otak ikan tenggiri itu, yang mungkin saja tidak menguasai tehnologi secanggih para netter. he....x9

Walau pun otak-otak ikan tenggiri itu nikmat rasanya, dia akan tidak akan ada manfaatnya, bila kita tidak mengetahui pesan apa yang disampaikannya dalam sebuah sajian yang sedang kita santap. Namun, di Warung Blogger kita akan banyak menikmati sajian otak-otak ikan tenggiri dari sajian para netter yang menjadi kontributor di Warung Blogger

Belajar dan terus berenang, dengan segala benturan ombak yang selalu bervariasi, namun dengan kekompakkan para koki dan kelihaian serta kepedulian diantara kita, maka warung blogger dapat menelorkan para penjual otak-otak ikan tenggiri yang tangguh dan memilki nama besar dalam dunia blogger bukan lagi secara konvensional, namun sudah secara on line, agar mereka mudah bersaing dalam bidang usaha yang lebih kreatif dan inovatif.

Sukses selalu sahabatku,
Salam


Penulis: Indra Kusuma Sejati
Blog    : http://ejawantahnews.blogspot.com/

80 comments:

choirul huda said... 10 February 2012 at 15:26

wah aku pernah lihat juga di Malioboro tapi malah g beli padahal udah penasaran banget kayak apa rasanya...

pesannya memang sangat bagus ya, ayo pantang menyerah

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 15:34

di Warung Blogger, adanya otak-otak tengiri virtual :D

tunsa said... 10 February 2012 at 15:35

eh, gak enak di saya nih.. yg masih bujang... lebih baik ke rumahnya pak indra, biar disuguhi otak-otak ikan tengiri, sungguh penasaran aku dibuatnya :D

Masbro said... 10 February 2012 at 15:37

Dari otak otak ikan tenggiri saja, ada banyak hal yang bisa kita ambil pelajaran..

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 15:43

jangan main ambil saja lho masbro, abis makan mbayar.. :D

ientanainie said... 10 February 2012 at 15:48

baru liat judulnya aj td sempet ngiler. bayangin dsuguhin gmbr2 otak2 yg uenyak... hmm... mlh dadi pengen bikin otak2 tengiri nih. ayo mas Tunsa.. ng nggonku po.... hehhehe..... btw,br ngeh dengan pesan moralnya. mantap.... tdnya cuma makan aja gak mikir apa2. hohoho.....

nicamperenique said... 10 February 2012 at 16:02

saya blom bisa menyuguhkan otak2 ikan ini pada suami lho mas Indra, jadi sama saja kayak para single itu, klo pas pengen otak2 ya beli juga hehehe

Tiesa said... 10 February 2012 at 16:19

liat judulnya, saya kira mau bagibagi resep otakotak :D
tapi di daerah sudirman juga masih ada yang jual kok mas setiap sorenya :)

Ari said... 10 February 2012 at 16:21

otak....otak... beli bang

dmilano said... 10 February 2012 at 16:24

Saleum,
Memang benar itu kang, sbg manusia kita gak bakalan tau makna yg disampaikan oleh ikan2 itu karena kita gak ngerti bahasa ikan. Tapi bagi orang yg cermat, dia pasti akan tau...

Naya Elbetawi said... 10 February 2012 at 16:28

otak2 makanan yang Nay suka bangett :)

dmilano said... 10 February 2012 at 16:29

Kebiasaan kita sbg manusia, hanya melihat, tanpa mau mengejawantahkan kedalam kehidupan. itulah kebiasaan ya kang. seharusnya bisa dimanfaatkan utk kebaikan tapi kita sendiri yang tidak mampu menyelaminya. **maklum hari jumat, khutbah dikitlah...**

mimi RaDiAl said... 10 February 2012 at 16:36

otak2 penganan khas dari jambi masbro, tp bikinnya susah...jd mending beli aja spt masbro ^^

semoga di waroeng blogger, pelayannya ramah dan tidak seksi y masbro hihihi

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 16:43

haha... aku belum pernah sama sekali :(

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 16:44

haha.. makan mah gak perlu mikir mbak... ayo deh, dimana rumahnya :D

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 16:45

saya... saya... *ngacung
saya single :D haha

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 16:47

kalo gitu aku pesen ya mbak tis.. :D

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 16:47

haha.. saya saja yang bisa bahasa air gak bisa nterjemahin bahasa ikan bang,,, LOL

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 16:48

nayy... kirimkan buat daku... :D

Una said... 10 February 2012 at 16:49

Waaa, gak mau yang virtualll, hehehe ^^

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 16:49

hah? kok ada seksi-seksinya... mbak mau jadi pelayan? :D

dmilano said... 10 February 2012 at 16:50

Belajar kang, belajar..... ajak ikan2 di samping eifel itu ngobrol setiap pagi sambil ngopi.... pasti suatu saat mengerti

puchsukahujan said... 10 February 2012 at 16:52

nyari ah, besok di sunmor, ada gak ya??
klo gak ada mo ikutan mas ari ke rumahnya pak indra, biar dapat gratisan ^^

*dasar mahasiswa, muka gretongan XD

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 17:07

unaaaa.. beliin aku otak-otak

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 17:08

wkwkwk... aku punya ikan mas saja.. mas david #eaa..

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 17:08

kalo ada kasih tau ya? tar saya borong ditaruh di warung :D

mimi RaDiAl said... 10 February 2012 at 17:11

hihihi...andai saja maksudnya. saya hanya peminat baca aja masbro, utk jd "pelayan" bukan bidang saya heheh

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 17:20

kalo gitu jadi pelanggan warung ya? :D

dmilano said... 10 February 2012 at 17:41

hahahaa..... ikan ku mujaer semua kang, bodoh2 pun. diajarin cara makan pake sendok, sampe sekarang gak bisa2...

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:47

kalau sudah nyoba pasti ketagihan Sob ! he....x9 Sukses selalu !

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:49

Mba Unaa kalau di Warung Blogger otak-otaknya rasanya beda, tinggal tergantung siapa yang mengolahnya.

mimi RaDiAl said... 10 February 2012 at 17:49

boleh dong gan jadi pelanggannya ???? *ngipas2$$$$ wkwk

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:50

He.....x9 enaknya jadi bujangan kalau ngumpul di warung blogger, karena banyak orang tua asuhnya, He....x9

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:51

Eunaknya pol kalau makanannya gratis.

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:53

Tapi paling enak pelajaran otak-otak ikan tengiri di warung blogger Mas Bro, karena banyak fariasi dan modelnya. Tregantung dari daerah mana berasalnya netter terebut. He....x9

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:55

Iya nih Mba nicamperenique, jeli aja fillingnya. He....x9 jadi malu............!

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:56

Ternyata di daerah Sudirman ada juga ya Mba, mungkin nyempil kali ya tempatnya ?

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:57

Pakai daun ga ? he....x9

Annur EL- Kareem said... 10 February 2012 at 17:58

hem..jadi mupeng...
wah beneran nih... dah lama gak makan


heheh setuju2 sama postingannya....

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 17:59

Ha....x9 ternyata ikannya kang dmilano pintar makan pakai sendok. mantaps !

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 18:00

Nay jangan lupa pesan sepuluh saja kirim ke warung, biar nanti yang lain bawa masing-masing.

dmilano said... 10 February 2012 at 18:00

wadduh kang Indra, seperti nya masih bodoh ikan2ku itu kang, sudah bertahun2 sampe sekarang belum bisa makan pake sendok.

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 18:01

Enak sekarang di warung ada yang melayani dalam hal penyuguhannya. jadi agak bebas.................!

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 18:02

Tunggu saja di warung blogger nanti juga banyak yang ngantar ko ! bagi yang bujang dan yang sendiri ( he....x9)

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 18:03

Kalau begitu di tunggu kiriman otak-otak ikan tenggirinya ya Mba.

Niar Ci Luk Baa said... 10 February 2012 at 19:24

semangat banget om ari ngacung nya..... bau kecut :p

Niar Ci Luk Baa said... 10 February 2012 at 19:26

wah..............otak..otak..otak..... ngiler neyh om indra di sidoarjo di mana yaa yang jual otak-otak tenggiri...
ada nya otak-otak bandeng :D

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 20:12

kalau begitu tukeran saja, he....x9

Mama Olive said... 10 February 2012 at 20:30

hmm..langsung ngiler..
mau otak-otak juga..

di tempatku banyak yang jualan..
harganya lumayan agak mahala juga tuh..
tapi kenikmatannya..

ada yang mau ngasih gratis ga ya..
*dasar emak-emak doyan yang haratisan*

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 20:52

Justru disini banyak netter yang bujang yang sedang membutuhkan buatan otak-otak ikan tenggiri dari orang tua asuh mak ! he....x9 Jangan lupa dirim ya !

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 20:56

percuma deh, gak ada testernya :(

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 20:57

otak webe, rasa stroberry :D

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 20:58

hush.. niar nih, perusuh.. wkwkwk

Ari tunsa said... 10 February 2012 at 20:59

saya tau sekolah khusus ikan bang dee... ada di daerah saya.. kampus ikan. wkwkk

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 21:08

sstt... ada yang bujang. :lol:

Indra Kusuma said... 10 February 2012 at 21:21

Yang bujang tenang-tenang saja, nanti juga kebagian otak-otaknya.

mimi RaDiAl said... 10 February 2012 at 22:28

lah yg nmnya warung bisa bebas dong gan, tp warung yg ini kudu hati2, ntar dibikin otak2 sama adminnya hihihi

Lidya - Mama Pascal said... 10 February 2012 at 22:42

pantesan saya kehabisan otak2nya,ternyata disini sudah ramai ya :)

HEЯRY said... 10 February 2012 at 22:59

Wah kumpulan blogger senior nih disini, Permisi, saya ijin follow blog ini ya..
Salam kenal :)

jay boana said... 10 February 2012 at 23:13

jadi ngiler om enak nh haha

hindriyanto said... 10 February 2012 at 23:27

wah belum pernah nyoba otak-otak tengiri ... pasti enak deh... :)

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 23:45

haha... besok saja bu, kalo mau beli otak-otak :D

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 23:45

bukan... ini gak ada senior-junior... kita sama :D

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 23:47

haha.. apanya yg enk? :D

WaroengBlogger said... 10 February 2012 at 23:48

sayang sekali di warung sudah habis :D

Penikmat Otak-Otak said... 11 February 2012 at 00:22

Saya sudah makan dua jenis otak-otak.

1. Otak-Otak Bangka.
2. Otak-Otak Gresik
Dua jenis otak-otak ini walaupun namanya sama ternyata rasanya dan bentuknya berbeda satu sama lain.

Pesan saya, jika anda sedang marah jangan sampai menyinggung otak orang yang anda marahi, misalnya dengan kalimat " Dasar nggak punya otak !!". Perasaan yang dimarahi sangat sakit oleh kalimat itu.

Saya pernah dmarahi oleh atasan seperti itu padahal saya tidak bersalah. Apa yang terjadi:~Si atasan itu pangkat terakhirnya lebih rendah daripada pangkat saya.

Orang Jawa bilang " Ngono yo ngono ning ojo ngono", maknanya " kendalikan diri, jangan keblabasan.
Mari kita kelola kemarahan kita agar tak mem-"blind pig" alias membabi buta.

Salam

Indra Kusuma said... 11 February 2012 at 00:35

Disini lagi banyak operasi otak Mba. He...x9

Indra Kusuma said... 11 February 2012 at 00:39

Disini tempatnya yang meu menuangkan karya kreatif Mas, sambil ngopi bareng, tanpa harus meninggung perasaan, dan tetap saling menghormati.

Indra Kusuma said... 11 February 2012 at 00:40

Awas hati-hati nanti netes. He...x9

Indra Kusuma said... 11 February 2012 at 00:43

Eunak tenan mak nyos....!

Indra Kusuma said... 11 February 2012 at 00:45

Besok di bawa lagi ya Sob otak-otaknya, dan kalau bisa dengan raxa yang berbeda. Sukses selalu.

kang riez said... 11 February 2012 at 01:25

yang saya tahu otak-otak itu enak

die said... 11 February 2012 at 04:52

Seperti aku belum pernah makan otak maupun otak-otak, tapi berharap otakku masih bisa berguna walaupun hanya untuk diri sendiri.
(ditengah hutan mana ada jual yang ginian mas...)

Abi Sabila said... 11 February 2012 at 05:50

Tadi siang sempat mampir sebentar, hanya meninggalkan jejak di Cbox, sambil melirik postingan terbaru. Saya pikir otak-otak ikan tenggiri ini postingan dari Bu Evi, dan yang Segala yang Dikolong Langit Pasti Akan Berubah itu postingan Pak Indra. Ternyata tidak tertukar, tapi sayalah yang salah menduga. Ternyata bukan membahas tentang makanan atau resep membuat otak-otak tenggiri, melainkan ada pesan lain yang lebih mendalam.

Salam Pak Indra.

Indra Kusuma said... 11 February 2012 at 06:26

ketagihan dong Sob ? he...x9

Indra Kusuma said... 11 February 2012 at 06:27

he...x9 cerdas Sob !

Indra Kusuma said... 11 February 2012 at 06:29

Salam kembali Mas Abi, dan sukses selalu.

penyakit kanker hati said... 11 February 2012 at 22:46

di daerah saya juga banyak yang jualan otak-otak sayang nya tidak pake tenggiri,,

Evi said... 12 February 2012 at 17:07

Saya suka makan otak-otak tapi tak bisa membuatnya. Tapi semoga nanti saya pandai jualan otak-otak, terutama di warung blogger :)

Niar Ci Luk Baa said... 16 February 2012 at 16:35

di ganti apah tenggiri nya om/mbak?

 
Top